Festival Film Asia Osaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Osaka Asian Film Festival
Osaka Asian Film Festival
DeskripsiPrestasi dalam Osaka Asian Film
LokasiOsaka
NegaraJepang
Diberikan perdana2005
Situs weboaff.jp

Osaka Asian Film Festival (OAFF, Ōsaka Ajian ēga zai (Jepang: 大阪アジアン映画祭)) adalah festival film tahun yang diadakan di Osaka City, Osaka Prefecture, Jepang, di mana diselenggarakan pada setiap bulan Maret. Festival ini dimulai sejak tahun 2005 dan banyak memperkenalkan Sinema Asia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2005, Festival Film Korean Entertainment diadakan untuk pertama kalinya di Osaka sebagai bentuk perayaan 40 tahun hubungan antara Jepang dan Korea Selatan. Pada tahun 2016, festival ini dirubah namanya menjadi Osaka Asian Film Festival sehingga tidak hanya menampilkan sinema Korea Selatan tapi juga karya sinema dari negara-negara Asia Timur seperti Hong Kong, Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok. Karya-karya sinema dari Malaysia dan Thailand sebagai karya sinema dari wilayah Asia Selatan mulai diperkenalkan sejak festival ketiga pada tahun 2007.

Pada penyelenggaraan festival keempat tahun 2009, seorang kritikus film, Sōzō Teruoka ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana.[1] "From Osaka, to the whole Japan, then to Asia!" menjadi tema untuk memperkenalkan karya sinema dari Jepang.[2] Dan sejak penyelenggaraan festival yang keempat, festival ini selalu diadakan pada bulan Maret (bersamaan dengan penyelenggaraan Osaka Cinema Festival) yang bertempat di gedung ABC Hall of Asahi Broadcasting Building di Hotarumachi, kecuali pada penyelenggaraan kedelapan tahun 2013 yang berbeda.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "インタビュー&レポート". PIA co JP (dalam bahasa Jepang). ぴあ関西版WEB. 2014-02-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-14. Diakses tanggal 09 Juli 2020. 
  2. ^ a b 大阪アジアン映画祭開幕 日本初の作品一挙上映.『産経新聞(大阪)』.2009年3月14日付朝刊、25面