Fernando VI dari Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fernando VI
Ferdinand VI of Spain.jpg
Raja Spanyol
Memerintah 9 Juli 1746 – 10 August 1759
Pendahulu Felipe V
Pengganti Carlos III
Lahir 23 September 1713
Alcazar Kerajaan Madrid, Madrid, Spanyol
Mangkat 10 Agustus 1759 (umur 45)
Villaviciosa de Odón, Madrid, Spanyol
Makam Biara Salesas Reales
Pasangan Barbara dari Portugal
Wangsa Wangsa Bourbon
Ayah Felipe V dari Spanyol
Ibu Maria Luisa dari Savoy
Tanda tangan Tanda tangan Fernando VI dari Spanyol
Agama Katolik Roma

Fernando VI (lahir 23 September 1713 – meninggal 10 Agustus 1759 pada umur 45 tahun) adalah Raja Spanyol dari 9 Juli 1746 sampai kematiannya. Dia adalah anak keempat dari raja sebelumnya Felipe V dan istrinya pertama Maria Luisa dari Savoy. Fernand0, anggota ketiga dari wangsa Bourbon Spanyol, lahir di Madrid pada 23 September 1713.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Fernando saat usia 10 tahun, oleh Jean Ranc

Lahir di Alcazar Kerajaan Madrid, masa mudanya adalah waktu kesedihan untuk Fernando. Istri kedua ayahnya, Elisabeth dari Parma, adalah seorang wanita yang mendominasi, yang tidak memiliki kasih sayang kecuali kepada anak-anaknya sendiri, dan memandang anak tirinya sebagai hambatan bagi nasib mereka.

Fernando memiliki temperamen melankolis, pemalu dan tidak percaya atas kemampuan sendiri.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Fernando menikah tahun 1729, menikah dengan Infanta Barbara dari Portugal, putri João V dari Portugal dan Maria Anna dari Austria.

Awal masa pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ketika ia naik takhta, Perang Penerus Austria hampir berakhir namun perang tersebut tidak memberi manfaat bagi Spanyol. Dia memulai pemerintahannya dengan menghilangkan pengaruh janda Ratu Elisabeth dari Parma dan kelompoknya dari istana Italia. Sebagai raja ia mengikuti kebijakan stabil netralitas dalam konflik antara Perancis dan Inggris, dan menolak untuk tergoda oleh tawaran baik dalam menyatakan perang di sisi lain.

Tokoh pada masa pemerintahannya adalah Marqués de la Ensenada dan José de Carvajal y Lancáster, pendukung aliansi dengan Inggris. Pertarungan antara keduanya berakhir pada 1754 dengan kematian Carvajal dan jatuhnya Ensenada, setelah Ricardo Wall menjadi penasihat yang paling ampuh untuk raja.

Kebijakan luar negeri[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Penerus Austria dan Perang Tujuh Tahun, Spanyol memperkuat militernya.

Konflik utama adalah konfrontasi dengan Portugal atas koloni Sacramento. Pada tahun 1750 José de Carvajal membantu Spanyol dan Portugal mencapai kesepakatan. Portugal sepakat untuk meninggalkan koloni, menuruni Río de la Plata. Sebagai imbalannya, Spanyol menyerahkan ke Portugal dua daerah di perbatasan Brasil, satu di Amazon dan lainnya di selatan.

Heraldik[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menéndez-Pidal De Navascués, Faustino; (1999)El escudo; Menéndez Pidal y Navascués, Faustino; O´Donnell, Hugo; Lolo, Begoña. Símbolos de España. Madrid: Centro de Estudios Políticos y Constitucionales. ISBN 84-259-1074-9
  2. ^ Rodríguez de Maribona, Manuel Las armas del Príncipe de Asturias - ABC. (Spanyol) Accessed 2009-05-28.
  3. ^ "Fernando VI, Rey de España (1713-1759)". Ex-Libris Database (dalam bahasa spanish). Royal Library of Spain. Diakses tanggal 18 March 2013. 
Fernando VI dari Spanyol
Cabang kadet Wangsa Kapetia
Lahir: 23 September 1713 Wafat: 10 Agustus 1759
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Felipe V
Raja Spanyol
1746–1759
Diteruskan oleh:
Carlos III
Spanyol
Didahului oleh:
Luis
Pangeran Asturias
1724–1746
Diteruskan oleh:
Carlos IV

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (11th ed.). Cambridge University Press.