Federal Information Processing Standard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Federal Information Processing Standards (FIPS) adalah standar yang dikembangkan oleh pemerintah federal Amerika Serikat untuk digunakan oleh semua lembaga pemerintah non-militer dan kontraktor pemerintah. Banyak standar FIPS adalah versi standar terubah yang digunakan di komunitas luas (ANSI, IEEE, ISO, dll.).

Publikasi standar[sunting | sunting sumber]

Sejumlah standar FIPS aslinya dikembangkan oleh pemerintah AS. Contohnya, standar untuk penyandian data (misalnya kode negara), dan juga standar enkripsi, seperti Data Encryption Standard (FIPS 46-3) dan Advanced Encryption Standard (FIPS 197) Tahun 1994, NOAA (Noaa) mulai menyiarkan sinyal berkode bernama kode FIPS (Federal Information Processing System) bersama dengan siaran cuaca standar mereka dari stasiun lokal. Kode-kode ini mengidentifikasi jenis keadaan darurat dan wilayah geografis tertentu (seperti county) yang terkena dampak keadaan darurat tersebut.

Kode FIPS[sunting | sunting sumber]

Contoh kode FIPS:

Semuanya mirip (tapi tidak sama) dengan ISO 3166, atau standar NUTS di Uni Eropa.

Catatan: GNIS Feature ID menggantikan Kode Tempat pusat data Federal Information Processing Standard (FIPS) 55-3, sekarang disebut sebagai Kode Sensus sebagai pengidentifikasi catatan fitur geografis standar federal. Standar FIPS 55-3 telah dihapus dan data FIPS 55 telah digabung dengan GNIS. Census Bureau akan terus menggunakan kode lima digit untuk keperluan internal hingga perpindahan ke GNIS Feature ID selesai setelah sensus 2010, pada waktu itu kode ini tak lagi digunakan. Sampai itu terjadi, kode sensus akan terus ada. Sistem hukum memutuskan perubahan ke Feature ID secepat mungkin. Lihat FIPS 55 Change Notice. (Catatan: Kode negara bagian dan county FIPS 6-4 adalah kode terpisah dan TIDAK terkena akibat perubahan ini.) [1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]