Fear Street Part One: 1994

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fear Street Part One: 1994
Berkas:Fear Street Part One - 1994 (2021 film).png
Poster rilis resmi
SutradaraLeigh Janiak
Produser
Skenario
  • Phil Graziadei
  • Leigh Janiak
Cerita
Berdasarkan
Fear Street
oleh R. L. Stine
Pemeran
Penata musik
SinematograferCaleb Heymann
PenyuntingRachel Goodlett Katz
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 28 Juni 2021 (2021-06-28) (Los Angeles)
  • 2 Juli 2021 (2021-07-02) (United States)
Durasi107 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Fear Street Part One: 1994 adalah sebuah film jagal supernatural Amerika tahun 2021 yang disutradarai oleh Leigh Janiak. Diadaptasi dari seri buku berjudul sama oleh R. L. Stine, Part One: 1994 adalah yang pertama dalam trilogi Fear Street dan dibintangi oleh Kiana Madeira, Olivia Scott Welch, Benjamin Flores Jr., Julia Rehwald, Fred Hechinger, Ashley Zukerman, Darrell Britt-Gibson, dan Maya Hawke. Film ini mengikuti sekelompok remaja di kota fiktif Shadyside yang diteror oleh kejahatan kuno yang menjadi penyebab serangkaian pembunuhan brutal yang telah melanda kota ini selama berabad-abad.

Diproduksi oleh Chernin Entertainment, sebuah film adaptasi dari Fear Street mulai dikembangkan di 20th Century Fox pada tahun 2015, dengan Janiak disewa untuk mengarahkan dan menulis ulang naskah Killen dengan Graziadei pada tahun 2017. Syuting untuk trilogi berlangsung berturut-turut dari Maret hingga September 2019 di Georgia dengan film ditetapkan untuk rilis teater pada Juni 2020. Namun, trilogi ditarik dari jadwal karena dari pandemi COVID-19. Setelah akuisisi 21st Century Fox oleh Disney, Chernin Entertainment mengakhiri kesepakatan distribusi mereka dengan 20th Century Studios dan memberikan hak distribusi kepada Netflix pada Agustus 2020.

Fear Street Part One: 1994 ditayangkan perdana di Los Angeles State Historic Park pada 28 Juni 2021, dan dirilis di Netflix pada 2 Juli 2021, dengan entri lainnya, Bagian Dua: 1978 dan Bagian Tiga: 1666, dirilis setiap minggu. Film ini secara umum menerima ulasan positif dari para kritikus, yang memuji penampilan para pemeran, elemen horor dan kesetiaan pada sumber materi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1994, Heather Watkins, seorang karyawan toko buku, ditikam oleh temannya Ryan Torres, yang sebelumnya tidak menunjukkan indikasi bahwa dia berencana membunuhnya. Setelah membunuhnya dan beberapa karyawan mal, Ryan ditembak di kepala oleh sheriff polisi, Nick Goode. Media melaporkan pembantaian ini sebagai hal biasa bagi Kota Shadyside, yang disebut sebagai "ibu kota pembunuhan A.S.", sementara kota tetangga Sunnyvale dianggap sebagai salah satu kota terkaya dan teraman di Amerika. Banyak remaja Shadyside yang percaya bahwa hal ini adalah akibat dari kutukan penyihir Sarah Fier yang dieksekusi mati pada tahun 1666.

Deena Johnson, remaja yang tidak percaya pada legenda Sarah Fier, baru saja putus dengan pacarnya Samantha yang kini pindah ke Sunnyvale. Adiknya, Josh, menghabiskan waktu di internet untuk meneliti sejarah Shadyside dan cerita Sarah Fier, sementara teman-teman Deena, Simon dan Kate, menjual obat-obatan dengan harapan untuk meninggalkan Shadyside. Remaja dari Shadyside pergi ke Sunnyvale untuk menghadiri acara yang mengenang korban pembantaian di mal, dimana perkelahian antara remaja Shadyside dan Sunnyvale terjadi. Saat perjalanan kembali, remaja Shadyside dikejar-kejar oleh pacar baru Sam, Peter, dan teman-temanya. Deena ingin melempar pendingin ke mobil mereka, tetapi kehilangan pegangannya saat hidungnya mimisan dan menyebabkan mobil Peter kecelakaan dan menabrak batu. Sebelum dibawa ke rumah sakit, Sam melihat penglihatan Sarah Fier.

Malam berikutnya, Deena dan teman-temannya mulai dikuntit oleh seseorang yang awalnya mereka yakini sebagai Peter dan teman-temannya. Namun, ketika Deena, Josh, Kate, dan Simon mengunjungi Sam di rumah sakit, Peter ditikam dari belakang oleh pria bertopeng tengkorak yang kemudian membunuh beberapa orang lain di rumah sakit. Deena berhasil membuka topengnya, dan terkejut melihat wajah Ryan di baliknya. Deena dan Sam gagal meyakinkan Sheriff Nick Goode bahwa Ryan bangkit dari kematian dan telah melakukan pembantaian di rumah sakit. Ketika terpisah dari teman-temannya, Simon diserang oleh seorang remaja perempuan yang menyanyikan sebuah lagu, tetapi berhasil diselamatkan.

Josh menyadari bahwa penyerang Simon adalah Ruby Lane, salah satu pembunuh Shadyside dari masa lalu. Mereka akhirnya menyadari bahwa kecelakaan yang dialami Sam terjadi di atas makam Sarah Fier, dan mereka berasumsi bahwa penyihir tersebut mengirim pasukannya untuk membunuh Sam yang dianggap sudah merusak makamnya. Mereka mencoba untuk membenahi makamnya, tetapi Pembunuh Camp Nightwing muncul dan mengejar mereka. Kelompok itu memasang jebakan di sekolah dengan harapan untuk menghancurkan para pembunuh dengan membakar mereka. Namun, para pembunuh berhasil menghidupkan diri kembali.

Mengetahui bahwa para pembunuh hanya mengejarnya, Sam setuju untuk mengorbankan dirinya. Sam akhirnya diselamatkan setelah mereka menemukan bahwa seseorang bernama C. Berman berhasil selamat dari pembantaian Camp Nightwing tahun 1978. Gagal untuk menghubunginya, Josh menemukan bahwa C. Berman mati terlebih dahulu, sebelum berhasil diselamatkan. Mereka setuju untuk membunuh Sam dan mencoba menghidupkannya kembali. Deena dan Josh menenggelamkan Sam, sementara Kate dan Simon mencoba menghalangi para pembunuh, tetapi mereka berdua terbunuh. Para pembunuh menghilang setelah Sam mati. Deena berhasil menghidupkan dengan kombinasi EpiPen dan CPR.

Polisi memutuskan untuk menyalahkan Simon dan Kate atas pembantaian yang terjadi, karena mereka dikenal menjual narkoba. Sam dan Deena berdamai dan kembali menjadi pasangan. Malam itu, Deena menerima telepon dari C. Berman yang mengatakan bahwa tidak ada jalan keluar dari sang penyihir. Sam yang kerasukan kemudian menusuk Deena, tetapi berhasil dilumpuhkan dan diikat. Deena dan Josh membawa Sam ke rumah C. Berman, meminta bantuannya untuk menyelamatkan Sam. Meskipun awalnya ragu, C. Berman akhirnya setuju dan menceritakan pengalamannya pada 1978, saat dia menghadiri Camp Nightwing.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Kiana Madeira sebagai Deena
  • Olivia Scott Welch sebagai Samantha Fraser
  • Benjamin Flores Jr. sebagai Josh
  • Julia Rehwald sebagai Kate
  • Fred Hechinger sebagai Simon
  • Ashley Zukerman sebagai Nick Goode
  • Darrell Britt-Gibson sebagai Martin
  • Maya Hawke sebagai Heather
  • Jordana Spiro sebagai Nyonya Lane
  • Jordyn DiNatale sebagai Ruby Lane
  • Charlene Amoia sebagai Rachel Thompson / pelanggan Sunnyvale
  • David W. Thompson sebagai Ryan Torres
  • Jeremy Ford sebagai Peter
  • Elizabeth Scopel sebagai Sarah Fier
  • Gillian Jacobs sebagai C. Berman[1]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Trilogi Fear Street dilanjutkan dengan Part Two: 1978 and Part Three: 1666, yang dirilis pada 9 Juli 2021 dan 16 Juli 2021.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Atkinso, John (July 2, 2021). "Fear Street Part 1: 1994 Cast & Character Guide". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 3, 2021. Diakses tanggal July 6, 2021. 
  2. ^ Santer, Kristen (May 19, 2021). "First 'Fear Street' Trailer Reveals Netflix's Ambitious Horror Trilogy, Which Will Be Released This Summer". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 19, 2021. Diakses tanggal May 19, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]