Fasli Jalal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fasli Djalal)
Fasli Jalal
Rektor Universitas YARSI
Mulai menjabat
31 Januari 2019
Sebelum
Pendahulu
Susi Endrini
Pengganti
Petahana
Sebelum
Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 8
Masa jabatan
13 Juni 2013 – 30 September 2014
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
Sebelum
Pengganti
diri sendiri sebagai Pelaksana Tugas Kepala BKKBN
Wakil Menteri Pendidikan Nasional 4
Masa jabatan
6 Januari 2010 – 19 Oktober 2011
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
Sebelum
Pendahulu
Prijono
Pengganti
Musliar Kasim
(sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan)
Wiendu Nuryanti
(sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan)
Informasi pribadi
Lahir1 September 1953 (umur 70)
Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia
Suami/istriDr. Gusnawirta Taib, S.Pd., M.Pd.
AnakFitra Ifana, S.Psi., M.Psi,
Anisa Ifana,
Wahyu Figura, S.MB., M.Sc.
Tempat tinggalTaman Berdikari Sentosa, Rawamangun, Jakarta Timur
Alma materUniversitas Andalas
Universitas Cornell
PekerjaanIlmuwan, penulis, birokrat
Situs webSitus web resmi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini
Fasli Jalal di ruang kerjanya di Rektorat Universitas Yarsi
Fasli Jalal memberikan kata sambutan dalam kapasitasnya sebagai Rektor Universitas Yarsi di Kampus Universitas Yarsi Jakarta

Prof. dr. Fasli Jalal, Sp.GK., Ph.D. (lahir 1 September 1953) adalah seorang akademisi Indonesia, tokoh/praktisi pendidikan Indonesia, ahli gizi, pertumbuhan dan perkembangan anak dan birokrat Indonesia. Pada saat ini, Fasli Jalal menjabat sebagai Rektor Universitas Yarsi Jakarta setelah dilantik oleh Yayasan YARSI pada tahun 2019. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN) untuk periode 2013 - 2015, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia untuk periode 2010-2011, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada periode 2007-2010[1][2][3][4][5][6][7][8].

Sebagai Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal mendampingi Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dalam Kabinet Indonesia Bersatu II bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono[9].

Fasli Jalal adalah seorang akademisi Indonesia dengan bidang keahlian/kepakaran di bidang gizi, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Sub-bidang kepakaran atau kekhususannya adalah fenonema stunting, khususnya fenomena stunting di Indonesia dan usaha-usaha penurunan stunting di Indonesia, serta Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Fasli Jalal lahir di kota kecil Padang Panjang pada tanggal 1 September 1953 dari ayah, Engku Djalal Ibrahim dan ibu Rinjani Syarif. Kedua orang tua Fasli Jalal berasal dari Nagari Tanjuang Bonai, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dan berprofesi sebagai pendidik. Selain itu, ayahnya juga merupakan aktivitis/penggerak Muhammadiyah di Sumatera Barat.

Kota Padang Panjang memberikan kesan mendalam ke pada Fasli Jalal, karena Fasli lahir dan menghabiskan masa kecilnya di sebuah kota yang menjadi pusat pendidikan (terutama pendidikan agama) di Minangkabau dan Sumatera Barat. Pada saat yang sama, kedua orang tua Fasli membaktikan diri sebagai pengajar di Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang sebuah pesantren Islam modern khusus kaum perempuan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Engku Djalal Ibrahim pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah MAS KMI Diniyyah Puteri. Kelak, ketika menyelesaikan pendidikan profesi dokternya di Universitas Andalas, dr. Fasli Jalal kembali ke Diniyyah Puteri untuk beberapa waktu lamanya untuk memimpin klinik kesehatan Diniyyah Puteri yang baru saja didirikan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fasli Jalal memulai pendidikan tingginya di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, setelah menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah atas di SMA Negeri Padang Panjang. Pada tahun 1981, Fasli menyelesaikan pendidikan profesi kedokterannya di Universitas Andalas. Kemudian, pada tahun 1991 beliau mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang Ilmu Gizi Masyarakat (dengan Minor di bidang Epidemiologi dan Program Studi Asia Tenggara) dari Universtas Cornell, Ithaca, New York.

Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Fasli Jalal memberikan kuliah umum

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Amerika Serikat, Fasli Jalal memulai karirnya di sektor perancangan pembangunan dengan bekerja di Kementerian Perancangan Pembangunan Nasional/Badan Perancangan Pembangunan Nasional di Jakarta.

Jabatan pertama di Bappenas adalah sebagai Kepala Bagian Gizi, Biro Kesehatan dan Gizi yang diemban dari bulan Januari hingga bulan Oktober 1991. Kemudian, pada bulan Oktober 1991 hingga bulan Maret 1993 beliau bekerja sebagai Kepala Biro Kesehatan dan Gizi, Bappenas. Pada bulan Maret 1993 hingga bulan Juli 1996 bekerja sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Sosial, Kesehatan, dan Gizi, Bappenas. Pada bulan Juli 1996 hingga bulan Februari 2000 bekerja Kepala Biro Agama, Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga, Bappenas. Terakhir, dari bulan Februari hingga bulan Juni 2000 beliau menjabat sebagai Kepala Biro Kesehatan dan Gizi, Bappenas.

Fasli Jalal kemudian berkarya di Departemen Pendidikan Republik Indonesia dengan ditunjuk sebagai Staf Ahli Menteri Pendidikan Nasional Bidang Sumber Daya Pendidikan di Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jabatan ini diemban dari tanggal 6 Juni 2000 hingga tanggal 28 Maret 2001. Sehari setelahnya, pada tanggal 29 Maret 2001, Fasli Jalal mulai menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jabatan ini beliau laksanakan hingga pada tanggal 18 Mei 2005 karena pada tanggal 19 Mei 2005 beliau memulai pos jabatan baru sebagai Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, di departemen yang sama.

Kemudian pada 23 Oktober 2007, oleh Menteri Pendidikan Nasional saat itu, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, beliau mengangkat Fasli Jalal sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional RI. Beliau mengemban jabatan ini hingga pada tanggal 5 Januari 2010, karena pada tanggal 6 Januari 2010, Presiden RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, menunjuk dan mengangkat Fasli Jalal sebagai Wakil Menteri Pendidikan Nasional di Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jabatan wakil menteri ini beliau laksanakan hingga tanggal 19 Oktober 2011.

Pada tanggal 13 Juni 2013 hingga 30 September 2014, Fasli Jalal berkarir sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)[4][5]. Sebagai kepala lembaga pemerintah nonkementerian yang bertugas dalam pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana, Fasli Jalal bertanggung jawab langsung ke pada Presiden Republik Indonesia dan berada dalam koordinasi Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Fasli Jalal kemudian meneruskan jabatan ini dalam kapasitasnya sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dari tanggal 1 Oktober 2014 hingga 6 Januari 2015 dengan terpilihnya dan diangkatnya dr. Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) definitif.

Pada 31 Januari 2019, Fasli dilantik menjadi Rektor Universitas Yarsi, Jakarta[2][3].

Kegiatan profesional[sunting | sunting sumber]

  • Anggota Tim Pengarah dalam Penyusunan Strategi Nasional Pengendalian AIDS dari tahun 1993 hingga tahun 1995;
  • Anggota Dewan Penasehat Program Tuberkulosa Paru WHO, Jenewa, Swiss dari tahun 1994 hingga tahun 1995;
  • Anggota Gugus Tugas Persatuan Ahli Gizi Internasional (International Union of Nutritional Sciences/IUNS) di tahun 1994;
  • Penasehat RAND Corporation, Amerika Serikat untuk Indonesia Family Life Survey (IFLS) di tahun 1995;
  • Sekretaris Jenderal Pengurus Pysat Badan Kerja Peningkatan Penggunaan Air Susu Ibu (BK-PPASI), dua periode;
  • Penasehat Ahli Pengurus Besat Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dua periode;
  • Anggota Pengurus Pusat lkatan Ahli Kesehatan Masyarakat lndonesia (IAKMl);
  • Anggota Majelis Pendidikan Tinggi Nasional;
  • Anggota Dewan Riset Nasional;
  • Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGMI), dua periode dari tahun 1997 hingga tahun 2003;
  • Ketua Dewan Penasehat Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) periode 2010-2014[10];
  • Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERSAGI) dari tahun 2000 hingga tahun 2004;
  • Anggota Dewan Penyantun Institut Seni Indonesia Padang Panjang dari tahun 2000 hingga tahun 2004;
  • Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Hubungan Luar Negeri dari tahun 2005 hingga tahun 2009;
  • Anggota Board of Directors, World Association on Cooperative Education (WACE), Amerika Serikat dari tahun 2007 hingga sekarang;
  • Ketua II/Koordinator Pembinaan Sumber Daya Manusia, Dewan Pengurus Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (DPN Korpri) periode 2009-2014;
  • Board of Patron, Institute of Peace and Democracy Bali (Penyelenggara Bali Democracy Forum) dari tahun 2010 hingga sekarang;
  • Counselor/Advisor Canada World Youth Alumni Association of Indonesia dari tahun 2010 hingga sekarang;
  • Wakil Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) dari tahun 2010 hinga tahun 2015;
  • Ketua Dewan Pembina Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) periode 2011-2015;
  • Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA Unand) periode 2012-2016[11][12];
  • Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Ruang Pendidik INS Kayutanam periode 2013-2023[13][14];
  • Anggota Komisi Kedokteran Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dari tahun 2013 hingga sekarang;
  • Ketua Dewan Juru Indonesia MDGs Awards 2012[15][16][17];
  • Chairman of International Council on Management of Population (ICOMP), Kuala Lumpur, Malaysia dari tahun 2013 hingga sekarang;
  • Board Member, Partners in Population and Development (PPD), New Delhi, lndia dari tahun 2013 hingga tahun 2015;
  • Team Member of Health Sector Review to develop Background Study for the Third Mid-term National Development Plan: on Fertility, Family Planninq and Reproductive Health, including Universal Health Care for Family Planning dari bulan Januari hingga bulan Juni 2014;
  • Anggota AMINEF Board of Trustees dari tahun 2009 hingga sekarang[18];
  • Sekretaris Tim Independen/Anggota Dewan Juri Indonesia MDGs Awards 2013;
  • Anggota Dewan Penasehat Strategic Review on Food and Nutrition Security UKP4 di tahun 2014;
  • Anggota Dewan Pembina Asosiasi/Perkumpulan Senior Living Indonesia (Association of Senior Living Indonesia/ASLI) dari tahun 2014 hingga sekarang;
  • Anggota Pembina Institut Gizi Indonesia (IGI) dari tahun 2014 hingga sekarang[19];
  • Anggota Dewan Pusat/Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia dari tahun 2014 hingga tahun 2017[20];
  • Ketua Tim Independen Dewan Juri Indonesia MGDs Awards di tahun 2015;
  • Senior Fellow pada The Australian-Indonesia Centre pada tahun 2015[21];
  • Anggota Dewan Konsultan Ahli Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah[22]; dan
  • Anggota Dewan Penasehat Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives atau CISDI[23].

Pengalaman akademis[sunting | sunting sumber]

Pengalaman kepakaran[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang ahli atau pakar gizi, pertumbuhan, dan perkembangan anak, Fasli Jalal seringkali menjadi narasumber dan pembicara kunci dalam seminar/konferensi yang berkaitan dengan gizi dan anak.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Fasli Jalal menikah dengan Dr. Gusnawirta Taib, S.Pd., M.Pd., dan memiliki tiga orang anak, yaitu: Fitra Ifana, S.Psi, M.Psi.; Anisa Ifana, dan Wahyu Figura, S.MB., M.Sc.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Struktur Organisasi Universitas YARSI". Universitas YARSI (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-21. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  2. ^ a b M. (2020-01-22). "Rektor Universitas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. Hadiri Pengukuhan Tiga Guru Besar IPB". Universitas YARSI (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-08. Diakses tanggal 2020-05-14. 
  3. ^ a b "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-30. Diakses tanggal 2022-06-27. 
  4. ^ a b BeritaSatu.com (2013-06-13). "Fasli Jalal Dilantik Sebagai Kepala BKKBN". beritasatu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-21. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  5. ^ a b Fasli Jalal Dilantik Jadi Kepala BKKBN[pranala nonaktif permanen] Suara Pembaruan, 14 Juni 2013. Diakses 19 Agustus 2013.
  6. ^ VIVA, PT VIVA MEDIA BARU- (2010-01-06). "Fasli Jalal, Si Dokter Cerdas". www.viva.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-21. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  7. ^ "Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia". www.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-23. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  8. ^ "Sejarah". ISI Padangpanjang. 2014-08-27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-15. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  9. ^ "Susunan Kabinet Indonesia Bersatu II Hasil Reshuffle". detiknews. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  10. ^ "Susunan Pengurus – PP PDGKI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-28. Diakses tanggal 2022-12-28. 
  11. ^ Pos, Riau (2012-09-20). "Ika Unand Akan Gelar Halal bi Halal". RiauPos.co. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  12. ^ "Pelantikan Pengurus DPP IKA UNAND 2012-2016". Suprizal Tanjung's Surau (dalam bahasa Inggris). 2012-09-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  13. ^ "Gubernur Sumbar : Seminar Nasional Tularkan Semangat Perjuangan". sumbarprov.go.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  14. ^ redaksi. "INS Kayutanam; Dilema Idealisme dan Pragmatisme". Rumah Pengetahuan - house of knowledge. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  15. ^ BeritaSatu.com (2013-01-10). "Pemerintah Adakan Indonesia MDG Award". beritasatu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  16. ^ Media, Kompas Cyber. "Penilaian MDG Award 2012 Mulai Bergulir". KOMPAS.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-20. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  17. ^ Agency, ANTARA News. ""Indonesia MDG Awards" Kembali Digelar". ANTARA News Kalimantan Barat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  18. ^ "Board of Management". AMINEF - American Indonesian Exchange Foundation (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-02. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  19. ^ "Organization – The Indonesian Institute of Nutrition" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  20. ^ "Undangan Membuka Muktamar IAEI - Wakil Presiden Republik Indonesia". www.wapresri.go.id. 2015-03-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-20. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  21. ^ "Professor Fasli Jalal". Australia-Indonesia Centre (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  22. ^ "Susunan Pengurus -". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-03. Diakses tanggal 2022-12-28. 
  23. ^ "Prof. Dr. H. Fasli Jalal Ph.D". CISDI. 2020-10-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-28. Diakses tanggal 2022-12-28. 
  24. ^ FK Unand, FK Unand. "Bagian Ilmu Gizi FK Unand". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-05. Diakses tanggal 24 Desember 2022. 
  25. ^ Home; Terkini; News, Top; Terpopuler; Nusantara; Nasional; Pariwisata, Budaya &; Polhukam; Bisnis, Ekonomi. "KEKURANGAN GIZI KURANGI IQ HINGGA 15 POIN". Antara News Mataram. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-27. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  26. ^ "PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI – PASCASARJANA". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-24. 
  27. ^ developer, mediaindonesia com. "Fasli Jalal Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Tiongkok". mediaindonesia.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-26. Diakses tanggal 2023-02-27. 
  28. ^ "JPNN". www.jpnn.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-31. Diakses tanggal 2023-02-27. 
  29. ^ NAPITUPULU, ESTER LINCE (2023-02-24). "Perguruan Tinggi Indonesia Terus Menguatkan Kolaborasi Internasional". kompas.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-27. Diakses tanggal 2023-02-27. 
  30. ^ Penganugerahan Gelar Profesor Kehormatan Prof.dr. Fasli Jalal, Ph.D dari Fujian Normal University, diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-27, diakses tanggal 2023-02-27 
  31. ^ M. (2023-03-09). "Prof.Fasli Dapat Anugerah Profesor Kehormatan FNU, Tokoh Pendidikan Luar Biasa". Universitas YARSI (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-26. Diakses tanggal 2023-03-12. 
  32. ^ satuharapan.com, PT Satu Harapan Media |. "Sofian Effendi, Ketua Umum Asosiasi Profesor Indonesia yang Baru - Satu Harapan". satuharapan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  33. ^ Media, Kompas Cyber. "Foto : Buku Digital, Inovasi Pembelajaran Perkuat Literasi Kalimantan Utara Halaman 2". KOMPAS.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-20. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  34. ^ INOVASI, INOVASI (2019). Berita INOVASI edisi VII April-Juni 2019 (PDF). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2022-01-26. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  35. ^ "Members of Child Research Network Asia (CRNA)". Child Research Net (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-24. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  36. ^ "Tentang Kami - Yayasan Plan International Indonesia". 2019-11-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  37. ^ "Plan International Indonesia Gelar 'Summit on Girls Getting Equals: Let's Invests in Girls', Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.: Investasi terhadap Perempuan Sangat Diperlukan". Universitas YARSI (dalam bahasa Inggris). 2019-12-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-26. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  38. ^ "An Early Start on Indonesia's Human Capital Development". Tanoto Foundation (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-24. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  39. ^ Rahmadi <novay@enterwind.com>, Noviyanto. "Tanoto Foundation Akan Tingkatkan Kualitas PAUD Kukar". Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-24. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  40. ^ Media, Kompas Cyber (2019-07-24). "Penanganan Stunting, Solusi untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional Halaman all". KOMPAS.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  41. ^ BAPPENAS, BAPPENAS (2021). Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RAN-PG) 2021-2024 (PDF). Jakarta: BAPPENAS. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2023-03-22. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  42. ^ Padek, Admin (2023-03-06). "16 Tokoh Sumbar Raih Penghargaan Padang TV, Nevi Apresiasi dan Siap Kolaborasi". Padek.co. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-30. Diakses tanggal 2023-03-12. 
  43. ^ "Hj Nevi Hadiri HUT 16 Padang TV, Takjub Lihat Banyak Kepala Daerah Hadir | VALORA NEWS". www.valoranews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-12. Diakses tanggal 2023-03-12. 
  44. ^ LIVE : Padang TV Award Dalam Rangka HUT Padang TV 16 Tahun 2023 "Best Leaders Of The Year", diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-12, diakses tanggal 2023-03-12 
  45. ^ "68 Tokoh Bangsa Terima Tanda Kehormatan". Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. 2014-10-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-29. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  46. ^ Liputan6.com (2014-10-13). "SBY Anugerahkan Bintang Mahaputera kepada Puluhan Tokoh". liputan6.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-21. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  47. ^ satuharapan.com, PT Satu Harapan Media |. "Penghargaan Ambassador for Peace untuk Fasli Jalal - Satu Harapan". satuharapan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  48. ^ Home; Terkini; News, Top; Terpopuler; Nusantara; Nasional; Update, Sulut; Wisata; Bisnis, Ekonomi. "Gubernur Sarundajang Mendapat Penghargaan Ambassadors For Peace". Antara News Manado. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  49. ^ "28 Juta Penduduk RI Usia Produktif Masih Nganggur, Apa Solusinya?". detikfinance. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  50. ^ "Pertumbuhan Penduduk Berpotensi Timbulkan Konflik Bangsa - National Geographic". nationalgeographic.grid.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  51. ^ Fasli, Jalal (25 Agustus 2014). "Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XIV: Bonus Demografi, Tantangan Pendidikan dan Penelitian yang Konkret dalam Pembangunan Negara dan Bangsa". 123dok.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  52. ^ "Anugerah FK Unpad 2013 untuk Prof. Fasli Jalal, dr., SpGK., Ph.D". Universitas Padjadjaran. 2013-10-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  53. ^ "Prof Fasli Raih Penghargaan Pertama Unpad Award". Tribunnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  54. ^ "CIPUTRA AWARD 2011, PENGHARGAAN BAGI SOSOK ENTREPRENEURIAL INDONESIA – Ciputra". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-18. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  55. ^ Media, Kompas Cyber (2011-10-16). "4 Tokoh Terima Ciputra Award". KOMPAS.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-24. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  56. ^ Media, Kompas Cyber (2011-05-05). "Wamendiknas Raih "Henry Kaufman Prize"". KOMPAS.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-21. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  57. ^ "Wamendiknas Raih "Henry Kaufman Prize" | LLDIKTI WILAYAH XII" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-21. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  58. ^ "Anies Baswedan Peroleh Penghargaan PASIAD Turki". Republika Online. 2010-11-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-24. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  59. ^ antaranews.com (2010-11-23). "Anies Baswedan Dianugrahi Penghargaan oleh Turki". Antara News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-25. Diakses tanggal 2022-12-23. 
Jabatan politik
Jabatan lowong
Terakhir dijabat oleh
Prijono
Wakil Menteri Pendidikan Nasional Indonesia
2010–2011
Diteruskan oleh:
Musliar Kasim
sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan
Diteruskan oleh:
Wiendu Nuryanti
sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan