Farmers Market

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Farmers 99 Market)
Farmers Market
Perusahaan swasta
IndustriToko swalayan
Didirikan1997 (sebagai Ranch Market)
2007 (sebagai Farmers Market)
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Cabang
13
Tokoh
kunci
Meshvara Kanjaya (Direktur Utama)[1]
ProdukToko swalayan
PemilikPT Supra Boga Lestari Tbk.
Situs webwww.farmersmarket.co.id

Farmers Market adalah jaringan toko swalayan yang memiliki beberapa cabang di Indonesia, terutama di Jakarta. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman, dan barang kebutuhan hidup lainnya. Di beberapa lokasi, gerai supermarket ini menggunakan sejumlah merek dagang lainnya seperti Ranch Market, The Gourmet by Ranch Market, Day2Day by Farmers Market, dan Farmers Family by Farmers Market. Farmers Market dan merek dagang lainnya beroperasi di bawah nama perseroan PT Supra Boga Lestari Tbk. dengan kepemilikan saham mayoritas oleh PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli.com)[2] yang merupakan bagian dari induk perusahaan Djarum Group.

Toko swalayan ini semula berdiri pada 1997, yang awalnya merupakan waralaba dari jaringan supermarket 99 Ranch Market di California, Amerika Serikat. Pada 2007, toko swalayan ini mulai menggunakan nama Farmers Market dan kemudian pada 2010 menghentikan kerja sama waralaba dengan jejaringnya di AS, namun tetap mendapatkan izin untuk menggunakan jenama Ranch Market hingga hari ini. Sekalipun kedua supermarket beroperasi dengan jenama yang sama, keduanya tidak lagi terkait.[3] Saat ini, Farmers Market dan merek dagang lainnya sudah tersebar di lebih dari 13 gerai di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Bogor, Surabaya, Malang, Pekanbaru, Samarinda, Balikpapan, dan Palembang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Direksi - Ranch Market". www.ranchmarket.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-18. Diakses tanggal 2021-09-03. 
  2. ^ "Komposisi Pemegang Saham Perusahaan Perusahaan". www.ranchmarket.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-08. Diakses tanggal 2023-05-08. 
  3. ^ "Riwayat Singkat Perusahaan". www.ranchmarket.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-18. Diakses tanggal 2021-09-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]