Fanny Crosby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fanny Jane Crosby
Crosby pada tahun 1872
LahirFrances Jane Crosby
(1820-03-24)24 Maret 1820
Brewster, New York, U.S.
Meninggal12 Februari 1915(1915-02-12) (umur 94)
Bridgeport, Connecticut, U.S.
PekerjaanPenulis lirik, Penyair, Komposer
Tahun aktif1844–1915
Suami/istri
Alexander van Alstyne, Jr.
(m. 1858; meninggal 1902)
Anak1
Tanda tangan

Frances Jane Crosby (24 Maret 1820 – 12 Februari 1915 biasanya dikenal sebagai Fanny Crosby, tetapi kadang-kadang sebagai Frances van Alstyne) adalah seorang penulis lirik Amerika Serikat yang dikenal himnenya Kristen Protestan. Seorang Methodis seumur hidup, dia adalah salah satu penulis himne paling produktif dalam sejarah, menulis lebih dari 8.000 lagu himne meskipun buta sejak bayi juga terkenal untuk berbicara di depan publik. Fanny J. Crosby juga salah satu wanita paling terkenal di Amerika Serikat.

Masa Muda dan Karier[sunting | sunting sumber]

Fanny Crosby lahir dari keluarga miskin. Nama ayahnya John Crosby dan nama ibunya Mercy Crosby. Pada saat ia berumur 6 minggu, ia terkena flu dan matanya mengalami peradangan. Namun, ketika dibawa ke dokter terjadi malpraktik yang membutakan matanya. Ayahnya meninggal ketika dia berusia enam bulan sehingga ia dibesarkan oleh ibu dan neneknya. Para wanita ini didasarkan Crosby dalam prinsip-prinsip Kristen Protestan, misalnya, mengingat bagian-bagian dari Alkitab. Crosby menjadi anggota aktif dari Gereja Episkopal Methodist John Street di New York City.

Pada usia 15 tahun, Crosby bersekolah sekolah khusus disabilitas di New York, yaitu Institute for the Blind (sekarang New York Institute for Special Education). Dia tinggal di sana selama tujuh tahun. Pada waktu itu, ia belajar bermain piano dan gitar, sekaligus menyanyi.

Mulai Aktif di Gerakan Sosial[sunting | sunting sumber]

Pada 1843, ia bergabung dengan sebuah kelompok pelobi di Washington, D.C. mendorong program dukungan pendidikan untuk orang buta. Dari 1847 sampai 1858, Crosby bergabung dengan fakultas di sekolahnya, mengajar bahasa Inggris, retorika, dan sejarah.

Menikah dan Akhir Hayat[sunting | sunting sumber]

Dia menikah dengan Alexander Van Alstyne, seorang musisi buta dan sesama guru, pada tahun 1858. Atas desakan itu, dia tetap memakai nama gadisnya. Mereka mempunyai seorang putri, Francis, yang meninggal saat bayi. Alexander meninggal pada tanggal 19 Juli 1902.

Karier Penulis[sunting | sunting sumber]

Crosby sudah menulis puisi sejak berusia 8 tahun. Karyanya yang pertama diterbitkan adalah A Blind Girl, diikuti oleh Monterey dan Puisi lainnya.

Dia juga menulis beberapa lagu populer, yang diatur ke musik oleh George F. Root. Beberapa dari mereka "Rosalie, Bunga Prairie", "Hazel Dell", "There's Music in the Air".[1] Crosby melihat kesuksesan dengan menulis sajak sekuler itu, pendapatan hampir 3.000 dollar dalam royalti untuk lagu-nya "Rosalie, the Prairie Flower".[2]


  1. ^ Spann, C. Edward (2008). Presidential Praise: Our Presidents and their Hymns. Mercer University Press. hlm. 152. Diakses tanggal 23 Maret 2023. 
  2. ^ Carder, Polly (2008). George F. Root, Civil War Songwriter: A Biography. McFarland. hlm. 215.