Fang (BoBoiBoy)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fang
Tokoh BoBoiBoy
Penampilan Fang di BoBoiBoy Galaxy Musim 2
Penampilan
perdana
Pengisi suara
Informasi
AliasFang, Pang
Julukan
SpesiesAlien yang menyerupai manusia
Jenis kelaminLaki-Laki
Pekerjaan
Keluarga
  • Kapten Kaizo (Kakak)
  • Orangtua Fang
KewarganegaraanMalaysia Malaysia

Fang (lahir pada 13 April adalah salah satu tokoh fiktif dalam seri animasi BoBoiBoy. Ia seorang teman dan mantan musuh BoBoiBoy. Meskipun tetap bersaing dengan BoBoiBoy tetapi dia bersedia untuk membantunya ketika masalah datang. Dia memiliki kekuatan untuk memanipulasi bayang, dan mampu untuk menghasilkan bayang yang berbentuk hewan untuk digunakan di dalam pertarungan. Dia juga memiliki banyak pengalaman dibandingkan teman-temannya yang lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Diceritakan dalam komik khusus BoBoiBoy Galaxy: Ledakan Cahaya, Fang dilahirkan dan dibesarkan disebuah planet bernama Planet GogoBugi di bawah jagaan ibu dan bapak dan abang lelakinya yang bernama Kaizo. Pada suatu ketika saat dia masih kecil, planetnya telah diserang oleh pemimpin tim Tengkotak bernama Bora Ra yang ingin menangkap sebuah Power Sphera bernama EnerBot, maka Kaizo membawanya keluar dari planet tersebut. Tidak lama setelah mereka ditemui dan diserang oleh Bora Ra, mereka akhirnya diselamatkan oleh seorang laksamana bernama Maskmana.

Setelah Fang tumbuh, dia mulai berlatih di bawah latihan abangnya dan kemudian menyertai tim abangnya sebagai seorang prebet. Fang juga telah belajar beberapa bahasa dan kehidupan yang ada di Planet Bumi sebelum memulai misinya di sana.

BoBoiBoy[sunting | sunting sumber]

Ketibaan di Bumi[sunting | sunting sumber]

Pada suatu waktu dahulu, Fang telah diantar oleh Kapten Kaizo ke Bumi untuk menjalankan misi untuk merebut Jam-jam Kekuatan. Ketika tiba di ruang udara, Fang diturunkan dari sebuah kapal angkasa lalu mengaktifkan topeng kekuasaannya dan mendeteksi energi dari Jam-jam Kekuatan yang sedang dipakai oleh BoBoiBoy, Yaya, Ying dan Gopal. Fang dinasihati oleh Kapten Kaizo untuk merahasiakan identitas sebenarnya dan menggunakan kekerasan jika perlu. Setelah itu, Kapten Kaizo bersedia untuk pergi kembali ke angkasa dengan meninggalkan pesan kepada Fang bahwa dia akan datang kembali ke Bumi ketika tiba masanya, lalu terus pergi ke angkasa meninggalkan Fang.

Fang menuju ke arah lokasi tenaga Jam-jam Kekuatan yang dideteksinya tadi, tetapi terhenti ketika mendengar pengumuman dari Stasiun Kereta api bahwa kereta api yang menuju ke Pulau Rintis akan keberangkatan sebentar lagi. Fang menyahaktifkan kembali topeng kekuasaannya lalu menuju ke Stasiun Kereta api untuk naik Yong Pin Aerotrain dan menuju ke Pulau Rintis.

Saat di Stasiun Kereta api Pulau Rintis, Fang keluar dari kereta api Yong Pin Aerotrain dan pada waktu yang sama BoBoiBoy masuk ke dalam kereta api itu untuk pulang kekotanya.

Mendapat kuasa[sunting | sunting sumber]

Fang telah berpindah ke Sekolah Rendah Pulau Rintis sebagai murid baru dan dimasukkan dalam kelas 5 Jujur. Sepanjang Fang tinggal di Pulau Rintis, dia merasa cemburu dan iri hati dengan BoBoiBoy. Rasa cemburu itu bukan saja karena kehebatan kuasa BoBoiBoy, bahkan juga karena kepopularitiannya. Pada suatu hari, Fang berdiri sendirian di Taman Pulau Rintis sambil bersungut akan kepopularitian BoBoiBoy. Adu Du dan Probe yang menyamar mendekati Fang dan menawarkan cara kepadanya untuk menjadi lebih populer dari BoBoiBoy, yaitu mendapatkan Ochobot lalu memberikan gambarnya sebagai panduan. Adu Du juga memberikan kertas arahan kepada Fang untuk dipatuhinya untuk mendapatkan Ochobot, yaitu memesan air Special Hot Chocolate dan satu tin bubuk kakao di warung Tok Aba. Fang meminta Ochobot untuk menuntut harta pusaka yang dikatakan ditinggalkan oleh seorang kenalan BoBoiBoy yang berasal dari kerabat diraja dengan segera. Kemudian, Fang menawarkan pertolongannya untuk menemani Ochobot untuk pergi ke Markas Kotak.

Mereka berdua tiba dan pada waktu yang sama, Adu Du dan Probe muncul dan menangkap Ochobot dalam jaring dan Fang tidak menduga bahwa mereka berdua berniat jahat. Ochobot dibawa masuk ke dalam Markas Kotak dan diikat oleh Adu Du dan Probe sambil diawasi oleh Fang. Adu Du menyuruh Fang menyerahkan bubuk coklat kepadanya dan Fang patuh meskipun berat hati. Adu Du mencurahkan bubuk coklat ke dalam Ochobot dan menyebabkannya naik gelabah, melepaskan diri dari ikatan dan melarikan diri dari markas sambil diikuti oleh Fang. Ochobot cemas mencari tempat untuk bersembumyi, dan akhirnya berlindung di dalam tong sampah. Fang menemukannya dan menangkap Ochobot untuk melindunginya.

Fang membawa Ochobot pergi jauh dari Adu Du dan Probe, tetapi tiba-tiba dikepung oleh mereka. Ochobot dalam pegangan Fang masih gelabah karena terlebih kuasa coklat dan akhirnya melepaskan kuasa lebihan itu ke angkasa. Disebabkan oleh Fang memegangnya, dia menerima Kuasa Bayang dari Ochobot. Adu Du dan Probe terkejut dan menembak Fang bertubi-tubi, tetapi dibalas oleh Fang dengan kuasanya. Naga Bayang raksasa terbentuk di depan bulan purnama dan menghancurkan harta benda di seluruh Taman Pulau Rintis. Ochobot menyuruh Fang untuk mengendalikannya, tetapi Fang tidak berdaya. Oleh karena itu, Ochobot terpaksa merenjatkan Fang dan akhirnya Naga Bayang menghilang saat nyaris menghancurkan apartemen. Semenjak dari peristiwa itu, Fang berlatih untuk menggunakan Kuasa Bayangnya di sebuah Rumah Berhantu, dengan mengganggu penduduk setempat yang melalui di daerah rumah itu.

Identitas sebenarnya diungkapkan[sunting | sunting sumber]

Fang membantu menyebarkan pamflet-pamflet kepada pengunjung-pengunjung saat Hari Karnival Bumi sedang berlangsung di Sekolah Rendah Pulau Rintis. Kemudian, Fang mengikuti Gopal, Yaya dan Ying ke kelas untuk melihat BoBoiBoy yang bersedih di dalam kelas tetapi dia tiba-tiba berlari keluar dari kelas dengan tergesa-gesa setelah menerima pesan segera pada Jam Kekuatannya. Pada waktu malam, Fang berada di dalam Rumah Berhantu, sedang menghubungi seseorang dan berkata bahwa dia telah menerima pesan dan bersiap sedia.

Keesokan harinya, Kapten Kaizo datang kembali ke Planet Bumi untuk memeriksa perkembangan misi Fang, lalu Fang bertemu kembali dengan kaptennya. Kapten Kaizo juga bertemu dengan "teman-teman" Fang, yaitu BoBoiBoy, Yaya, Ying dan Gopal. Kapten Kaizo kemudiannya mengungkapkan identitas sebenar Fang kepada mereka, dan memberikan arahan kepada Fang untuk mengalahkan BoBoiBoy. Fang yang berat hati untuk melakukannya, terpaksa menurut arahan dengan menggunakan kuasa asalnya, yaitu Kuasa Penembus. Mereka berlawan sehingga Fang berhasil mendapatkan Jam-jam Kuasa dan memberikannya kepada Kapten Kaizo. Akhirnya, Fang menurut kaptennya ke kapal angkasa lalu keberangkatan ke angkasa.

Ketika di dalam sebuah ruangan di dalam kapal angkasa, Fang mengucapkan selamat kepada kaptennya atas empat kuasa baru dan misi tim mereka sudah selesai di situ. Namun, Kapten Kaizo juga meminta Fang untuk menyerahkan Jam Kuasannya bersama dengan berkata bahwa Fang tidak layak menggunakan dua kuasa sekaligus, dan Fang menyerahkannya meskipun berat hati. Jam Kuasanya diletakkan bersama empat Jam Kuasa lain di tempat yang berkunci.

Pertarungan terakhir[sunting | sunting sumber]

BoBoiBoy dan teman-temannya telah meminta tolong dari Adu Du dan Probe untuk membebaskan Fang dan mengambil kembali kuasa-kuasa mereka. Ketika Fang merasakan bahwa Kapten Kaizo tidak menyadari tindakannya, dia mengambil kesempatan untuk menggunakan Kuasa Penembus dan perlahan-lahan melangkah keluar dari kokpit kapal angkasa lalu menuju ke ruangan. Dia mengambil kesemua Jam Kuasa dan beredar ke ruang saluran udara dengan harapan ingin mengembalikannya kembali kepada pemilik asalnya. Namun bagaimanapun, niat dan tindakan Fang disadari oleh Kapten Kaizo yang menganggapnya sebagai pengkhianat dalam tim. Jadi, Kapten Kaizo menantang BoBoiBoy dan teman-kawannya, termasuk Fang, untuk bertarung sekali lagi di Medan Latihan Tempur.

Mereka menerima tantangan untuk bertarung dan Fang berganding bahu bersama BoBoiBoy untuk bertarung dengan abang kandungnya sendiri. Meskipun pertarungan tersebut agak sulit, tetapi mereka akhirnya berhasil 'mengalahkan' Kapten Kaizo. Setelah itu, Kapten Kaizo mengungkapkan bahwa misinya untuk mencari pemilik-pemilik Jam-jam Kuasa yang layak, dan mengakui bahwa Fang dan teman-kawannya adalah pemilik yang layak. Sebelum pergi, Kapten Kaizo memberikan dua pilihan kepada Fang sama ada ingin mengikutnya pulang atau tinggal di Bumi bersama teman-kawannya, lalu Fang memilih untuk tinggal di Bumi bersama teman-kawannya.

BoBoiBoy: The Movie[sunting | sunting sumber]

Ochobot telah diculik oleh tim Tengkotak dengan tujuan menggunakannya untuk mencari Klamkabot, sebuah Sfera Kuasa kuno dan berkuasa yang menyembunyikan diri di Bumi. Fang bersama teman-temannya telah berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan Ochobot dan pada waktu yang sama mengungkapkan rahasia di sebalik misteri Sfera Kuasa.

BoBoiBoy Galaxy[sunting | sunting sumber]

Setelah peristiwa yang telah terjadi dalam film, Fang keluar dari geng teman-temannya dan kembali ke angkasa lepas untuk meneruskan latihan di bawah abang kandungnya, Kapten Kaizo. Kemudian bersama-sama dengan abangnya, dia menyertai kelompok TAPOPS sebelum datang ke Bumi kembali.

Fang sedang berada dalam latihan solo mengemudi kapal angkasa sebelum tiba sebagai bantuan kepada teman-temannya setelah diserang oleh Nyamuk Amok. Kemudian dalam kelompok TAPOPS, Fang telah menjadi komandan dalam pasukannya sendiri, yang dianggotai oleh Sai dan Shielda.

Referensi[sunting | sunting sumber]