Fallen Angels (film 1995)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fallen Angels
Poster film
SutradaraWong Kar-wai
ProduserJeffrey Lau
Ditulis olehWong Kar-wai
Pemeran
Penata musikRoel A. Garcia
Frankie Chan
SinematograferChristopher Doyle
Penyunting
Perusahaan
produksi
Jet Tone Productions
DistributorKino International
Tanggal rilis
  • 06 September 1995 (1995-09-06)
Durasi96 menit[1]
NegaraHong Kong
BahasaKanton
Mandarin
Jepang
Inggris
Pendapatan
kotor
HK$7.5 juta (Hong Kong)
US$0.2 juta (AS)[2]

Fallen Angels adalah sebuah film neo-noir kejahatan Hongkong 1995[3][4] yang ditulis dan disutradarai oleh Wong Kar-wai. Menampilkan dua alur cerita yang saling terkait—satunya menceritakan kisah seorang pembunuh bayaran yang ingin meninggalkan dunia kriminal bersama pelacur yang menjalin hubungan dengannya. Kisah lainnya adalah tentang seorang mantan narapidana bisu yang melarikan diri dari polisi dan seorang wanita tidak stabil mentalnya dibuang oleh pacarnya.

Berlatar di Hong Kong pada tahun 1995, Fallen Angels mengeksplorasi kesepian para karakter, keterasingan mereka dari situasi di sekitar mereka, dan kerinduan akan koneksi di kota yang sibuk. Wong awalnya menulis Fallen Angels sebagai cerita ketiga dari Chungking Express, tetapi membaginya menjadi dua proyek terpisah karena durasi kumulatifnya. Mirip dengan Chungking Express, Fallen Angels menampilkan narasi terfragmentasi yang menekankan suasana hati dan suasana dibandingkan struktur. Jika pendahulunya menggabungkan warna-warna siang hari yang cerah, Malaikat Jatuh terdiri dari adegan-adegan yang diambil secara eksklusif pada malam hari dan menggunakan warna-warna yang lebih gelap di samping neon yang terang. Wong menganggap kedua filmnya merupakan film yang saling melengkapi dalam mengeksplorasi Hong Kong kontemporer. Sinematografer Christopher Doyle banyak menggunakan lensa sudut lebar untuk mendistorsi wajah karakter di layar, dan menunjukkan keterasingan mereka dari dunia sekitar. Doyle juga menciptakan ketegangan yang terdistorsi dalam adegan kekerasan ekstrem dengan visual yang panik dan tidak fokus. Soundtracknya banyak menggunakan lagu-lagu trip hop dan pop untuk menyampaikan suasana hati dan menjaga "lingkungan perkotaan" yang sesuai dengan budaya populer.

Sejak dirilis, Fallen Angels telah memiliki banyak penggemar, dan terkenal sebagai film terakhir Wong yang pengambilan gambarnya dilakukan sepenuhnya di negara asalnya, Hong Kong, sebelum memulai produksi internasional yang lebih ambisius.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fallen Angels". British Board of Film Classification. Diakses tanggal December 14, 2017. 
  2. ^ Fallen Angels, Box Office Mojo, Retrieved 22 July 2011
  3. ^ BBFC. "Fallen Angels". www.bbfc.co.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  4. ^ Dalton, Stephen. "Films on TV Choice". The Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0140-0460. Diakses tanggal 2022-07-28. 
  5. ^ "How Wong Kar-wai's 'Restoration' of "Fallen Angels" Spoils Pre-1997 Hong Kong". Cinema Escapist (dalam bahasa Inggris). 2021-01-23. Diakses tanggal 2022-09-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]