FC Sion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
FC Sion
logo
Berdiri1909
StadionStadion Tourbillon,
Swiss Sion, Valais, Swiss
(Kapasitas: 14.500)
KetuaSwiss Christian Constantin
ManajerMichel Decastel
LigaSwiss Super League
2022–2310th
Kostum kandang
Kostum tandang

FC Sion merupakan sebuah klub sepak bola Swiss. Klub ini bermarkas di Sion, ibu kota Kanton Valais. Mereka memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Tourbillon.

Football Club de Sion, umumnya dikenal sebagai FC Sion atau Sion, adalah tim sepak bola Swiss dari kota Sion. Klub ini didirikan pada tahun 1909 dan memainkan pertandingan kandangnya di Stade Tourbillon. Mereka telah memenangkan Liga Super Swiss dua kali dan Piala Swiss dalam 13 dari 14 penampilan terakhir mereka, terakhir pada tahun 2015. Tim utama klub juga dikenal sebagai Olympique des Alpes SA.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

FC Sion didirikan pada tahun 1909 oleh Robert Gilliard, yang menjadi kapten klub, dan memainkan pertandingan pertamanya pada tahun yang sama, menang 3-2 melawan FC Aigle. Klub berkembang pesat dengan kontribusi lokal dan memainkan pertandingan liga pertamanya pada tahun 1914, sekali lagi menang 3-2 atas FC Monthey. Pada tahun 1919, Sion secara resmi mengatur struktur manajemennya, dengan Gilliard menjadi wakil presiden dan Charles Aymon sebagai presiden.

Dari tahun 1932, Sion bermain di kasta keempat sepak bola Swiss, di mana mereka menghabiskan sebagian besar dari 20 tahun berikutnya, sempat terganggu oleh promosi ke kasta ketiga pada tahun 1944, kemudian dengan cepat terdegradasi pada tahun 1946. Pada tahun 1952, Sion kembali ke tempat ketiga .Lima tahun kemudian, Sion sekali lagi dipromosikan ke Liga Nasional B, lima tahun kemudian ke Liga Nasional A (sekarang Liga Super Swiss) pada tahun 1962. 1965 melihat kemenangan pertama mereka. Sion di Piala Swiss setelah menang 2-1 atas Servitte.

Stade Tourbillon berkapasitas 16.263 secara resmi dibuka pada Agustus 1968, tetapi klub itu terdegradasi pada 1969. Sion kembali ke Liga Nasional A pada percobaan pertamanya dan memenangkan Piala keduanya. Swiss, menang 3-2 atas Neuchâtel Xamax pada 1974. Sion akan melanjutkan untuk tampil baik di Piala Swiss, dengan kemenangan pada tahun 1980 (vs Young Boys), 1982 (vs Basel), 1986 (vs Servette). ) dan 1991 (sebelum Young Boys). Periode kesuksesan ini juga ditandai dengan renovasi dan perluasan Tourbillon pada tahun 1989, dan ditutup oleh Kejuaraan Liga Swiss perdana Sion pada tahun 1992.

Ini diikuti oleh kesuksesan Piala Swiss, memenangkan turnamen tiga tahun berturut-turut sejak 1995 dengan kemenangan atas Grasshopper, Servette dan Luzern. Kemenangan mereka atas Lucerne pada tahun 1997 membuat Sion menjadi satu-satunya dobel domestik mereka, dan juga memenangkan Liga Super Swiss.

Namun, klub segera jatuh ke dalam kesulitan keuangan dan, setelah hampir bangkrut karena diambil alih oleh Gilbert Kadji, klub terdegradasi pada tahun 1999. Meskipun kembali ke Divisi Pertama musim berikutnya Di sana, masalah keuangan menyebabkan tim menderita , yang berpuncak pada degradasi. pada tahun 2001, kepergian Kadji dan penolakan lisensi profesionalnya pada tahun 2003. Klub diselamatkan oleh arsitek dan mantan pemain sepak bola Christian Constantin, dan mereka dikembalikan ke divisi dua pada Oktober 2003.

Constantin menghabiskan beberapa musim berikutnya membangun kembali klub, dengan klub melalui 20 manajer selama delapan tahun ke depan, termasuk mengambil peran dua kali sendiri, untuk menstabilkan keuangan klub. Mereka dihargai pada tahun 2006 dengan promosi kembali ke Liga Super, serta kemenangan di Piala Swiss, menjadi tim tempat kedua pertama yang mencapai ini, dengan kemenangan adu penalti 5-3 sebelum Young Boys setelah 1-1 imbang.

Transfer ban saga

Pada tahun 2008, kontroversi muncul untuk Sion ketika mereka menandatangani Essam El Hadary, yang mengakibatkan larangan "merekam tepat waktu" selama dua tahun pada Sion mulai Juni 2009, dan larangan internasional terhadap El Hadary selama empat bulan, karena ElHadary masih terikat kontrak dengan mantan klubnya Al Ahly. Sion mengajukan banding atas tindakan tersebut, tetapi Mahkamah Agung Federal Swiss menguatkan keputusan FIFA, DRC dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) masing-masing pada tahun 2009 dan 2010. Namun, pertempuran hukum yang panjang (termasuk a pengampunan sementara) berarti larangan itu hanya berlaku sejak jendela transfer musim dingin musim 2010–11.

Meskipun mengamankan tempat di babak kualifikasi Liga Eropa UEFA 2011–12 berkat kemenangan Piala Swiss musim lalu, Sion dikeluarkan dari Liga Europa oleh UEFA setelah mendiskualifikasi pemain dalam kemenangan atas Celtic di pertandingan playoff Liga Eropa UEFA. Pada tanggal 2 September, Federasi Sepak Bola Swiss (SFL) menolak pendaftaran pemain lain, Brian Amofa.

Pada tanggal 30 September 2011, SFL memutuskan untuk sementara memenuhi syarat enam rekrutan, yaitu Stefan Glarner, Billy Ketkeophomphone, Mario Mutsch, Pascal Feindouno, José Gonçalves dan Gabri, untuk mematuhi proses hukum yang sedang berlangsung. Sion juga menggugat SFL dan UEFA di hadapan Pengadilan Cantonal de Valais dan Pengadilan Vaud, tetapi kedua tindakan tersebut ditolak. Banding klub sebelumnya ditolak oleh Badan Banding UEFA pada 13 September Sion juga menggugat SFL dan UEFA sebelum CAS, tetapi menarik keluhan mereka yang pertama. Sidang permohonan kedua ini telah ditetapkan pada 24 November.

Pada tanggal 25 Oktober, Komisi Disiplin SFL (nama: Commission de Discipline) menangguhkan keenam pemain untuk lima pertandingan. Dilaporkan bahwa setiap pemain mengajukan keluhan mereka di pengadilan sipil daripada menggunakan sistem 'pengadilan olahraga' FA Swiss dan CAS, yang telah diwajibkan oleh larangan FIFA. ', UEFA mengundang Sion untuk berkonsultasi tentang jadwal pertandingan setelah UEFA kalah dalam pertandingan resmi.

Pada tanggal 31 Oktober 2011, Sion mengajukan keluhan kepada Komisi Eropa. FIFA juga memenangkan pertempuran pengadilan sipil pada bulan November Pengadilan sipil Martigny dan SaintMaurice (keduanya di kota Valais) telah meminta FIFA untuk mengkonfirmasi penandatanganan kontrak dengan enam pemain pada 3 Agustus, menyusul gugatan yang diajukan oleh para pemain. Pada 16 November, banding FIFA dan SFL telah disetujui oleh Pengadilan Negeri Valais.

Pada 15 Desember, CAS mendukung keluhan UEFA, menegaskan haknya untuk mendisiplinkan Sion sesuai dengan perjanjian sebelumnya. CAS juga mencabut tindakan sementara yang diperintahkan oleh Tribunal Cantonal of Vaud (Cour civile) pada 5 Oktober 2011. Setelah keputusan tersebut, FIFA mengancam akan menangguhkan tim nasional dan klub Swiss dari kompetisi internasional jika Sion tidak dihukum dengan benar karena pelanggaran aturan yang nyata. Pada akhir Desember 2011, Asosiasi Sepak Bola Swiss memenuhi tuntutan FIFA dan menghukum Sion 36 poin klasemen (berdasarkan berapa banyak pertandingan pemain yang tidak memenuhi syarat yang terlibat), memindahkan klub ke tempat terakhir di klasemen liga dan menempatkan klub pada risiko degradasi jika keputusan itu berdiri.

Sion menyelesaikan musim 2011–12 di tempat kesembilan, yang membuat mereka lolos ke pertandingan degradasi melawan Aarau, yang mereka kalahkan agregat 2-1 untuk bertahan di Liga Super Swiss. Tanpa menderita pengurangan 36 poin mereka, Sion akan finis di tempat ketiga, yang akan membuat mereka lolos ke Liga Eropa UEFA 2012–13. Sebelum awal musim 2012-13, mereka melakukan kudeta besar dengan mengontrak Gennaro Gattuso dan Kyle Lafferty, keduanya melalui transfer gratis. Namun, klub mengalami musim yang mengecewakan yang membuat mereka berganti pelatih tiga kali sebelum memutuskan Gattuso untuk menyelesaikan musim, berakhir di tempat ketiga.

Stadion[sunting | sunting sumber]

ion memainkan pertandingan kandang mereka di Stade Tourbillon serbaguna, yang memiliki kapasitas 14.500 orang. Ini awalnya dibangun pada tahun 1968, dan direnovasi pada tahun 1989 dan 2012. Klub ini juga memiliki pusat pelatihan di dekat kantornya di Martigny dan pusat pengembangan pemuda di Riddes terdekat.

Skuat terkini[sunting | sunting sumber]

Sejak 6 Agustus 2013.

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Latvia LVA Andris Vaņins (Vice-captain)
2 DF Swiss  SUI Benjamin Kololli
4 DF Montenegro MNE Miloš Bakrač
5 DF Portugal POR André Marques
6 MF Pantai Gading CIV Xavier Kouassi
7 FW Siprus CYP Demetris Christofi
8 MF Albania ALB Vullnet Basha
10 MF Rumania ROU Ovidiu Herea
11 FW Brasil BRA Léo Itaperuna
12 MF Swiss  SUI Alberto Regazzoni
13 DF Swiss  SUI Mathieu Debons
14 MF Kamerun CMR Freddy Mveng
15 MF Ghana GHA Ishmael Yartey
No. Pos. Negara Pemain
16 MF Swiss  SUI Matteo Fedele
17 DF Gambia GAM Pa Modou Jagne
18 GK Swiss  SUI Steven Deana
19 FW Swiss  SUI Gaëtan Karlen
20 DF Hungaria HUN Vilmos Vanczák (Captain)
22 DF Swiss  SUI Vincent Rüfli
24 MF Swiss  SUI Max Veloso
27 DF Swiss  SUI Léo Lacroix
28 DF Swiss  SUI Beg Ferati
30 GK Swiss  SUI Mathieu Debonnaire
31 DF Argentina ARG Emiliano Dudar
34 MF Senegal SEN Birama Ndoye

Dipinjamkan[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
2 DF Swiss  SUI Adao Joaquim (ke FC Chiasso sampai 30 Juni 2014)
7 MF Swiss  SUI Sébastien Wüthrich (ke FC St. Gallen sampai 30 Juni 2014)
17 FW Swiss  SUI Danick Yerly (ke FC Chiasso sampai 30 Juni 2014)
18 GK Swiss  SUI Kevin Fickentscher (ke FC Lausanne-Sport sampai 30 Juni 2015)
32 DF Swiss  SUI Anthony Sauthier (ke Servette FC sampai 30 Juni 2014)

Staff[sunting | sunting sumber]

Jabatan Nama
Manajemen
Presiden Swiss Christian Constantin
General Manager Italia Domenicangelo Massimo
Manajer Swiss Alexandre Zen-Ruffinen
Direktur Olahraga Swiss Frédéric Chassot
Olahraga
Pelatih Kepala Swiss Bernard Challandes
Asisten Pelatih Swiss Blaise Piffaretti
Teamchef Swiss Jean-Claude Richard
Pelatih Teknik Portugal José Sinval
Pelatih kiper Swiss Marco Pascolo
Kesehatan
Pelatih Fisik Swiss Philippe Troillet
Penasihat Kroasia Zoran Funjak
Juru Urut Aljazair Omar Boumaraf
Swiss Philippe Hofmann
Dokter Tim Italia Roberto Campini

Gelar[sunting | sunting sumber]

Mantan pelatih[sunting | sunting sumber]

Partisipasi di kompetisi UEFA[sunting | sunting sumber]

Musim Kompetisi Babak Lawan Leg pertama Leg pertama Aggregat akhir
1980-81 Piala Winners UEFA First round Norwegia Haugar 1-1 0-2 1-3
1992-93 UEFA Champions League Babak pertama Ukraina Tavriya Simferopol 4-1 (h) 3-1 (a) 7-2
Babak kedua Portugal Porto 2-2 (h) 0-4 (a) 2-6
2007–08 UEFA Cup Kualifikasi babak kedua Austria Ried 1–1 3–0 4–1
Babak pertama Turki Galatasaray 3–2 1–5 4–7
2009–10 UEFA Europa League Play-off round Turki Fenerbahçe 0–2 2–2 2–4
2011–12 UEFA Europa League Babak Play-off Skotlandia Celtic 0–31 0–31 0–61
Catatan
  • Catatan 1:Celtic mengajukan protes ke UEFA atas kelayakan beberapa pemain dari Sion yang bermain di 2 pertandingan leg yang di mana Sion unggul 3-1 (leg pertama: 0-0; leg kedua: 3-1). Badan Disiplin UEFA menerima protes dan mengubah hasil pertandingan dua leg menjadi 3-0, sehingga aggregat total 6-0 untuk Celtic dan Celtic lolos ke Babak grup Liga Eropa UEFA 2011-12.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "FC Sion at WorldFootball.net". WorldFootball.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-04. Diakses tanggal 13 September 2011. 
  2. ^ "Celtic protests over Sion matches accepted". UEFA. 2 September 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-13. Diakses tanggal 2 September 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]