FC Kairat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
FC Kairat
Berkas:FC Kairat logo.svg
Nama lengkapFootball Club Kairat
JulukanHalyq Komandasy
Berdiri1954
sebagai Lokomotiv Alma-Ata[1]
StadionStadion Sentral
(Kapasitas: 23,804[2])
KetuaKairat Boranbayev
ManajerAleksey Shpilevsky
LigaLiga Utama Kazakhstan
20201 (juara)
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang
Kostum Ketiga

Football Club Kairat (bahasa Kazakh: Qaırat Fýtbol Klýby) adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Almaty, yang bermain di Liga Utama Kazakhstan, level tertinggi sepak bola Kazakhstan. Didirikan pada tahun 1954 sebagai Lokomotiv Alma-Ata, mereka menjadi Urozhay pada tahun 1955 dan Kairat pada tahun 1956. Markas klub adalah Stadion Sentral yang berkapasitas 23.804 orang. Warna seragam kandang klub adalah kemeja bergaris kuning dan hitam, celana pendek hitam, dan kaus kaki hitam.

Kairat adalah klub Kazakhstan terkemuka selama periode Soviet dan satu-satunya wakil dari Republik Sosialis Soviet Kazakhstan di Liga Top Soviet.[3] Untuk ini, Kairat dijuluki Tim Bangsa, dan tetap didukung secara luas di seluruh negeri.[4] Secara keseluruhan, klub menghabiskan 24 musim di level tertinggi Soviet. Mereka juga memenangkan gelar Liga Pertama Soviet dua kali pada tahun 1976 dan 1983. Selama periode ini, Kairat adalah bagian dari Komunitas Olahraga Sukarela Uni Soviet.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendiri

Klub ini didirikan dalam tahun 1954 menjadi Lokomotiv Alma-Ata menurut klub sepak bola Dinamo Alma-Ata.Sampai sekarang, Dinamo dikembangkan sang Nikolai Starostin, yg dikenal menjadi "bapak sepak bola Soviet" & pendiri Spartak Moscow. Asistennya Arkady Khokhman sebagai instruktur ketua pertama klub tersebut. Lokomotiv bergabung menggunakan Zona I Kelas B, taraf ke 2 sepak bola Soviet. Di demam isu debut mereka, mereka terselesaikan 4 menggunakan 11 kemenangan, 7 seri & 4 kekalahan. Pada tahun 1955, mereka direformasi menjadi Masyarakat Olahraga Urozhay, yg menyatukan olahragawan bidang pertanian. Pada tahun 1955, Urozhay berkompetisi pada Zona II Kelas B, menuntaskan demam isu pada loka ke-10. Pada lepas 1 Juni 1956, Dewan Menteri SSR Kazakh menandatangani dekrit mengenai penggabungan Masyarakat Olahraga Urozhay & Masyarakat Olahraga Republik berdasarkan Petani Kolektif buat mendirikan Masyarakat Olahraga Sukarela Pedesaan Republik yg baru. Setelah itu, badan pengelola olahraga Kazakh mengusulkan buat mengadopsi nama baru menjadi pengakuan atas merger tersebut. Nama-nama yg disarankan termasuk Yeginshi (Pembudidaya), Tulpar (Phoenix), Onim (Panen), Altyn Dan (Golden Grain), Kuresshi (Fighter), Dala Burkiti (Steppe Eagle) & Zhastar (The Youth). Pada lepas 18 Juni 1956, sidang pleno Dewan Menteri menggunakan bunyi bundar  menentukan Kairat (Kekuasaan), nama yg nir terdapat pada proposal, sepertinya dipromosikan sang pemimpin RSK Kazakh Dinmukhamed Kunayev. Pada Juli 1956, Pyotr Zenkin ditunjuk menjadi instruktur ketua baru. Di bawah Zenkin, Kairat menghabiskan empat demam isu berturut-turut pada Kelas B, menampakan output homogen-homogen pada tabel final.


The Nation's Team (1960-1991)

Pada tanggal 21 Desember 1959, badan olahraga Uni Soviet mengadopsi resolusi untuk menambah jumlah tim Liga Utama Soviet dari 12 menjadi 22. Sepuluh republik milik Uni Soviet. Uni Soviet dapat bergabung dengan satu tim tanpa kompetisi, lisensi yang dimaksudkan untuk menjadikan status aliansi "Semua". Kazakh memberi jalan kepada Kairat, yang menikmati lobi yang kuat dari pemerintah negara bagian. Pada 10 April 1960, mereka memainkan pertandingan  pertama mereka di turnamen melawan Admiralteyets Leningrad, dengan skor 00. Pada 13 Mei 1960, Kairat mencetak kemenangan Liga Top pertama mereka  dengan mengalahkan Dinamo Minsk 21 dalam pertandingan di 'luar'. ] Selama musim sepi, rencana taktis Kairat memicu banyak diskusi di antara para pakar sepak bola. Manajer tim Nikolay Glebov mengadopsi formasi 4-2-4 dan 4-3-3, yang disebut gaya Brasil, yang sebelumnya tidak digunakan oleh tim Soviet. Akibatnya,  permainan tim menjadi sangat defensif. [ Karena itu, pers dan penggemar Soviet menjuluki pertahanan tim "Kairat Concrete", sebuah moniker yang akan tetap bersama klub selama beberapa dekade sesudahnya. Selain itu, kelemahan mereka dalam serangan dan tingkat mencetak gol yang rendah membuat mereka hanya 18 di musim debut mereka di No 1.


Kairat tetap dalam performa terbaiknya selama tiga musim berikutnya. Pada tahun 1963, Kairat mencapai hasil terbaiknya di Piala Soviet, mencapai semifinal melawan Shakhtar Stalino. Atas pencapaian ini, seluruh anggota tim disamakan dengan gelar Master of Sports USSR. Setelah musim yang gagal pada tahun 1964, mereka diturunkan ke Divisi Pertama Soviet. Pada tanggal 25 November 1965, mereka memainkan pertandingan yang menentukan melawan Ararat Yerevan untuk satu-satunya tempat di Liga Top. Kairat kalah dalam permainan 12. Namun, hari ini manajer tim menerima telegram dari Federasi Sepak Bola Uni Soviet tentang keputusan promosi kedua klub,  informasi ini tidak dikomunikasikan kepada para pemain sampai akhir pertandingan . Kairat kembali  ke Ligue 1 pada akhir musim 1969 di bawah bimbingan Andrey Chen Ir Son. Chen Ir Son digantikan oleh Aleksandr Sevidov. Dia membawa Kairat kembali ke Liga Utama, finis kedua di musim Liga Utama Soviet 1970. Musim berikutnya, Sevidov meninggalkan tim untuk memimpin Dynamo Kyiv.

Musim 1971 sangat sukses untuk klub. Di bawah pemerintahan Viktor Korolkov, Kairat finis di urutan ke-8 di Liga Top, peningkatan yang nyata dari musim lalu. Pada 12 November 1971, Kairat memenangkan European Railway Works Cup dengan mengalahkan Rapid Bucharest 21 di final. Prestasi ini membuat Kairat menjadi tim Soviet pertama yang memenangkan turnamen Eropa Selama dua musim berikutnya, klub terus membuat namanya menjadi Liga Premier. Pada tahun 1974 di bawah Artyom Falyan Kairat menyelesaikan musim di tempat ke-15 dan mereka terdegradasi  lagi. Tahun berikutnya, pelatih kepala baru Vsevolod Bobrov gagal dipromosikan, mengakhiri musim keempatnya. Pada tahun 1976, di bawah manajemen ganda Timur Segizbayev dan Stanislav Kaminskiy, klub memenangkan Liga Premier Uni Soviet dan kembali ke puncak. Pelatih kepala Deuce memimpin tim selama dua tahun ke depan. Pada musim Liga Teratas 1977–78, Kairat menempati urutan ke-8 dan ke-12. Pada musim 1979, Karat dipimpin oleh dua orang dari Segizbayev, dan Igor Volchok memimpin klub tersebut ke posisi ke-13 dalam kejuaraan.

Pada tahun 1980, Igor Volchok, yang sudah menjadi pelatih kepala tunggal, membangun tim yang didominasi oleh pemain muda. Di antara mereka adalah Yevstafi Pekhlevanidi, Vakhid Masudov, Anton Shokh, Sergei Volgin, Sergei Ledovskikh dan Kurban Berdyev, yang menjadi pemain kunci klub di tahun 80-an. Musim 1980 di tempat ke-12 dengan 10 kemenangan, 11 seri dan 13 kekalahan. Untuk kemenangan comeback terbanyak, tim memenangkan Will to Victory Award, yang dipersembahkan oleh surat kabar Rusia Uni Soviet. Pada musim 1982, di bawah kepemimpinan Yozhef Betsa, hasil tim turun drastis. Pada akhir musim, Betsa digantikan oleh Leonid Ostroushko. Namun,  tidak ada waktu untuk memperbaiki situasi dan mereka terdegradasi ke Liga Premier. Pada musim 1986, Ostroushko memimpin klub ke tempat ke-7, penampilan terbaik Kairat di Liga Utama Uni Soviet. Pada musim 1988, di bawah pemerintahan Segizbayev, Kairat diturunkan ke Divisi Satu. Meskipun kemunduran ini, tim mengakhiri musim dengan sukses. Pada 22 November 1988, Kairat memenangkan Piala  Uni Soviet. Di final di Kishinev, klub mengalahkan Neftchi Baku 41, di mana keempat gol mereka dicetak oleh striker Kairat Viktor Karachun. Hingga bubarnya Uni Soviet pada akhir tahun 1991, Kairat menjadi anggota Liga Utama Inggris, musim demi musim menunjukkan penurunan.


Juara Kazakh pertama dan pemisahan diri (1992-2000)

Setelah kemerdekaan Kazakhstan berikutnya, Kairat bergabung dengan Liga Profesional Kazakhstan yang baru. Sebagai klub  terkuat Kazakhstan saat itu, Kairat dipilih sebagai klub dasar untuk membentuk tim nasional sepak bola Kazakhstan. Karena itu, direktur klub Bakhtiyar Baiseitov juga mengelola tim nasional. Pada musim pertama turnamen, klub menang. Mereka juga mendapatkan ganda pertama mereka ketika mereka mengalahkan Fosfor Taraz di final Piala Kazakhstan pada tahun 1992.

Musim berikutnya, rekor Kairat anjlok. Tempat ke-11 di musim 1993 melihat Baiseitov dipecat. Setelah dua musim, di bawah  mantan pemain Kairat Kurban Berdyev, Kairat berada di peringkat 11 dan 9. Pada tahun 1997, veteran Kairat lainnya, Vakhid Masudov, memimpin tim ke Piala Kazakhstan kedua. Di akhir musim, Kairat mengalami kesulitan keuangan akibat krisis keuangan di negara tersebut. Kementerian Pertahanan Kazakhstan telah memutuskan untuk menjadi sponsor utama dan membawa tim di bawah otoritasnya. Namun, setengah dari tim tidak setuju dengan keputusan untuk menempatkannya di bawah kendali militer. Setelah perselisihan, Kairat dipecah menjadi dua tim, Klub Sepak Bola Profesional Olahraga dan Kesehatan Kairat, dan segera Kairat SHPFC, dan KairatCSKA, disponsori oleh agen militer negara. Yang terakhir memenangkan akses ke Liga Premier, sementara Kairat SHPFC pergi ke Divisi Pertama Kazakhstan. Selama musim 1998, Kairat SHPFC menerima sponsor dari pengusaha Kazakh Bulat Abilov, yang membantu dalam kemenangan di Divisi Pertama Kazakhstan dan promosi ke Liga Premier. Dua musim berikutnya menandai penampilan kedua Kairat di liga. Stadion tengah yang penuh sesak mengadakan pertandingan mereka satu sama lain dan menimbulkan minat yang besar tetapi juga konflik di antara para penggemar. Pada tahun 2000, Kairat SHPFC memenangkan Piala Kazakhstan dengan mengalahkan 50 AccessGolden Grains di final.


Reunifikasi, gelar kedua dan stagnasi (2001–2009)

Pada 1 Maret 2001, Wakil Walikota Almaty, Kairat Bukenov, mengumumkan penyatuan kedua klub. Sudah  Kairat bersatu, mereka memenangkan dua Piala Kazakhstan pada tahun 2001 dan 2003. Pada tahun 2004, di bawah pemerintahan Aleksei Petrushin, klub memenangkan gelar nasional kedua.

Pada akhir musim 2006, sponsor utama klub Kazakh, Temir Zholy, mengundurkan diri. Hal ini menyebabkan masalah keuangan yang berlangsung hingga awal musim 2007. Akibatnya, sebagian besar pemain klub pindah ke tim lain. Klub memasuki musim 2007 dengan skuad muda yang tidak berpengalaman. Pada Juli 2007, sekelompok investor swasta mengambil alih klub dan menginvestasikan sekitar US$4 juta  di dalamnya. Pada awal  2009, klub menyatakan kebangkrutan dan harus diturunkan ke divisi pertama. Pada November 2009, Kairat memenangkan Kelas Satu dan kembali ke papan atas.


Beberapa tahun terakhir (2010–sekarang)

Pada tanggal 15 Oktober 2018, Carlos Alos meninggalkan Kairat dengan kesepakatan bersama,  Andrei Karpovich ditunjuk sebagai manajer Caretaker. Pada 25 November 2018, Kairat memperkenalkan Aleksey Shpilevsky sebagai manajer barunya. Pada 7 Juni 2021, Aleksey Shpilevsky meninggalkan Kairat untuk bergabung dengan Erzgebirge Aue.

Stadium[sunting | sunting sumber]

Selama tahun-tahun awal mereka, Kairat memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Spartak. Pembangunan Stadion Pusat Almaty, sekarang dimiliki oleh klub, dimulai pada tahun 1956. Pemrakarsa pembangunan saat itu adalah pemimpin tim SSR Kazakhstan Leonid Brezhnev. Lokasi stadion di alun-alun yang dikelilingi oleh jalan-jalan Abay, Baitursynov, Satpayev dan sungai Yesentai dipilih oleh Brezhnev sendiri. ​​Arsitek Adambay Kapanov menggunakan Stadion Luzhniki  Moskow sebagai model  stadion baru. Karena lebih kecil dari Luzhniki, stadion ini kemudian dijuluki Little Luzhniki. Arena juga dijadwalkan dengan trek lari dan jumlah item untuk acara olahraga. Central Stadium dibuka pada tahun 1958. Namun, pertandingan resmi pertama diadakan di sini pada 10 April 1960. Pada hari ini, Kairat memainkan pertandingan pertama tim Soviet melawan Admiralteyets. Leningrad, selesai pada 00. Awalnya, kursi stadion dapat menampung sekitar 35.000 rakyat. Pada tahun 1997, stadion ini direnovasi. Karena bangku kayu tua diganti dengan kursi plastik individual, kapasitasnya dikurangi menjadi 23.804 kursi.

Selama era Soviet, stadion pusat dimiliki oleh negara. Setelah kemerdekaan Kazakhstan, stadion itu menjadi milik dewan kota Almaty. Pada 2015, stadion dipindahkan ke kepemilikan Kairat dengan imbalan 30% saham di klub.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Skuat Utama[sunting | sunting sumber]

Per 2 Desember 2020..[5]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Kazakhstan KAZ Stas Pokatilov
2 DF Kazakhstan KAZ Sergey Keiler
3 DF Belarus BLR Dzyanis Palyakow
4 DF Kazakhstan KAZ Nuraly Alip
5 DF Kazakhstan KAZ Gafurzhan Suyumbayev
6 MF Polandia POL Jacek Góralski
7 FW Kazakhstan KAZ Abat Aimbetov
8 MF Kazakhstan KAZ Aybol Abiken
9 FW Brasil BRA Vágner Love
11 FW Ukraina UKR Aderinsola Eseola
13 MF Armenia ARM Kamo Hovhannisyan
17 FW Kazakhstan KAZ Sultanbek Astanov
No. Pos. Negara Pemain
19 FW Kazakhstan KAZ Artur Shushenachev
20 DF Serbia SRB Rade Dugalić
21 MF Kazakhstan KAZ Yerkebulan Tungyshbayev
22 MF Montenegro MNE Nebojša Kosović
23 FW Kazakhstan KAZ Vyacheslav Shvyrev
24 DF Kroasia CRO Dino Mikanović
27 MF Kirgizstan KGZ Gulzhigit Alykulov
28 FW Kazakhstan KAZ Rifat Nurmugamet
29 MF Kazakhstan KAZ Daniyar Usenov
30 GK Kazakhstan KAZ Danil Ustimenko
75 DF Kazakhstan KAZ Alexandr Shirobokov

Out on loan[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
FW Kazakhstan KAZ Yerkebulan Seydakhmet (at Zhetysu)
MF Rusia RUS Kirill Kolesnichenko (at Rotor Volgograd)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History". FC Kairat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2015. Diakses tanggal 28 October 2014. 
  2. ^ Стадион [Stadium] (dalam bahasa Rusia). FC Kairat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 October 2014. Diakses tanggal 28 October 2014. 
  3. ^ Aidyn Kozhakhmetov (8 July 2015). "Кайрат": пять поводов для гордости ["Kairat": lima alasan kebanggaan]. UEFA.com (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 8 September 2017. 
  4. ^ Кайрат Боранбаев: Кайрат — Народная команда. Так было всегда, и мы хотим это возродить [Kairat Boranbayev: Kairat adalah Tim Rakyat. Itu selalu begitu, dan kami ingin menghidupkannya kembali]. sports.kz (dalam bahasa Rusia). 3 March 2015. Diakses tanggal 9 September 2017. 
  5. ^ "First team player profiles 2017". FC Kairat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2018. Diakses tanggal 2 September 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]