Fast & Furious 9: The Fast Saga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari F9 (film))
Fast & Furious 9: The Fast Saga
SutradaraJustin Lin
Produser
Ditulis oleh
Berdasarkan
Para karakternya
oleh Gary Scott Thompson
Pemeran
SinematograferStephen F. Windon
Penyunting
  • Dylan Highsmith
  • Kelly Matsumoto
  • Greg D'Auria
Perusahaan
produksi
One Race Films
Chris Morgan Productions
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Mei 2021 (2021-05-19) (Korea Selatan dan Taiwan)
  • 16 Juni 2021 (2021-06-16) (Indonesia)
  • 25 Juni 2021 (2021-06-25) (Amerika Serikat)
Durasi143 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$200–225 juta [1][2]
Pendapatan
kotor
$716.6 Juta [3][4]

Fast & Furious 9: The Fast Saga adalah film aksi Amerika tahun 2021 yang disutradarai oleh Justin Lin dan ditulis oleh Chris Morgan dan Daniel Casey. Sekuel dari film tahun 2017 The Fate of the Furious, itu akan menjadi angsuran kesepuluh dalam franchise Fast and the Furious dan film kesembilan di seri utama. Film ini akan dibintangi oleh Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Chris "Ludacris" Bridges, Nathalie Emmanuel, John Cena, Helen Mirren, Charlize Theron dan Michael Rooker.

Film ini dijadwalkan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada tanggal 25 Juni 2021 oleh Universal Pictures setelah ditunda akibat pandemi COVID-19.[5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1989, Jack Toretto berpartisipasi dalam perlombaan, dengan putranya Dominic Toretto dan Jakob Toretto di kru pitnya. Dom berdebat dengan pembalap saingan Kenny Linder tentang taktik kotornya. Saat balapan dilanjutkan, mobil Linder menjepit bemper Jack dan menyebabkan mobil menabrak dinding dan meledak, menewaskannya. Setelah kecelakaan fatal itu, Dom ditangkap karena hampir membunuh Linder sampai mati. Saat menjalani hukumannya, dia belajar tentang bahaya retakan garis rambut, mengingat bahwa Jakob telah mengerjakan mobil Jack pada hari dia meninggal dunia, dan menyimpulkan bahwa Jakob sebagian bertanggung jawab atas kematian ayah mereka. Setelah dibebaskan, Dom menghadapi dan menantang Jakob untuk berlomba, memaksanya meninggalkan kota saat dia kalah.

Saat ini, dua tahun setelah konfrontasi melawan cyberterrorist Cipher, Dom pensiun, membesarkan putranya Brian bersama istrinya, Letty Ortiz, dalam isolasi dari masyarakat. Roman Pearce, Tej Parker, dan Megan Ramsey tiba dengan berita tentang Mr. Nobody yang menangkap Cipher, dengan pesawatnya kemudian diserang oleh agen jahat dan jatuh di Montequinto, lokasi fiksi di Amerika Tengah. Dom setuju untuk membantu mereka setelah menyadari Jakob terlibat. Mencari di pesawat, mereka menemukan bagian dari perangkat bernama Ares, yang dapat meretas ke sistem senjata yang dikendalikan komputer. Tim kemudian disergap oleh tentara swasta yang dipimpin oleh Jakob (2020 Ford Shelby GT500), yang mencuri perangkat tersebut. Tim bertemu dengan Michael Stasiak dalam perjalanan ke rumah persembunyian mereka. Kakak perempuan Dom, Mia Toretto, datang untuk membantu menemukan Jakob, dan Dom dengan enggan mengizinkannya untuk bergabung dengan mereka. Tim mengetahui bahwa Han Lue terhubung dengan Ares, dan Letty serta Mia pergi ke Tokyo, Jepang untuk menyelidiki.

Sementara itu, Jakob bertemu dengan Otto, rekannya. Cipher, setelah gagal mempengaruhi Jakob, memberitahunya bahwa separuh Ares lainnya ada di Edinburgh, Skotlandia. Dom bertemu mantan mekanik ayahnya, Buddy, yang membawa Jakob setelah pengasingannya, dan meyakinkannya untuk mengungkapkan bahwa Jakob ada di London, Inggris. Letty dan Mia menemukan Han, masih hidup, bersama dengan lingkungannya, Elle. Roman dan Tej merekrut Sean Boswell, Twinkie, dan Earl, yang telah membangun mesin roket dan "mobil roket" berdasarkan Pontiac Fiero di pangkalan udara Jerman. Di London, Dom bertemu dengan Magdalene Shaw, yang memberinya lokasi Jakob. Dom menghadapi Otto dan Jakob, yang menyuruh Dom pergi. Otto menangkap Dom, tetapi Leysa, teman lama Dom, menyelamatkannya dengan menyamar menjadi agen INTERPOL.

Tej bersama Roman dengan Honda NSX mereka dan Ramsey bergabung dengan Dom di Edinburgh, tempat Jakob menggunakan elektromagnet untuk mencuri perangkat Ares kedua. Tej dan Roman menemukan truk berisi elektromagnet; saat mereka melawan anak buah Otto (Jaguar XE SV Project), Ramsey memerintahkan truk untuk mengejar Otto. Dom mencegat Jakob, dan keduanya bertarung di seluruh kota. Sebelum Otto dapat mengeluarkan Jakob, Ramsey menjalankan mobilnya dari jalan dan menggunakan elektromagnet untuk menangkap Jakob.

Otto memutuskan untuk merekrut Cipher untuk meminta bantuan, mulai meragukan kemampuan Jakob. Di rumah persembunyian, Han mengungkapkan bahwa setelah kematian Gisele Yashar, dia didekati oleh Mr. Nobody untuk menjadi agennya, dan ditugaskan untuk melindungi Elle dan Ares, karena DNA Elle adalah komponen terakhirnya. Ketika salah satu agen Mr. Nobody, yang kemudian terungkap sebagai Jakob, menjadi nakal dan membunuh orang tua Elle, mereka menggunakan percobaan Deckard Shaw untuk membunuh Han sebagai cara untuk memalsukan kematiannya dan memungkinkan dia untuk melindungi Elle secara rahasia. Otto menyerang rumah persembunyian dan membebaskan Jakob, yang mengungkapkan kepada Dom bahwa Jack, ingin melarikan diri dari hutangnya, menginstruksikan Jakob untuk mengutak-atik mobilnya sehingga dia bisa dengan sengaja mengadakan perlombaan dan melunasi hutangnya, dan memintanya untuk tidak pernah memberi tahu Dom. Karena cara Jakob merusak mobil dan campur tangan Linder, Jack akhirnya mati. Jakob dan Otto menculik Elle dan mengambil perangkat Ares kedua.

Otto meluncurkan satelit ke orbit, sementara Jakob menyuruh Elle mengaktifkan Ares. Mereka mulai mengunggah Ares ke satelit, bergerak di seluruh Tbilisi dengan truk lapis baja. Dom (Dodge Charger R/T), Letty (Chevrolet Chevelle SS), Mia (1967 Ford Shelby GT500), Ramsey, dan Han (Toyota Supra (A90)) mengejar untuk menghentikan unggahan. Saat Mia dan Han mencoba menerobos truk, Otto mengkhianati Jakob dan mengungkapkan bahwa dia telah bermitra dengan Cipher, melemparkannya dari truk. Dom dan Mia menyelamatkan Jakob, dan dia membantu Dom mengakses truk. Menggunakan mobil roket, Roman dan Tej memasuki orbit dan menghancurkan satelit, menghentikan unggahan. Cipher, menerbangkan jet dari jarak jauh, mengebom truk, membunuh Otto, dalam upaya membunuh Dom. Dom menggunakan truk yang memantul untuk menghancurkan pesawat Cipher saat dia melarikan diri dengan kekalahan. Dom dan Mia berdamai dengan Jakob, dan Dom mengizinkannya melarikan diri dengan mobilnya, mengingat bagaimana Brian mengizinkannya melarikan diri dari pihak berwenang di film pertama. Roman dan Tej mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional dan dengan selamat kembali ke Bumi.

Tim merayakan keberhasilan mereka dengan barbekyu di rumah Toretto yang sedang dibangun. Sambil bersiap untuk mengucap syukur, Brian O'Conner tiba di mobilnya (1999 Nissan Skyline GT-R BNR34).

Dalam adegan mid-credit, Deckard Shaw menginterogasi seseorang yang dimasukkan ke dalam karung tinju yang terus ditinjunya, dan terkejut saat Han tiba di depan pintunya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Rubin-opening
  2. ^ McClintock, Pamela (June 28, 2021). "Box Office: How 'F9' Sped to Record $70M U.S. Opening". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-28. Diakses tanggal June 29, 2021. 
  3. ^ "F9 (2021)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal October 9, 2021. 
  4. ^ "F9 (2021)". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal October 7, 2021. 
  5. ^ Whitten, Sarah (2020-03-12). "'F9' delayed to 2021 amid coronavrius pandemic concerns". CNBC (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-15. Diakses tanggal 2020-03-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]