Evu, Hoat Sorbay, Maluku Tenggara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Evu
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiMaluku
KabupatenMaluku Tenggara
KecamatanKei Kecil
Kodepos-
Luas-
Jumlah penduduk600+
Kepadatan20%

Evu adalah desa di kecamatan Kei Kecil, Maluku Tenggara, Maluku, Indonesia. Desa Evu merupakan salah satu "dapur"nya Maluku Tenggara, karena merupakan salah satu aikon wisata Maluku Tenggara dan merupakan lumbung masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Madya Tual. Sebagian besar masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual mengkonsumsi air bersih dari Air Evu.

Nama[sunting | sunting sumber]

Desa Evu ini sendiri dikenal dengan sebutan "NEN MAS-IL" yang memiliki arti penting bagi masyarakat Evu sendiri. Kata NEN MAS-IL itu sendiri memiliki arti harfiah sebagai berikut: NEN(nenek atau oma), MAS (emas), IL (memiliki dua arti yang berbeda pengertian, IL bisa berati "Balik" dan "Sabut Kelapa" namun IL yang dimaksud disini adalah 'kembali'. Maka kata NEN MAS-IL itu memiliki makna sebaai "Emas Yang Hilang Telah Kembali".

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Rata-rata masyarakat Evu hanya mengandalkan sedikit ladang yang menunggu musim-musim tertentu,namun tak pasti,latar belakang pendidikan rata-rata sangat miniim. hanya yang masih dipegang oleh masyarakat evu sehingga hidup damai yakni Kehidupan KEGOTONG ROYONGAN, Inilah faktor yang membuat sehingga masyarakat evu terkenal akan kedamayan dimanamana.Persahabatan antara kampung sangat dipegang teguh.

Evu adalah desa yang memiliki sumber daya alam yaitu air dan merupakan tampat wisata. Perhatian pemerintah sangat diharapkan untuk memelihara hutan di sekitar mata air. Dengan demikian sumber air tetap terjaga sehingga semua orang tetap dapat menikmati kesegaran air Evu.