Eveline M. Burns

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eveline M. Burns
Lahir(1900-03-16)16 Maret 1900
Meninggal2 September 1985(1985-09-02) (umur 85)
PekerjaanEkonom, Edukator, dan Penulis Inggris - Amerika

Eveline Mabel Richardson Burns (16 Maret 1900 - 2 September 1985) adalah seorang ekonom, edukator, dan penulis Inggris-Amerika. Eveline Mabel Richardson Burns lahif di London, Inggris, dia adalah anak tunggal dari Eveline Maud Falkner dan Frederick Haig Richardson. Ibunya meninggal setelah melahirkannya, jadi ayahnya menikah lagi dan memiliki tiga anak lagi. Eveline bersekolah di Seatham Secondary School, kemudian masuk ke London School of Economics pada usia 16 tahun dan lulus pada tahun 1920, mendapatkan gelar BS dengan penghargaan kelas satu.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Eveline Richardson bekerja sebagai asisten administrasi di Kementerian Tenaga Kerja Inggris Raya saat menghadiri London School of Economics. Pada tahun 1922 ia menikah dengan Arthur Robert Burns, seorang rekan ekonom. Pada tahun 1926 dia mendapatkan gelar doktor dan dianugerahi Medali Adam Smith untuk penelitian ekonomi yang luar biasa. Pada tahun yang sama, Burns dan suaminya melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dengan beasiswa, dan pada tahun 1928 mereka menerima posisi fakultas di Universitas Columbia di New York City.[2] Mereka menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1937.

Pengalaman Burns dengan Kementerian Tenaga Kerja Inggris dan keahliannya di bidang asuransi sosial membuatnya menjadi pilihan yang jelas untuk Komite Keamanan Ekonomi Presiden Franklin D. Roosevelt, dan Burns memainkan peran penting dalam menyusun Undang-Undang Jaminan Sosial AS tahun 1935. Pada tahun 1936 dia menerbitkan Toward Social Security, panduan penjelasan untuk tindakan yang ditulis untuk khalayak awam. Bakat Burns untuk menerangi mata pelajaran ekonomi yang kompleks sangat membantunya sebagai penulis buku teks. Buku teks terkenalnya, Social Security and Public Policy (1956), menyelidiki faktor-faktor yang terlibat dalam keputusan kebijakan ekonomi melalui analisis komparatif. Sepanjang karirnya, selain mengajar dan menulis buku, Burns menyumbangkan banyak artikel ke jurnal profesional dan menjabat sebagai konsultan di beberapa agen federal. Dia memegang jabatan profesor di Columbia sampai tahun 1967.[3]

Dari 1953–1954 dia adalah wakil presiden dan presiden American Economic Association . Pada tahun 1954 dia dianugerahi Medali Adam Smith untuk penelitian ekonomi yang luar biasa. Pada tahun yang sama dia menerima Guggenheim Fellowship . Antara 1950–1958, dia memegang berbagai jabatan di Konferensi Nasional Kesejahteraan Sosial. Pada tahun 1968 dia diberi Penghargaan Blanche Ittelson.[4]

Selama karirnya ia menerbitkan banyak karya tentang kesejahteraan sosial, yang paling dikenang dari Eveline M. Burns yaitu karena perannya dalam menciptakan kebijakan jaminan sosial AS dan pekerjaannya untuk meningkatkan pemahaman publik tentangnya.[5] Ia meninggal di Rumah Sakit St. Mary di Newton, Pennsylvania. Arthur dan Eveline tidak memiliki anak.

Gagasan[sunting | sunting sumber]

Asuransi sosial[sunting | sunting sumber]

Asuransi sosial adalah program asuransi umum yang memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko ekonomi (misalnya kehilangan pendapatan karena sakit, hari tua, atau menganggur) dan di mana keikutsertaannya bersifat wajib. Asuransi sosial dianggap sebagai salah satu jenis jaminan sosial, dan sebenarnya kedua istilah tersebut terkadang digunakan secara bergantian.

Program asuransi sosial wajib berskala nasional pertama kali didirikan pada tahun Jerman di bawah Kanselir Otto von Bismarck: asuransi kesehatan pada tahun 1883, kompensasi pekerja pada tahun 1884, dan pensiun hari tua dan cacat pada tahun 1889. Britania Raya mengadopsi asuransi kesehatan wajib nasional pada tahun 1911 dan mengembangkannya secara besar-besaran pada tahun 1948. Setelah tahun 1920, asuransi sosial dengan dasar wajib diadopsi dengan cepat di seluruh Eropa dan di Belahan Barat. Amerika Serikat tertinggal dari Eropa sampai tahun 1935, dengan disahkannya Undang-Undang Jaminan Sosial, program asuransi pemerintah secara eksklusif menjadi tanggung jawab pemerintah negara bagian atau lokal. Tiga program asuransi federal yang diadopsi di Amerika Serikat sejak 1935 memberikan tunjangan pensiun dan orang yang selamat, perawatan kesehatan untuk orang di atas 65 tahun, dan asuransi terhadap kecacatan.

Program kesejahteraan sosial[sunting | sunting sumber]

Program kesejahteraan sosial adalah salah satu dari berbagai program pemerintah yang dirancang untuk melindungi warga negara dari risiko ekonomi dan ketidakamanan hidup. Jenis program yang paling umum memberikan tunjangan kepada orang lanjut usia atau pensiunan, orang sakit atau cacat, orang yang masih menjadi tanggungan, ibu, pengangguran, pekerja luka akibat kerja, dan keluarga. Metode pembiayaan dan administrasi serta ruang lingkup pertanggungan dan manfaat sangat bervariasi antar negara.

Undang-undang kesejahteraan sosial modern paling awal diberlakukan di Jerman pada tahun 1880-an. Karena program serupa telah diadopsi di negara lain, kecenderungannya adalah ke arah cakupan yang lebih komprehensif dalam hal persyaratan kelayakan dan sifat risiko yang diasuransikan. Landasan perlindungan minimum telah dipandang sebagai salah satu tanggung jawab umum pemerintah sehubungan dengan risiko tertentu, dan di banyak negara konsensus menyatakan bahwa tanggung jawab publik mencakup semua orang yang tidak mampu merawat diri mereka sendiri karena alasan apa pun. Dalam pandangan ini, kesejahteraan sosial diperluas dan diterima sebagai hak daripada kebutuhan.

Program jenis ini biasanya memberikan cakupan universal, mereka umumnya didanai sebagai program asuransi iuran. Ketentuan time-lock berlaku untuk tunjangan hari tua dan, kurang ketat, untuk manfaat cacat dan ahli waris. Tingkat tunjangan biasanya 30 sampai 60 persen dari gaji pokok. Rencana tersebut dikelola secara nasional.

Program perawatan medis[sunting | sunting sumber]

Program perawatan medis adalah program kesejahteraan dan keamanan yang paling kompleks dan kontroversial. Tunjangan mungkin termasuk ganti rugi untuk upah yang hilang di samping perawatan medis. Cakupan berkisar dari universal hingga hanya mereka yang dipekerjakan oleh pemberi kerja yang berpartisipasi. Pembiayaan mungkin iuran atau pemerintah, tergantung khususnya pada metode penyediaan layanan di negara tertentu. Dengan berbagai tingkat keterlibatan publik dalam penyediaan aktual perawatan kesehatan datang derajat pilihan oleh pasien, keabadian dalam hubungan pasien-dokter, insentif untuk menahan biaya, keteraturan dalam pendapatan dokter, dan kemudahan administrasi.

Program tunjangan pengangguran[sunting | sunting sumber]

Program ini umum terjadi di negara-negara industri, lebih sedikit di negara-negara berkembang. Mereka biasanya memberikan 50 sampai 75 persen dari upah pokok kepada pekerja yang biasanya dipekerjakan dan menjadi pengangguran bukan karena kesalahan mereka sendiri dan yang bersedia dan mampu bekerja. Manfaat diberikan untuk jangka waktu terbatas dan biasanya dibiayai dari pembayaran asuransi wajib yang dilakukan oleh pemberi kerja atau karyawan atau keduanya, terkadang ditambah dengan dana pemerintah.

Tunjangan-tunjangan keluarga[sunting | sunting sumber]

Program ini adalah tunjangan yang diberikan oleh pemerintah kepada keluarga dengan jumlah anak minimum tertentu. Tunjangan mungkin terbuka untuk semua keluarga, dalam hal ini program merupakan langkah menuju pendapatan keluarga yang terjamin, atau dapat diberikan sebagai tambahan untuk bantuan lain, terutama tunjangan pengangguran.

Kompensasi kecelakaan kerja[sunting | sunting sumber]

Kompensasi kecelakaan kerja adalah program kesejahteraan sosial tertua dan paling luas. Program semacam itu biasanya mencakup semua karyawan perusahaan di atas ukuran tertentu dan dibiayai oleh kontribusi pemberi kerja untuk beberapa bentuk program asuransi. Tunjangan termasuk pembayaran medis, pemulihan upah (biasanya dari 50 hingga 75 persen dari upah sebenarnya), ganti rugi khusus untuk cedera tubuh permanen, dan tunjangan kematian. Penerimaan kecelakaan kerja atau tunjangan kompensasi pekerja menghalangi pemulihan kerusakan melalui tuntutan hukum.

Bantuan publik[sunting | sunting sumber]

Bantuan publik adalah program residual yang dirancang untuk memberikan bantuan kepada berbagai kelas orang yang membutuhkan yang tidak tercakup oleh program lain. Kelompok penerima manfaat yang umum termasuk orang lanjut usia yang tidak tercakup oleh program terkait ketenagakerjaan yang disebutkan di atas, orang buta, orang cacat yang tidak tercakup oleh kecelakaan kerja atau program terkait ketenagakerjaan lainnya, dan keluarga miskin dengan tanggungan anak.

Karya[sunting | sunting sumber]

  1. Undang-Undang Jaminan Sosial AS (1935)
  2. Toward Social Security
  3. Social Security and Public Policy (1956)
  4. The American Social Security System[6]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Medali Adam Smith (1954)
  • Guggenheim Fellowship (1954)
  • Blanche Ittelson (1968)
  • Pelopor Jaminan Sosial[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Notable American women : a biographical dictionary completing the twentieth century. Susan Ware, Stacy Lorraine Braukman, Radcliffe Institute for Advanced Study. Cambridge, Mass: Belknap Press. 2004. ISBN 0-674-01488-X. OCLC 56014756. 
  2. ^ "Burns, Eveline". Social Welfare History Project (dalam bahasa Inggris). 2011-01-12. Diakses tanggal 2022-12-29. 
  3. ^ "Eveline M. Burns | American economist and educator | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-29. 
  4. ^ Dictionary of daily life of Indians of the Americas. Newport Beach, Calif.: American Indian Publishers. 1981. ISBN 0-403-09950-1. OCLC 8195064. 
  5. ^ "Eveline M. Burns | American economist and educator | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-28. 
  6. ^ "The American social security system / Eveline M. Burns | OPAC Perpustakaan Nasional RI". opac.perpusnas.go.id. Diakses tanggal 2022-12-31. 
  7. ^ "Social Security History". www.ssa.gov. Diakses tanggal 2022-12-31.