Eutropius (konsul)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Eutropius (†399) merupakan seorang pejabat Romawi Timur pada abad keempat.

Dia memulai kariernya sebagai seorang kasim di istana Theodosius I. Setelah kematian Theodosius pada tahun 395 ia berhasil mengatur pernikahan kaisar baru, Arcadius, dengan Aelia Eudoxia, setelah memblokir upaya oleh kepala menteri Arcadius, Rufinus, untuk menikahkan kaisar muda dan berkemauan lemah dengan putrinya. Setelah pembunuhan Rufinus pada tahun yang sama, Eutropius menjadi penasihat terdekat Arcadius. Kenaikannya ke kekuasaan dibantu oleh kekalahannya dari serangan Hun pada tahun 398. Tahun berikutnya ia menjadi kasim pertama yang ditunjuk sebagai konsul. Tapi musuh-musuhnya Gaïnas, pemimpin tentara bayaran tentara kekaisaran, dan Eudoxia, permaisuri yang dia ciptakan, merekayasa kejatuhannya pada tahun ketika dia menjadi konsul.

Setelah Eutropius jatuh dari kekuasaan, permohonan Yohanes Krisostomus membuatnya tetap hidup untuk waktu yang singkat, dia akhirnya dieksekusi sebelum tahun berakhir.

Selama naik jabatan ke konsul, Eutropius mendapatkan reputasi untuk kekejaman dan keserakahan. Dia mungkin juga telah memainkan peran dalam pembunuhan pendahulunya, Rufinus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Imp. Caesar Flavius Honorius Augustus IV,
Flavius Eutychianus
Konsul Kekaisaran Romawi
399
bersama dengan Flavius Manlius Theodorus
Diteruskan oleh:
Aurelianus,
Stilicho I