Euro Interbank Offered Rate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Euribor)
Nilai Euribor-12 bulan antara tahun 1998

Euribor (Euro Interbank Offered Rate) adalah kurs referensi harian yang mengacu pada rata-rata suku bunga yang ditawarkan oleh bankuntuk dipinjamkan dalam bentuk pinjaman tanpa jaminan kepada bank lainnya pada pasar uang euro (atau pasar uang antar bank).

Ruang lingkup[sunting | sunting sumber]

Kurs suku bunga Euribor digunakan secara luas sebagai suatu kurs referensi untuk suatu instrumen keuangan seperti misalnya pada:

Kurs referensi domestik seperti PIBOR (Paris) atau FIBOR (Frankfurt bergabung pada Euribor sejak penggabungan ekonomi dan moneter dari Uni Eropa pada tanggal 1 Januari 1999

Fitur teknis[sunting | sunting sumber]

Euribor diterbitkan secara tetap oleh European Banking Federation (EBF) setiap harinya sekitar pukul 11:00 siang waktu Central European Time, ang merupakan rata-rata suku bunga deposito antar bank dari beberapa bank terpilih ( saat ini lebih dari 50 bank), untuk jangka waktu pinjaman atara 1 minggu hingga satu tahun.

Kurs Euribor adalah kurs spot, misalnya dengan waktu pelaksanaan 2 hari kerja terhitung sejak saat penutupan transaksi. seperti halnya dengan kurs pasar uang Amerika maka perhitungannya menggunakan sistem perhitungan jumlah hari dalam setahun sama dengan 360 hari.

Kurs tersingkat misalnya dibawah 6 bulan biasanya adalah hampir mendekati cerminan kondisi pasar pada saat itu. Suku bunga pinjaman antar bank ini setiap harinya mengalami perubahan.

Euribor pertama kalinya diperkenalkan pada tanggal 30 Desember 1998 untuk nilai pada tanggal 4 Januar1 1999.

Derivatif berbasis Euribor[sunting | sunting sumber]

Kontrak Euribor[sunting | sunting sumber]

Euronext.liffe adalah kotrak berjangka Euribor yang berdasarkan perhitungan kurs Euribor 3 bulan. Ini adalah termasuk perdagangan favorit pada perdagangan di bursa Chicago Mercantile Exchange .

Interest Rate Swaps[sunting | sunting sumber]

Swap suku bunga yang berbasis Euribor saat ini diperdagangkan pada pasar uang antar bank untuk masa jatuh tempo hingga diatas 50 tahun Suku bunga "Euribor 5 tahun" merujuk pada kurs swap 5 tahun yang dipertukarkan dengan kurs swap Euribor 3bulan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Euribor reference rates are published on the Moneyline Telerate Diarsipkan 2007-08-15 di Wayback Machine. pages 248-249 and 47860-66. Informative historical data can also be found at the Euribor homepage.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Istilah "asing" forward rate agreement ini digunakan pula secara umum oleh lembaga pemerintah seperti misalnya Bank Indonesia dalam peraturannya seperti yang terlihat pada Surat edaran Bank Indonesia tentang petunjuk laporan transaksi derivatif Diarsipkan 2007-09-29 di Wayback Machine.