Euplius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Santo Euplius
Wafat~304 M
Catania
Dihormati diGereja Ortodoks Timur Gereja Katolik Roma
Tempat zairahTrevico
Pesta12 Agustus
PelindungCatania; Trevico; Francavilla di Sicilia

Santo Euplius (Euplus) (bahasa Italia: Sant' Euplo, Sant' Euplio, bahasa Yunani: ἅγιος Εὖπλος) (meninggal sekitar tahun 304 Maseji) merupakan orang yang diangkat menjadi martir dan santo oleh Gereja Ortodoks Timur dan Gereja Katolik. Dengan Santo Agatha, ia merupakan pelindung Catania di Sisilia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Namanya dalam bahasa Yunani artinya "melabuhkan kebaikan" sesuai dengan kata yang tercantum pada teks Kristen Ortodoks untuk menghormatinya .

Passion of Saint Euplius menyatakan bahwa ia adalah seorang deakon dan ia ditangkap karena memiliki dan membaca salinan Alkitab pada masa penganiayaan Diokletianus. Ia sebelumnya menghadap gubernur kota tersebut, Calvinianus (Calvinian), yang meminta santo tersebut membacakan kutipan dari buku tersebut. Ia kemudian disiksa dan dipenggal.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Ia juga merupakan santo pelindung Francavilla di Sicilia dan Trevico. Reruntuhan gereja lama Santo Euplius terletak di Catania dekat Piazza Stesicoro. Situs perkotaan tersebut merupakan tempat kemartirannya. Hari perayaannya adalah 12 Agustus.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]