Eunike Stephanie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Eunike Stephanie
LahirEunike Stephanie Sastrawidjaja
18 November 1985
Tangerang
PekerjaanPenulis Lagu, Penyanyi
Suami/istriRico Vercia
Anak1
Orang tuaIr. Tonny Kustedjo Sastrawidjaja Lena Winata
Karier musik
InstrumenPiano, Electone
Tahun aktif2003-sekarang


Eunike Stephanie Sastrawidjaja (atau Eunike Vercia; lahir 18 November 1985) merupakan seorang penulis lagu dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Eunike mengawali kariernya di industri musik setelah mengikuti berbagai kompetisi cipta lagu, salah satunya yaitu Cilapop; sebuah ajang lomba cipta lagu populer yang ditayangkan di televisi pada tahun 2005.

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Eunike berhasil memenangkan kompetisi membuat video yang diselenggarakan oleh British Council.[1] Atas kemenangannya, ia berkesempatan untuk mengikuti program ke Inggris selama 14 hari. Di sana ia mengikuti lokakarya musik di Dudley College UK, di mana untuk pertama kalinya Eunike merekam karya lagunya sendiri secara profesional. Perjalanan tersebut akhirnya menginspirasi Eunike untuk memperdalam minatnya pada dunia musik. Setelah kepulangannya, melalui jalur independen Eunike memproduksi album musik pertamanya yang berjudul A Fulfilled Dream.

Di umurnya yang masih belia, ia juga mengikuti berbagai kompetisi menyanyi dan penciptaan lagu. Eunike semakin mengembangkan kariernya di industri musik setelah menjadi finalis lomba cipta lagu bertajuk Persembahan Cipta Lagu Untukmu Ibu yang diadakan Prenagen dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional. Kompetisi tersebut ditayangkan di stasiun televisi Indosiar pada 22 Desember 2004.

Tahun berikutnya, Eunike yang baru menginjak usia 20 tahun berhasil menjadi finalis dari Lomba Cipta Lagu Populer (Cilapop). Pada kompetisi yang ditayangkan oleh TV 7 (kini Trans 7) tersebut, ia menciptakan lagu berjudul Bila Esok Tak Kembali.[2] Dari 30.000 lagu yang dilombakan, lagu tersebut membawa Eunike menjadi salah satu dari 10 finalis teratas. Lagu Bila Esok Tak Kembali juga turut dibawakan oleh deretan penyanyi terkenal seperti grup musik Tangga, Yana Julio, dan Ressa Herlambang, dengan aransemen musik yg berbeda oleh Tohpati. Setelah kompetisi tersebut berakhir, karya lagunya diterbitkan pada album kompilasi Cilapop yang diproduksi oleh Sony BMG Music Entertainment Indonesia.[3]

Pada tahun 2008, Eunike kembali terpilih menjadi salah satu finalis kompetisi cipta lagu pada Seleksi Nasional Karya Cipta ASEAN Anthem.[4] Lagu ciptaannya terpilih menjadi salah satu dari 20 karya lagu terbaik yang mewakili Indonesia pada Kompetisi Karya Cipta ASEAN Anthem di Bangkok, Thailand.

Eunike sempat menjalani profesi sebagai dosen pengajar di jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan dari tahun 2009 hingga 2014. Kini, ia berfokus meniti kariernya sebagai penulis lagu. Eunike juga tengah sibuk dalam mempersiapkan album keduanya.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Eunike merupakan putri pertama dari pasangan Ir. Tonny Kustedjo Sastrawidjaja dan Lena Winata. Semasa muda, ayahnya merupakan seorang pemain musik dan ibunya juga aktif menjadi penyanyi di gereja. Dari sinilah Eunike mewarisi bakat bermusiknya. Selain itu, sejak usia 5 tahun, Eunike telah mengikuti kursus alat musik piano electone di Yamaha Music School. Adapun ia menulis lagu pertamanya saat ia berumur 13 tahun.

Semasa sekolah, Eunike telah dikenal sebagai murid berpresetasi baik di bidang akademis maupun non-akademis. Ia berhasil mendapat beasiswa sejak ia duduk di bangku sekolah dasar hingga program sarjana di Universitas Pelita Harapan. Kemudian ia juga berhasil menyelesaikan program pascasarjana di UPH dengan predikat lulusan terbaik.

Pada tahun 2011, Eunike menikah dengan seorang pebisnis bernama Rico Vercia. Kini, pasangan tersebut telah dikaruniai seorang anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "JP/Jakarta students win tickets to UK". Jawawa. 10 Maret 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-20. Diakses tanggal 20 September 2019. 
  2. ^ Cilapop, diakses tanggal 2019-09-21 
  3. ^ "Cilapop : cipta lagu populer". onesearch.id. 2005. Diakses tanggal 2019-09-20. 
  4. ^ "Kementerian Luar Negeri Indonesia - Seleksi Nasional Karya Cipta ASEAN Anthem (Lagu ASEAN)". ex.kemlu.go.id. Diakses tanggal 2019-09-20. [pranala nonaktif permanen]