Melayu Myanmar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Etnis Melayu Burma)
Melayu Burma
Melayu Myanmar
ملايو ميانمار
ပသျှူးလူမျိုး
พม่าเชื้อสายมลายู
Kelompok etnis Melayu Burma pada tahun 1950.
Jumlah populasi
27,000
Daerah dengan populasi signifikan
Tanintharyi (terutama di Distrik Kawthaung)
Bahasa
Melayu · Thai · Myanmar
Agama
Sunni Islam
Kelompok etnik terkait
Suku Melayu dan Melayu-Thai

Etnis Melayu Burma (Melayu: Melayu Myanmar; Jawi: ملايو ميانمار; Burma: ပသျှူးလူမျိုး, Pashu[1]) terutama tinggal di wilayah Tanintharyi di bagian selatan Myanmar.

Pulau paling selatan di Kepulauan Mergui (juga Kepulauan Myeik) merupakan rumah bagi orang Moken, etnis minoritas nomaden yang memiliki relasi dengan orang Melayu. Ada juga beberapa Muslim Melayu dan Melayu terkait sebaran dari negara-negara bagian paling utara Malaysia dan Thailand bagian selatan. Beberapa orang Moken dan Muslim di pulau-pulau paling selatan ini berbicara menggunakan dialek Melayu. Suku Melayu yang ada di Myanmar diyakini keturunan Melayu Kedahan, meskipun Hikayat Merong Mahawangsa tidak menyebutkan apa pun tentang Kepulauan Mergui.

Pada tahun 1865, sebuah kelompok Arab-Melayu yang dipimpin oleh Nayuda Ahmed, yang melakukan perjalanan dan mengumpulkan hasil laut di sekitar Kepulauan Mergui menetap di Victoria Point Bay—yang sekarang terletak di Kawthaung modern. Orang Melayu Burma umumnya tinggal di Kotapraja Bokpyin dan beberapa pulau di bagian selatan Kepulauan Mergui.

Pengaruh Melayu jelas terlihat dalam nama-nama pemukiman tertentu di dekat Kawthaung—kata kampong, ulu, telok, tengah, dan pulau (kata-kata Melayu untuk desa, terpencil, teluk, tengah dan pulau) masing-masing muncul dalam beberapa nama pemukiman.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]