Esymun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Eshmun)

Esymun, juga dieja Eshmun (bahasa Fenisia: 𐤀𐤔𐤌𐤍, translit. ʾšmn; bahasa Akkadia: 𒅀𒋢𒈬𒉡, translit. Yasumunu) merupakan salah satu nama dewa.[1][2] Ia merupakan dewa yang berasal dari daerah Fenisia.[2] Dalam mitologi Fenisia, ia mempunyai pasangan yaitu seorang dewi yang bernama Astarte.[1] Esymun dan Astarte merupakan ayah dan ibu dari para dewa dan dewi dalam mitologi Fenisia.[1] Esyum dalam mitologi Fenisia dikenal sebagai dewa kesehatan.[2] Pada abad ke 8 Sebelum Masehi, kultus dari Esymun telah dibuktikan ada di daerah Suriah, Palestina, Cyprus, dan Mesir.[2] Nama Esymun juga dikaitkan dengan suatu cabang dari Semit yang menunjuk pada kegemukan dan kesehatan.[2] Esymun juga disebut sebagai dewa yang dapat menyembuhkan segala penyakit.[2] Hal ini menyebabkan Esymun dikaitkan dengan beberapa dewa, seperti Asklepios, Esarhadon, dan dewa-dewa lainnya yang mempunyai ciri yang sama dengan Esymun.[2] Esymun juga termasuk dalam ciri dewa yaitu androgynous.[1] Dalam kekristenan, Esyum juga dikaitkan dengan dewa yang bernama Asima, yang merupakan dewa pendatang dari Hamat.[2] Hal ini ditunjukkan dalam 2 Raja-raja 17:30.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Gertrude Jobes. 1962. Dictionary of Mythology Folklore and Symbols. New York: The Scarecrow press. Hlm 525.
  2. ^ a b c d e f g h i (Inggris) Karel Van Der Toorn et.all. 1999. Dictionary of Deities and Demons in the Bible. Hlm 306-309.