Es kopi susu kekinian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Es kopi susu kekinian di Yogyakarta, Indonesia.

Es kopi susu kekinian (kadang disebut es kopi susu gula aren) adalah istilah untuk mencakup jenis racikan kopi yang mengandung susu dan gula aren. Racikan ini umumnya disajikan dingin dengan es dalam kemasan gelas plastik bertutup. Perbedaan mendasar antara kopi susu kekinian dan kopi susu tradisional ada pada penggunaan susunya. Kopi susu biasa umumnya menggunakan campuran antara kopi dan susu kental manis, sedangkan kopi susu kekinian mengganti susu kental manis dengan susu segar dan gula aren. Jenis kopi ini merajalela dari mulanya di kafe-kafe hingga kini juga ke kedai-kedai kecil dan gerobak. Es kopi susu kekinian dianggap sebagai produk kopi susu yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kopi susu lain seperti kapucino yang disajikan dengan gelas kaca di kafe-kafe. Satu gelas es kopi susu kekinian umumnya dibanderol Rp10.000 hingga Rp20.000.[1][2] [3]

Es kopi susu kekinian akan diberi nama yang unik dan berbeda pada setiap kedai kopi. Sebagai contoh, Kopi Tuku, salah satu pelopor es kopi susu kekinian, menamai versi es kopi susu kekiniannya dengan nama kopi susu tetangga, sedangkan Kopi Kenangan menjual versi es kopi susu kekiniannya dengan nama kopi kenangan mantan.[4][5]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Resep Es Kopi Susu Kekinian yang Menyegarkan". Sasame Coffee. Diakses tanggal 2019-12-20. 
  2. ^ Liputan6.com (2019-10-05). "Cerita Akhir Pekan: Asal-usul Kopi Susu Kekinian". liputan6.com. Diakses tanggal 2019-12-20. 
  3. ^ Rahmawati, Andi Annisa Dwi. "Netizen Ramai Bagikan Resep Es Kopi Susu Kekinian yang Murah Meriah". detikfood. Diakses tanggal 2019-12-20. 
  4. ^ Wulandari, Asri. "Racikan Legit Kopi Susu Kekinian". gaya hidup (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-20. 
  5. ^ "9 Es Kopi Susu di Bawah Rp 20 Ribu Jadi Penyelamat di Tanggal Tua". kumparan. Diakses tanggal 2019-12-20.