Ernie Pyle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ernie Pyle (lahir 3 Agustus, 1990 di Dana, Indiana, Amerika Serikat dengan nama lengkap Ernest Taylor Pyle) adalah jurnalis asal Amerika Serikat yang terkenal karena karyanya saat Perang Dunia Kedua.[1] Ia memulai kariernya sebagai jurnalis di koran lokal Indiana bernama LaPorte Herald. Sebelumnya ia mengenyam pendidikan jurnalistik di Universitas Indiana tapi tidak menyelesaikan kuliahnya.

Karier Ernie sebagai wartawan perang dimulai dari ketika Amerika mulai berperang pada tahun 1941.[2] Karyanya yang berhasil membuatnya mendapatkan penghargaan Pulitzer adalah kolom yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari tentara Perang Dunia II. Ini merupakan hasil liputannya mengikuti para tentara di Afrika Utara, Italia dan Prancis. Film G.I. Joe (dirilis tahun 1945) adalah film yang menceritakan tentang liputan Ernie di Italia.[3]

Tahun 1945, Ernie Pyle ditugaskan meliput Perang Dunia Kedua bagian Pasifik. Ia meninggal pada tahun yang sama akibat dari tembakan penembak jitu Jepang di pulau Ie Shima, Jepang. Semasa menjadi wartawan, ia mengisi banyak kolom dengan pencapaian tulisannya dimuat di lebih dari 200 koran sebelum Perang Dunia Kedua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Journalism, Indiana University School of. "Wartime Columns » Ernie Pyle" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03. 
  2. ^ "Ernie Pyle" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03. 
  3. ^ "Ernie Pyle | American journalist". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03.