Ernesto Cardenal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ernesto Cardenal pada 3rd annual International Poetry Festival di Granada, Nicaragua.

Ernesto Cardenal Martínez (lahir 20 Januari 1925; umur 92 tahun) adalah seorang imam Katolik dan merupakan salah seorang teolog pembebasan yang paling terkenal dari Revolusi Nikaragua. Ia juga terkenal sebagai penyair dan hingga kini ia masih aktif menulis. Ia mendirikan komunitas seni primitivis di Kepulauan Solentiname.

Cardenal yang dilahirkan dalam sebuah keluarga kaya di Granada, Nikaragua, pertama-tama belajar sastra di Managua dan sejak 1942 hingga 1946 di Meksiko. Belakangan, dari 1947 hingga 1949, ia melanjutkan belajarnya di New York dan melakukan perjalanan ke Italia, Spanyol dan Swiss antara 1949 dan 1950.

Pada Juli 1950, ia kembali ke Nikaragua, dan pada 1954 ia ikut serta dalam "Revolusi April" melawan rezim Anastasio Somoza García. Kudeta itu gagal dan berakhir dengan kematian banyak dari kamerad dan teman-temannya. Ernesto Cardenal memutuskan untuk masuk ke Biara Trappis di Gethsemani (Kentucky, Amerika Serikat), namun pada 1959 ia berangkat untuk belajar teologi di Cuernavaca, Meksiko.

Cardenal ditahbiskan menjadi seorang imam Katolik pada 1965 di Managua. Ia pergi ke Kepulauan Solentiname dan di sana ia mendirikan sebuah komunitas Kristen, hampir seperti biara, yang akhirnya terbentuk sebagai koloni seniman. Di situlah bukunya yang terkenal El Evangelio de Solentiname ("Injil dari Solentiname") ditulis. Cardenal bekerja sama erat dengan Front Pembebasan Nasional Sandinista, berjuang dalam melawan rezim Anastasio Somoza Debayle. Pada 19 Juli 1979, hari kemenangan Revolusi Nikaragua, ia diangkat menjadi Menteri Kebudayaan oleh pemerintahan Sandinista yang baru. Ia menduduki jabatan ini hingga 1987, ketika departemennya ditutup karena alasan-alasan ekonomi. Ketika Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Nikaragua pada 1983, dengan terbuka Sri Paus memaki Cardenal, yang berlutut di hadapannya di landasan bandara Managua, karena melawan perintahnya untuk mengundurkan diri dari pemerintahan.

Ernesto Cardenal menerima Hadiah Perdamaian Pameran Buku Jerman pada 1980.

Cardenal meninggalkan FSLN pada 1994, sebagai protesnya terhadap arah partai itu yang dianggapnya otoriter, di bawah pimpinan Daniel Ortega namun ia tetap mempertahankan keyakinan-keyakinan politiknya. Ia menjadi anggota dari dewan penasihat dari stasiun TV yang baru saja diluncurkan, TeleSUR.

Pada Mei 2005 Cardenal dicalonkan untuk mendapatkan Penghargaan Nobel dalam Sastra.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Puisi[sunting | sunting sumber]

  • On Lake Nicaragua (Di Danau Nikaragua)
  • "Like Empty Beer Cans" (Bagaikan kaleng-kaleng bir yang kosong)
  • "Oración Por Marilyn Monroe" (Doa untuk Marilyn Monroe)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]