Erik Satrya Wardhana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Erik Satrya Wardhana adalah politikus yang merupakan Ketua DPP Partai Hanura. Di legislatif, ia merupakan Wakil Ketua Komisi VI DPR, dari fraksi Hanura. Berkat pengaruh ayahnya yang juga merupakan politikus, Erik tercatat sebagai satu-satunya anak SMP yang pada tahun 1978 berani melakukan demonstrasi.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Erik aktif menjadi salah seorang pengurus Partai Golkar pada tahun 1993 sampai dengan 1998. Pada tahun 1997 ia sempat menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat tetapi tidak terlalu lama karena adanya reformasi saat itu. Selain berkiprah dalam dunia politik Erik juga pernah bekerja sebagai pegawai Bank Bukopin yang menjabat sebagai Bank Officer. Dan merupakan seorang peneliti, yang pernah meneliti dan mempelajari mengenai kasus Timor-Timur sebelum masuk dalam lembaga IDI (Institue of Democracy for Indonesia).

Ia vakum dari dunia politik pada tahun 2004 sampai 2006, dan kemudian bergabung dengan Partai Hanura. Pada tahun 2009, Erik mencalonkan diri sebagai calon legislatif Dapil III Jawa Barat. Dia terpilih menjadi anggota DPR RI di bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan Komisi IV. Ketertarikannya pada bidang pertanian membuatnya sangat kritis terhadap kebijakan yang berlawanan dengan kepentingan rakyat.

Referensi[sunting | sunting sumber]