Ercole II d'Este

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ercole II d'Este
Adipati Ferrara, Modena dan Reggio
PasanganRenée dari Prancis
Anak
Anna, Adipatni Guise
Alfonso II, Adipati Ferrara
Lucrezia d'Este
Eleonora d'Este
Luigi d'Este
Keluarga bangsawanEste
BapakAlfonso I d'Este
IbuLucrezia Borgia
Lahir5 April 1508
Meninggal3 Oktober 1559 (usia 51)
Ferrara

Ercole II d'Este (5 April 1508 – 3 Juli 1559) merupakan seorang Adipati Ferrara, Modena dan Reggio dari tahun 1534 hingga 1559. Dia adalah putra tertua Alfonso I d'Este dan Lucrezia Borgia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Melalui ibundanya, Ercole adalah cucu Paus Aleksander VI, keponakan Cesare Borgia, dan sepupu Santo Francisco Borgia. Melalui ayahandanya, dia adalah keponakan dari Isabella d'Este, "Ibu Negara Renaisans", dan Kardinal Ippolito d'Este. Saudara-saudaranya termasuk Ippolito II, Uskup Agung Milan dan kemudian Kardinal, suster Leonora, dan Francesco, Marchese di Massalombarda. Saudara tirinya termasuk Rodrigo Borgia dari Aragon, putra Lucrezia oleh Alfonso dari Aragon, Adipati Bisceglie, dan mungkin Giovanni Borgia, "infans Romanus".

Pada bulan April 1528, ia menikahi Renée dari Prancis, putri kedua Louis XII, Raja Prancis, dan Anna dari Bretagne. Renée menerima dari François I dari Prancis sebuah mahar dan anuitas yang banyak. Karena itu, istana yang dia dirikan di Ferrara berhubungan dengan tradisi yang diperlukan oleh sains dan seni secara implisit, termasuk para sarjana seperti Bernardo Tasso dan Fulvio Pellegrini Morato. Anak pertama mereka, Anna, lahir pada tahun 1531, yang menikah dengan François, Duke of Guise, diikuti oleh Alfonso pada tahun 1533; Lucrezia pada tahun 1535, yang menikah dengan Adipati Urbino Francesco Maria II della Rovere; dan kemudian Eleonora dan Luigi, yang pendidikannya dia pantau dengan hati-hati.

Begitu dia menjadi Adipati pada bulan Oktober 1534, Ercole berbalik melawan Prancis di istananya, menemukan mereka berdua terlalu mahal dan terlalu berpengaruh, dan pada tahun 1543 mereka semua telah dipecat. Dia juga di bawah tekanan dari Kuria untuk memecat mereka yang dicurigai sebagai pengajar sesat; Yohanes Calvin sendiri berada di Ferrara sekitar tahun 1536. Sementara itu, Adipatni Renée berhubungan dengan sejumlah Protestan dan dicurigai telah dikonversi, meskipun ada pengadilan khusus Inkuisisi di Ferrara. Ercole membawa tuduhan bidat terhadap istrinya kepada Raja Henry II dari Prancis dan Inkuisitor Oriz pada tahun 1554, dan dia kemudian mengaku.

Ercole memihak Paus Paulus IV dan Prancis melawan Spanyol pada tahun 1556, tetapi membuat perjanjian damai terpisah pada tahun 1558. Dia juga seorang pelindung seni bersama dengan saudaranya, Kardinal Ippolito, yang membangun Villa d'Este dekat Tivoli.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Leluhur Ercole II dalam tiga generasi
Ercole II d'Este Ayahanda:

Alfonso I d'Este
Kakek paternal:

Ercole d'Este I
Kakek buyut paternal:

Niccolò III d'Este
Nenek buyut paternal:

Ricciarda da Saluzzo
Nenek paternal:

Eleonora dari Napoli
Kakek moyang Paternal:

Ferrante I dari Napoli
Nenek moyang paternal:

Isabella dari Clermont
Ibunda:

Lucrezia Borgia
Kakek maternal:

Paus Alexander VI
Kakek moyang maternal:

Joffre de Borja y Doms
Nenek moyang maternal:

Isabella de Borja
Nenek maternal:

Vannozza Cattanei
Kakek buyut maternal:

Jacopo Pinctoris
Nenek buyut maternal:

Mencia Pinctoris

Pranala luar[sunting | sunting sumber]