Erbis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Erbis
Badea.jpg
Buah erbis dibelah dua
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Tumbuhan
Divisi: Tumbuhan berbunga
Kelas: Tumbuhan berbiji belah
Subkelas: Rosidae
Ordo: Malpighiales
Genus: Passiflora
Nama binomial
Passiflora quadrangularis

Erbis atau markisa jumbo (bahasa Latin: Passiflora guadrangularis) adalah spesies tanaman dari keluarga Passifloraceae. Tanaman ini menghasilkan buah berukuran terbesar dibandingkan tanaman dari genus Passiflora yang lainnya.[1] Tumbuhan merambat yang termasuk tanaman semak ini berasal dari wilayah neotropis.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pohon erbis termasuk tanaman semak yang hidupnya merambat. Karenanya tanaman ini memiliki batang yang kecil, panjang, dan tidak kaku. Berbeda dari bentuk batang tanaman pada umumnya, pohon erbis batangnya segi empat. Pada bagian batang erbis terdapat daun dan bunga, selain itu tumbuh sulur berbentuk spiral. Buah erbis berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 20 cm. Diameternya sekitar 15 cm, sedangkan beratnya 3–5 kg. Sehingga erbis disebut markisa raksasa. Buah erbis berongga yang dalam rongganya memiliki banyak biji, sama seperti buah markisa pada umumnya.[2]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Buah erbis yang sudah matang, harum baunya dan enak rasanya. Buah erbis jarang dimakan langsung.[2] Biasanya daging buah erbis yang sudah dipotong-potong dicampur dengan sirup dan es untuk dijadikan es buah atau jus.[3] Teh dari daun erbis dimanfaatkan sebagai obat tekanan darah tinggi dan kencing manis.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boning, Charles R. (2006). Florida's Best Fruiting Plants: Native and Exotic Trees, Shrubs, and Vines. Sarasota, Florida: Pineapple Press, Inc. hlm. 169. 
  2. ^ a b  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Granadilla". Encyclopædia Britannica. 12 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 336. 
  3. ^ "Ayurvedic Plants of Sri Lanka: Plants Details". www.instituteofayurveda.org. Diakses tanggal 2018-12-13. 
  4. ^ Mendes (1986), hal. 10.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Mendes, John. (1986). Cote ce Cote la: Trinidad & Tobago Dictionary. Arima, Trinidad.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]