Erastus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Erastus (bahasa Yunani: Ἔραστος, Erastos), juga dikenal sebagai Erastus dari Paneas, adalah seorang tokoh dalam Perjanjian Baru. Menurut Surat Paulus kepada Jemaat di Roma, Erastus adalah seorang pegawai (bahasa Yunani: οἰκονόμος, oikonomos) di Korintus, sebuah jabatan politik dari status pemerintahan tinggi. Kata tersebut memiliki arti "pengurus rumah tangga atau urusan luar tangga" atau dalam konteks ini, "bendahara";[1] King James Version memakai terjemahan "pengurus rumah tangga raja" (chamberlain), sementara New International Version memakai terjemahan "direktur pekerjaan masyarakat" (director of public works). Seorang tokoh bernama Erastus juga disebutkan dalam 2 Timotius dan Kisah Para Rasul, dan orang yang disebutkan tersebut biasanya dianggap sebagai orang yang sama.

Menurut tradisi Gereja Ortodoks, Erastus adalah salah satu dari tujuh puluh murid. Ia menjabat sebagai deakon dan pengabdi Gereja di Yerusalem dan kemudian Paneas di Palestina. Gereja tersebut memperingati St. Erastus pada 4 Januari sebagai salah satu dari tujuh puluh murid, dan pada 10 November.

Ayat relevan[sunting | sunting sumber]

Lalu ia menyuruh dua orang pembantunya, yaitu Timotius dan Erastus, mendahuluinya ke Makedonia, tetapi ia sendiri tinggal beberapa lama lagi di Asia.

Salam kepada kamu dari Gayus, yang memberi tumpangan kepadaku, dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara negeri, dan dari Kwartus, saudara kita.

Erastus tinggal di Korintus dan Trofimus kutinggalkan dalam keadaan sakit di Miletus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "οἰκονόμος" [Steward]. Blue Letter Bible -Lexicon. Diakses tanggal 18 May 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]