Epistates

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Epistates (bahasa Yunani: ἐπιστάτης, plural ἐπιστάται, epistatai) di era Yunani kuno adalah seorang inspektur atau pengawas. Di kerajaan Helenistik seorang epistat pada umumnya selalu terhubung dengan distrik subjek (majelis regional), di mana epistat sebagai perwakilan raja, melakukan tugas kontrol dan mengumpulkan pajak.

Dalam kemiliteran[sunting | sunting sumber]

Seorang epistat dalam teks militer adalah orang yang ada di belakang protostates (orang yang berdiri terlebih dahulu). Dalam formasi falangs, terdiri dari barisan alternatif protostate dan epistate. Dengan demikian, dalam barisan 8 orang, para protostate adalah orang-orang di posisi 1,3,5, dan 7, sedangkan para epistat di posisi 2,4,6, dan 8.[1][2]

Dalam Perjanjian Baru[sunting | sunting sumber]

Kata epistates juga digunakan dalam Bahasa Yunani Koine dan dalam Perjanjian Baru bahasa Yunani untuk merujuk pada Kristus. Kata ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai 'tuan', namun sebenarnya itu adalah terjemahan yang disederhanakan. Kata itu mungkin lebih mudah dipahami sebagai kumpulan kata-kata Yunani yang berarti pengunjung atau kunjungan ilahi (episkop), surat instruksi (epistole), serta wali atau pengasuh (episkopos), di mana kata itu kemudian diterjemahkan menjadi uskup. Lihat Lukas 5: 5 untuk contoh penggunaan tekstur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Asclepiodotus, Tactica, 2.3
  2. ^ Arr.Tact.6.6