Efesia Grammata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ephesia Grammata)

Efesia Grammata (Yunani: Ἐφέσια Γράμματα, artinya "kata-kata Efesus") adalah rumus ajaib Yunani Kuno yang telah terbukti dari abad ke-5 atau ke-4 SM. Menurut leksikografer Pausanias (Eust. Iklan. 20, 247, p. & Np; 1864), nama mereka berasal dari wujud mereka yang ada pada kultus Artemis di Efesus. Klemens dari Aleksandria menganggap mereka sebagai penemuan dari Daktyloi.

Mirip dengan mantra di Buddhisme dan Hindu, Efesia Grammata adalah "kata-kata yang tidak berarti" (ἄσημα ὀνόματα), tetapi ampuh untuk melindungi mereka yang dapat mengucapkannya dengan benar, kekuatan "kata-kata" itu berada dalam suara mereka, sehingga tidak akan berfungsi jika salah dalam mengucapkannya. Plutarch (Quaest. Conv. 706D) melaporkan bahwa Majus memerintahkan para korban kerasukan setan untuk membaca Efesia Grammata.

Dalam komedi abad ke-4 Lyropoios karya Anaxilas, salah satu karakter membawa Efesia Grammata yang tertulis di ikat pinggangnya.[1]

Efesia Grammata yang paling terkenal adalah kelompok enam kata:

ΑΣΚΙ(ΟΝ) ΚΑΤΑΣΚΙ(ΟΝ) ΛΙΞ ΤΕΤΡΑΞ ΔΑΜΝΑΜΕΝΕΥΣ ΑΙΣΙΟΝ (atau ΑΙΣΙΑ)
aski(on) kataski(on) lix tetrax damnameneus aision (aisia)

Versi kata-kata ini tampaknya dibuktikan dengan prasasti yang rusak dari Himera, Sisilia, yang harus sudah ada sebelum kehancuran kota Kartago pada tahun 409 SM.[2] Bukti epigrafi paling awal berikutnya untuk formula versi tersebut datang dari abad ke-4 SM, dan terus muncul kembali di papirus ajaib sepanjang periode Helenistik. Kata-kata terkadang muncul dalam varian yang sangat berbeda, misalnya seperti yang pada sebuah tablet utama Phalasarna, Kreta tertulis:

ασκι κατασκι αασιαν ενδασιαν
aski kataski aasian endasian

Ada berbagai upaya oleh penulis kuno untuk memahami kata-katanya. Damnameneus ditafsirkan sebagai nama Dactyl. Androcydes mengusulkan interpretasi sebagai simbol filosofis (Clement, Stromata 5, 8, 45, 2): aski ({ἄσκιον "tanpa bayangan") = "kegelapan", kataski (κατάσκιον "seperti bayangan") = "kecerahan" (cerah, diperlukan untuk membuat bayangan), lix (Hsch.: "λίξ: πλάγιος, καὶ λίθος πλατύς") adalah istilah kuno yang berarti "Bumi", dan tetrax (τετραξός "empat kali lipat") = tahun (empat musim), Damnameneus = "Matahari" dan aisia (αἴσιος "benar, cocok, keberuntungan") = Logos.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apud Athenaeus, Deipnosophistes 12:548c.
  2. ^ Jordan, David (2000). "Ephesia Grammata at Himera" (PDF). Zeitschrift für Papyrologie und Epigraphik. 130: 104–107. Diakses tanggal 2006-12-13.