Eosin metilena biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
E. coli pada EMB agar

Eosin metilena biru (EMB, juga dikenal sebagai Formulasi Levine) adalah media tanam selektif bakteri Gram-negatif.[1] EMB mengandung prwarna yang toksik terhadap bakteri Gram-positif. EMB adalah media selektif dan diferensial untuk bakteri koliform. Media ini merupakan campuran dua zat pewarna, eosin dan metilena biru dengan perbandingan 6:1. EMB menghambat bakteri Gram-positif dan menghasilkan warna yang membedakan organisme yang dapat memfermentasi laktosa (contoh E. coli) dan yang tidak (e.g., Salmonella, Shigella).[2] Organisme yang memfermentasi laktosa menghasilkan koloni dengan kilap logam dan inti yang berwarna gelap.[3]

Media ini penting dalam laboratorium medis karena dapat membedakan mikroba patogen dalam waktu singkat.[4]

  • Fermentasi laktosa yang cepat menghasilkan asam akan menurunkan pH. Sehingga mendorong penyerapan zat warna yang bersifat basa oleh koloni, yang jadi berwarna ungu kehitaman.
  • Non-fermentor laktosa dapat menaikkan pH melalui deaminasi protein. Membuat pewarna tidak terserap dan koloni jadi tidak berwarna.

Pada EMB jika E. coli ditanam, akan memberikan kilau hijau metalik yang khas (karena sifat metakromatik dari pewarna, pergerakan E. coli dengan flagelanya, dan produk akhir fermentasi asam kuat. Beberapa spesies Citrobacter dan Enterobacter juga akan bereaksi demikian pada EMB.[5]

EMB mengandung bahan-bahan berikut: pepton (sumber nitrogen), laktosa dan/ sukrosa (sumber karbohidrat), dikalium fosfat (sumber elektrolit dan penyangga pH), eosin Y (pewarna), metilena biru (pewarna), dan agar-agar (pemadat).

Ada juga EMB yang tidak mengandung laktosa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Levine, M (1918). "Differentiation of B. coli and B. aerogenes on a simplified eosin-methylene blue agar". J Infect Dis. 23: 43–47. doi:10.1086/infdis/23.1.43. 
  2. ^ ""Biochemical Tests Explanation"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-15. Diakses tanggal 2008-12-24. 
  3. ^ "Differential Media (Levine's Formulation)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-11. Diakses tanggal 2008-12-24. 
  4. ^ Bachoon, Dave S., and Wendy A. Dustman. Microbiology Laboratory Manual. Ed. Michael Stranz. Mason, OH: Cengage Learning, 2008. Exercise 8, "Selective and Differential Media for Isolation" Print.
  5. ^ "EMB Agar Growth Examples". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-22. Diakses tanggal 2008-12-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]