Entrepreneurs' Organization

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Entrepreneurs' Organization (EO) adalah organisasi peer-to-peer network yang berpusat di Amerika. EO merupakan organisasi global non-profit yang telah berdiri sejak tahun 1987 yang hingga saat ini memiliki lebih dari 13.000+ anggota di seluruh dunia, 173 chapter dari 54 negara.[1]

Visi EO adalah untuk membentuk komunitas / perkumpulan wirausaha paling berpengaruh di dunia. Misi EO adalah melibatkan wirausahawan terkemuka untuk belajar dan berkembang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987, 22 pengusaha muda menciptakan sebuah organisasi yang tujuannya dinyatakan sebagai "untuk memberikan pembelajaran dan kesempatan jaringan network bagi anggotanya". The Young Entrepreneurs 'Organization (YEO) berkembang di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Dalam beberapa tahun, keanggotaan tumbuh untuk memasukkan bab-bab di Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Pada tahun 1996, YEO membantu menciptakan World Entrepreneurs ’Organization (WEO), yang berfungsi sebagai organisasi alumni untuk anggota YEO yang, setelah usia 40 tahun, ingin melanjutkan keterlibatan mereka dalam organisasi keanggotaan wirausaha. Pada tahun 2005, YEO dan WEO bergabung untuk membentuk Entrepreneurs' Organization (EO) seperti yang dikenal saat ini.[2]

Anggota Pendiri[sunting | sunting sumber]

Verne Harnish adalah pendiri Young Entrepreneurs ’Organization dan merekrut 22 pengusaha sebagai anggota dewan pendiri untuk awalnya mendanai awal organisasi. Kevin Harrigton, dari ketenaran Shark Tank, adalah salah satu anggota dewan pendiri.

Program Tambahan[sunting | sunting sumber]

Entrepreneurs 'Organization menjalankan dua program tambahan: Global Student Entrepreneur Award[3] dan EO Accelerator Program[4].

EO Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) adalah program penghargaan untuk siswa sekolah menengah, sarjana dan pascasarjana yang memiliki dan menjalankan bisnis. EO GSEA beroperasi sebagai serangkaian kompetisi internasional untuk wirausahawan siswa yang menghadiri sekolah menengah atas yang diakui, perguruan tinggi atau universitas, yang memiliki bisnis nirlaba, pada dasarnya bertanggung jawab atas operasinya dan telah menghasilkan pendapatan selama minimum enam bulan berturut-turut.

Chapter Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

EO Indonesia didirikan pada tahun 1998 dan hingga saat ini memiliki 97 member yang rata-rata berumur 38 tahun di wilayah Indonesia bagian Barat (Jakarta dan sekitarnya) dengan total karyawan dari seluruh member lebih dari 99.000+ orang dan pendapatan median para anggota sebesar US$ 10 juta/ tahun.[5]

Indonesia East[sunting | sunting sumber]

EO Indonesia East didirikan pada tahun 2017 dan hingga saat ini memiliki 31 member yang rata-rata berumur 38 tahun di wilayah Indonesia bagian Timur (Surabaya dan sekitarnya) dengan total karyawan dari seluruh member lebih dari 22.000+ orang dan pendapatan median para anggota sebesar US$ 33 juta/ tahun.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Entrepreneurs' Organization — EO is the World's Only Peer-to-peer Network Exclusively for Entrepreneurs". www.eonetwork.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20. 
  2. ^ https://www.eonetwork.org/about/eo-timeline
  3. ^ "GSEA – Global Student Entrepreneur Awards". www.gsea.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20. 
  4. ^ "EO Accelerator — Entrepreneurs' Organization". www.eonetwork.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20. 
  5. ^ "Fact Sheet — EO Indonesia — Entrepreneurs' Organization". www.eonetwork.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20. 
  6. ^ "Fact Sheet — EO Indonesia East — Entrepreneurs' Organization". www.eonetwork.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-20.