Enrique Peñalosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Enrique Peñalosa at the World Urban Forum 3 (WUF3) UN Habitat in Vancouver, Kanada.

Enrique Peñalosa Londoño (lahir di Washington DC, Amerika Serikat) adalah wartawan, politikus, dan mantan wali kota Bogota (Kolombia). Ia menjabat wali kota pada periode 1998–2000. Ia berhasil mengembangkan sistem busway dan menekan kemacetan. Berdasarkan pengalamannya, dengan membaiknya angkutan umum massal dan menyempitnya jalan untuk mobil, masyarakat akan memilih menggunakan sepeda untuk jarak dekat dan angkutan umum untuk jarak jauh.

Di beberapa ruas jalan utama Bogota, Penalosa mengubah 50 persen jalan raya menjadi jalur sepeda dan pejalan kaki. Sistem busway yang diberi nama TransMilenio juga ditingkatkan jumlah dan pelayanannya. Dampaknya, 60 persen penduduk Bogota menggunakan bus, 35 persen menggunakan sepeda, dan 15 persen tetap memakai kendaraan pribadi.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2016, surat kabar El Espectador mengungkapkan Enrique Peñalosa tidak pernah belajar di Universitas Paris II. Yang terakhir ini telah mengklaim selama 35 tahun terakhir, di media dan di beberapa buku-bukunya, ia memperoleh gelar PhD di Administrasi Publik dari Universitas tersebut. Setelah penyelidikan koran, ternyata Namun bahwa Universitas Paris II tidak menawarkan gelar tersebut dalam administrasi publik, dan Enrique Peñalosa adalah auditor (pendengar) hanya di sekolah Prancis lain, International Institute of Public Administration.[1][2][3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "El doctorado de Peñalosa que apareció y luego desapareció". www.semana.com. Diakses tanggal 2016-04-09. 
  2. ^ "El tal doctorado de Peñalosa no existe". ElEspectador. Diakses tanggal 2016-04-09. 
  3. ^ "Enrique Peñalosa has been lying about his doctorate for 35 years". Al Garete. Diakses tanggal 2016-04-10. 
  4. ^ "Cuando Peñalosa se llamó a si mismo doctor – KienyKe". KienyKe (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 2016-04-09.