English Historical Documents

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

English Historical Documents (EHD ) adalah serangkaian publikasi bahan sumber tentang sejarah Inggris oleh penerbit akademis Eyre dan Spottiswoode, yang sekarang menjadi bagian dari Oxford University Press . Beberapa volume kemudian diterbitkan oleh Routledge . Editor umum asli adalah David C. Douglas, profesor sejarah di Universitas Bristol. Publikasi dimulai pada tahun 1953. Setiap volume mencapai sekitar 1000 halaman, dan diedit oleh satu atau lebih otoritas akademik utama dalam periode yang dicakup; beberapa volume sekarang dalam edisi kedua mereka. WorldCat menunjukkan mereka hadir di hampir semua perpustakaan akademik, baik besar maupun kecil.[1] Sumber yang diterbitkan dalam bahasa lain (Prancis, Anglo-Saxon, Old Norse, Latin) diberikan dalam terjemahan bahasa Inggris.

Volume telah ditinjau secara luas, dan dianggap sebagai sumber standar dasar. Setiap volume kronologis terdiri dari pengenalan umum tentang sejarah dan sumber-sumber sejarah untuk periode tersebut, sebuah bibliografi yang luas, dan bagian-bagian (rinciannya bervariasi dengan periode) pada sumber-sumber naratif seperti kronik dan surat kabar, dokumen hukum dan undang-undang, sumber-sumber ekonomi, sumber sastra, dan lampiran peta dan silsilah. Banyak volume berisi ilustrasi.

Seri berisi:

Mereka tersedia secara elektronik dalam berbagai format, termasuk MyiLibrary, Kindle, dan NetLibrary . Penomoran volume pada jilid-jilid selanjutnya bervariasi, dengan mempertimbangkan dua jilid (1558–1603 dan 1603-1660) yang aslinya tidak diterbitkan. Sebuah volume pilihan, Dokumen Sejarah Inggris, 1815–1870, dalam 120 halaman, diterbitkan oleh Methuen Publishing pada tahun 1964, OCLC 62887069.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Douglas, David C; Whitelock, Dorothy; Greenaway, George William; Rothwell, Harry; Myers, A. R; Williams, C. H; Browning, Andrew; Jensen, Merrill; Horn, D. B (April 28, 1953). English historical documents. OCLC 400599 – via Open WorldCat.