Encore (konser)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ancora atau encore adalah permintaan agar artis kembali lagi ke panggung[1] atau pertunjukan tambahan yang diberikan pada akhir sebuah konser karena konser itu mengagumkan[2]; berasal dari bahasa Perancis, encore yang berarti sekali lagi, beberapa lagi. Artis tidak jarang melakukan beberapa kali ancora hingga penonton merasa puas.

Permintaan melakukan encore dilakukan secara spontan oleh penonton. Biasanya penonton terus menerus bertepuk tangan dan menuntut dilakukannya pertunjukan tambahan dari artis meskipun konser sudah berakhir. Artis yang berada di balik panggung sebetulnya sedang menunggu saatnya muncul kembali untuk melakukan encore.

Pada zaman modern, permintaan atau teriakan "Lagi! Lagi! Lagi!!" (Encore! Encore!! Encore!!!) dari penonton adalah sesuatu yang diharapkan-harapkan oleh artis. Sering kali artis sudah merencanakan ancora yang akan mereka mainkan.

Situasi ancora kadang-kadang dibuat karena konser sudah berlangsung terlalu panjang, ada peraturan batas waktu untuk acara keramaian, atau agar penonton mau pulang. Pada umumnya, daftar acara suatu konser yang dibagi-bagikan kepada penonton tidak mencantumkan adanya ancora, meskipun artis itu telah merencanakan adanya ancora.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elson, Louis Charles; Carl Fuchs (2001). Music Dictionary Super Review. Research & Education Association. hlm. 99. 
  2. ^ Banoe, Pono; Carl Fuchs (2003). Kamus musik. Kanisius. hlm. 26.