En finir avec Eddy Bellegueule

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
En finir avec Eddy Bellegueule
PengarangÉdouard Louis
NegaraPrancis
GenreRoman
PenerbitÉditions du Seuil
Halaman220
ISBNISBN 978-2-02-111770-7

En finir avec Eddy Bellegueule adalah sebuah roman Prancis bergenre autobiografi karya Édouard Louis yang diterbitkan oleh Seuil pada Februari 2014.

Struktur dan kisah[sunting | sunting sumber]

Buku ini dipersembahkan untuk Didier Eribon dan merupakan roman pertama Édouard Louis. Roman ini terdiri dari dua bagian, yaitu "Buku I" yang berjudul "Picardie (akhir tahun 1990-an - awal tahun 2000-an)" dan Buku II" yang berjudul "Kegagalan dan Pelarian", yang kemudian diakhiri oleh sebuah epilog.

En finir avec Eddy Bellegueule berkisah tentang masa kecil Eddy Bellegueule (yang merupakan nama lahir sang penulis)[1] di sebuah desa di Picardie. Ia ditolak oleh sebagian orang di desa dan keluarganya sendiri karena pembawaannya yang kemayu. Ia menghadapi penghinaan dan kekerasan di sebuah lingkungan yang tidak menyukai kaum homoseksual. Sang penulis juga menggambarkan kesengsaraan, patriarkisme dan alkoholisme dalam masyarakat desanya yang membuat para perempuan menjadi penjaga kasir setelah menghentikan sekolahnya, sementara para laki-laki masuk ke sekolah yang mempersiapkan mereka sebagai pekerja pabrik. Eddy Bellegueule pada akhirnya menyadari ketertarikannya pada laki-laki dan rasa jijiknya terhadap hubungan heteroseksual, tetapi ia mencoba mengikuti norma yang belaku. Setelah mengakui kegagalannya, ia memutuskan untuk melarikan diri dan masuk ke sekolah menengah atas di Amiens. Di situ ia menemui kelas sosial lain dengan norma yang berbeda.

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Novel ini telah memicu rasa antusias dari media dan kritikus semenjak penerbitannya.[2] Bagi François Busnel, Édouard Louis telah menyumbang terhadap narasi analisis sosial, dan gayanya yang menempatkan dua tingkatan bahasa dalam kalimat yang sama "memperkuat buku ini". Ia menyimpulkan bahwa sang penulis "tidak menghakimi, ia mengungkapkan. Dari situlah ia adalah seorang penulis."[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Isabelle Curtet-Poulner (15 février 2014). "En finir avec Eddy Bellegueule: chronique de la haine populaire". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-06. Diakses tanggal 14 Maret 2014. 
  2. ^ Pierre Vavasseur (26 Januari 2014). "Rencontre avec Edouard Louis, l'auteur d'«En finir avec Eddy Bellegueule»". Le Parisien. Diakses tanggal 12 Maret 2014. 
  3. ^ François Busnel (30 Januari 2014). "En finir avec Eddy Bellegueule: différence exclue". L'Express. Diakses tanggal 12 Maret 2014.