Emu tasmania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Emu Tasmania)
Lompat ke: navigasi, cari
Emu tasmania
Tasmanian Emu.jpg
Status konservasi
Punah  (pertengahan-abad 19)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Struthioniformes
Famili: Casuariidae
Genus: Dromaius
Spesies: D. novaehollandiae
Subspesies: D. n. diemenensis
Nama trinomial
Dromaius novaehollandiae diemenensis
Le Souef, 1907
Dromaius distribution.png
Sinonim

Dromaeius diemenensis (lapsus) Le Souef, 1907

Emu tasmania (Dromaius novaehollandiae diemenensis) adalah subspesies Emu yang telah punah. Binatang ini ditemukan di Tasmania di mana binatang ini terisolasi selama Pleistocene Akhir. Sebagai pertentangan terhadap takson emu pulau lain, Emu Pulau King dan Emu Pulau Kangguru, populasi di Tasmania cukup besar, yang berarti bahwa di sana tidak ada tanda penyebab ukuran populasi kecil sebagai dua lainnya yang terisolasi. Walau begitu, Emu tasmania tidak memiliki kemajuan langsung di mana jenis ini dapat dipertimbangkan spesies yang jelas, dan bahkan statusnya sebagai subspesies jelas tidak secara keseluruhan disetujui sebagai binatang ini disetujui dengan unggas daratan pada pengukuran dan karakter luar yang digunakan untuk membedakan binatang ini - warna keputihan sebagai ganti hitam pada leher dan kerongkongan dan bagian leher yang tak berbulu - kelihatannya juga ditampilkan, sekalipun langka, dalam beberapa burung darat. Saat ini, binatang ini kelihatannya hanya diketahui dari tulang subfosil, kulit yang pernah hidup sekali telah hilang.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Le Souef, William Henry Dudley (1907): [Description of Dromaius novaehollandiae diemenensis]. Bull. Brit. Ornithol. Club 21: 13.
  • Steinbacher, Joachim (1959): Weitere Angaben über ausgestorbene, aussterbende und seltene Vögel im Senckenberg-Museum. Senckenbergiana Biologica 40(1/2): 1-14. [Article in German]