Empat Penyakit Polusi Besar di Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Empat penyakit polusi besar (四大公害病, yondai kōgai-byō) adalah sekelompok penyakit buatan manusia yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan karena penanganan sampah industri yang tidak tepat oleh perusahaan Jepang.[1] Penyakit pertama terjadi pada tahun 1912, dan tiga penyakit lainnya terjadi pada tahun 1950-an dan 1960-an.

Meskipun sebutan 'empat' menjadi cara utama untuk merujuk pada peristiwa tersebut, penyakit Minamata dan penyakit Niigata Minamata adalah penyakit polusi yang sama yang disebarkan oleh racun yang sama, hanya terjadi di lokasi yang berbeda.

Nama penyakit Prefektur yang terpengaruh Penyebab Sumber Tahun
Penyakit itai-itai Prefektur Toyama Keracunan kadmium Mitsui Mining & Smelting Company 1912
Penyakit Minamata Prefektur Kumamoto Metil merkuri Chisso Corporation 1956
Penyakit Niigata Minamata Prefektur Niigata Metil merkuri Showa Denko 1965
Asma Yokkaichi Prefektur Mie Belerang dioksida Polusi udara di Yokkaichi 1961

Karena perkara hukum, publisitas, dan tindakan lain terhadap perusahaan yang bertanggung jawab atas pencemaran, serta pembentukan Badan Lingkungan pada tahun 1971, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan perubahan dalam praktik industri, insiden penyakit semacam ini menurun setelah tahun 1970-an. Kasus-kasus ini juga menjadi preseden untuk hukum gugatan dan hukum sipil perdata dalam masalah kompensasi atas kerusakan massal terkait teknologi yang terus berdampak pada kasus hukum di Jepang saat ini.[2]

Penyakit itai-itai[sunting | sunting sumber]

Penyakit itai-itai pertama kali terjadi pada tahun 1912 di Prefektur Toyama. Penyakit ini diberi nama "itai-itai" karena ungkapan ini sering digunakan oleh orang yang kesakitan; dapat diterjemahkan sebagai "penyakit aduh-aduh".

Penyebab itai-itai[sunting | sunting sumber]

Penyakit itai-itai disebabkan oleh keracunan kadmium dalam air minum dari cekungan Sungai Jinzū. Sumber kadmium ditemukan berasal dari Mitsui Mining and Smelting Company.[3] Mitsui Mining mulai membuang kadmium ke Sungai Jinzū pada tahun 1910. Kadmium meracuni sungai, sehingga meracuni sumber air penduduk setempat. Setiap orang yang meminum air tersebut atau memakan makanan yang ditanam dengan air yang terkontaminasi, seperti beras, kemungkinan besar akan menunjukkan gejala penyakit itai-itai.

Gejala itai-itai[sunting | sunting sumber]

Gejala yang pertama adalah nyeri tulang belakang dan kaki. Namun, seiring perkembangan penyakit tersebut, gejalanya meliputi:[4]

Dampak itai-itai[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan orang dengan penyakit itai-itai harus terbaring di tempat tidur karena rasa sakit yang parah ketika berjalan. Warga sekitar yang dirugikan oleh penyakit ini mengajukan gugatan terhadap Mitsui Mining & Smelting Company pada tahun 1968. Warga memenangkan gugatan ini dan mulai melakukan negosiasi. Mitsui Mining secara resmi mengakui bahwa penyakit itai-itai disebabkan oleh pembuangan kadmium ke Sungai Jinzo. Mitsui Mining juga berkewajiban membayar biaya pemulihan lahan tersebut. Hal ini berarti bahwa perusahaan harus memastikan bahwa tanah yang terkena racun tersebut kembali dalam keadaan aman dan dapat ditanami.

Penyakit Minamata[sunting | sunting sumber]

Laporan pertama Penyakit Minamata berasal dari Minamata di Prefektur Kumamoto pada tahun 1956. Kebanyakan pasien awal menjadi gila karena gejalanya dan dalam beberapa kasus meninggal dalam waktu satu bulan setelah terkena penyakit tersebut.[5] Setelah penyelidikan ekstensif, penyakit Minamata diidentifikasi sebagai keracunan logam berat, khususnya keracunan metil merkuri, yang ditularkan melalui konsumsi ikan yang terkontaminasi dari Teluk Minamata.[6] Metil merkuri di dalam ikan yang terkontaminasi menyerang sistem saraf pusat pasien, dan menyebabkan berbagai gejala penyakit.

Gejala penyakit Minamata[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan pasien menunjukkan kombinasi gejala dan tidak menunjukkan semua gejala.

Chisso Corporation[sunting | sunting sumber]

Penyebab pencemaran di teluk Minamata ini beradal dari pembuangan metil merkuri ke Teluk Minamata oleh Chisso Corporation. Chisso Corporation memproduksi asetaldehida menggunakan air, asetilen, merkuri (II) sulfat sebagai katalis dan mangan dioksida atau sejak Agustus 1951, besi sulfida sebagai ko-katalis. Asetaldehida bereaksi dengan asetat anhidrida untuk menghasilkan etilidena diasetat, yang dipanaskan untuk menghasilkan vinil asetat. Asetaldehida juga digunakan untuk memproduksi asam asetat dengan mengoksidasi asetaldehida dan vinil klorida, yang dipolimerisasi untuk membuat PVC; namun, penggunaan besi sulfida memiliki kelemahan: metil merkuri (atau merkuri organik) adalah produk sampingan dalam pembuatan bahan kimia ini karena penggunaannya. Metilmerkuri tersebut kemudian dibuang ke Teluk Minamata sebagai limbah kimia. Chisso memutuskan untuk tidak menghentikan penggunaan katalis tersebut atau pembuangan produk sampingannya ke teluk sampai tahun 1966. Saat ini, Chisso melakukan pembayaran kompensasi kepada semua pasien bersertifikat (yang diakui) penyakit Minamata. Lebih dari 50 hektar teluk direklamasi, menggunakan lumpur yang terkontaminasi dari dasar teluk dengan lapisan tanah yang tidak terkontaminasi di atasnya.

Dampak penyakit Minamata[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970, Undang-Undang Pengendalian Pencemaran Air Jepang, yang menyatakan bahwa semua pabrik diwajibkan oleh hukum untuk mengatur pembuangan bahan kimia berbahaya, diberlakukan. Pada tahun 1977, pemerintah Jepang mengambil alih tugas membersihkan Teluk Minamata dengan menyedot 1,5 juta meter kubik lumpur yang terkontaminasi metil merkuri dari dasar teluk dan menggunakannya untuk memulihkan lebih dari 50 hektar teluk dengan tanah yang tidak terkontaminasi di atasnya. Kemudian pada tahun 1997, setelah empat belas tahun dan $359 juta,[7] the Governor of Kumamoto Prefecture deemed Minamata Bay safe.[8]

Penyakit Niigata Minamata[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1965, sejumlah pasien di Prefektur Niigata menunjukkan gejala penyakit Minamata. Niigata Minamata disebabkan oleh keracunan metil merkuri di lembah Sungai Agano. Namun, wabah penyakit Minamata yang kedua ini ditemukan sejak dini. Tingkat dari wabah ini cukup minim[butuh klarifikasi] dibandingkan dengan penyakit Minamata pertama yang terjadi di Prefektur Kumamoto. Investigasi mengenai penyebab penyakit tersebut diserahkan kepada departemen medis Universitas Niigata. Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab wabah ini. Di sepanjang Sungai Agano terdapat beberapa tanaman yang menggunakan merkuri dalam produksinya, bahan kimia pertanian banyak digunakan di daerah tersebut, dan kemungkinan penyebab terakhir dari wabah tersebut berasal dari gempa bumi yang terjadi setahun sebelum penyakit tersebut ditemukan di Niigata.

Gejala penyakit Niigata Minamata[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan namanya, penyakit Niigata Minamata mirip dengan penyakit Minamata; keduanya memiliki gejala yang sama:

  • mati rasa di bagian lengan dan kaki
  • gangguan keseimbangan
  • kelelahan
  • telinga berdenging
  • penglihatan terowongan
  • kehilangan pendengaran
  • penurunan kemampuan komunikasi

Showa Denko[sunting | sunting sumber]

Pada musim semi tahun 1966, tim peneliti menentukan kemungkinan besar penyebabnya berasal dari pembuangan metil merkuri oleh Showa Denko Corporation.[9] Showa Denko terletak di hulu Sungai Agano dan, seperti Chisso corporation, memproduksi metil merkuri sebagai produk sampingan dan kemudian membuangnya ke sungai Agano. Sama seperti Chisso corporation, Showa Denko menolak semua tuduhan bahwa mereka bersalah atas wabah Niigata Minamata.

Dampak penyakit Niigata Minamata[sunting | sunting sumber]

Setelah banyak kontroversi, Showa Denko dinyatakan bersalah karena kelalaian dan kemudian dipaksa untuk membayar kompensasi kepada semua orang yang terkena penyakit Niigata Minamata. Pada saat penyakit Niigata Minamata ditemukan, 26 orang ditetapkan sebagai pasien penyakit tersebut, dan lima orang meninggal akibat keracunan metil merkuri.

Asma Yokkaichi[sunting | sunting sumber]

Yokkaichi adalah sebuah kota di pusat Jepang di Prefektur Mie; dikenal sebagai "kota minyak bumi" karena menghasilkan hampir seperempat dari total minyak bumi di Jepang.[10] Pembangunan kilang minyak pertama di daerah ini pertama kali dimulai pada tahun 1955[11] dan setelah itu banyak penyakit pernapasan bermunculan di dalam kota dan di antara distrik-distrik tetangga.

Penyebab asma Yokkaichi[sunting | sunting sumber]

Di tengah kota ini terdapat pembangkit listrik dan kilang minyak berat terbesar di Jepang selama periode ini. Sayangnya, kilang ini tidak dilengkapi dengan mesin yang dapat menurunkan emisi sulfur dioksida sebelum melepaskannya ke udara. Pada awal 1960-an, penyakit pernapasan mulai muncul di dalam populasi umum Yokkaichi dan bahkan di beberapa distrik tetangga. Peningkatan masalah pernapasan ini kemudian ditetapkan sebagai asma Yokkaichi. Bentuk asma ini lazim di Yokkaichi—5–10% penduduk berusia 40 tahun di Yokkaichi dilaporkan menderita bronkitis kronis, sedangkan kurang dari 3% memiliki penyakit yang sama di daerah yang tidak tercemar.[12]

Sistem bantuan asma Yokkaichi[sunting | sunting sumber]

Untuk memberikan dukungan bagi banyak orang yang terkena penyakit, sistem pelepasan publik untuk polusi udara didirikan pada tahun 1965. Sistem ini menetapkan bahwa semua orang di wilayah Yokkaichi yang memenuhi kriteria berikut dibayar oleh program:

  1. Penyakit tertentu seperti asma bronkial, bronkitis kronis, emfisema paru, dan komplikasinya.
  2. Di daerah tertentu yang prevalensi penyakitnya meningkat.
  3. Tiga tahun tinggal di dalam area yang ditentukan.

Saat ini, terdapat banyak undang-undang yang mengatur jumlah sulfur dioksida yang dapat dilepaskan pabrik ke udara. Undang-undang ini membantu menjaga agar bencana Asma Yokkaichi tidak terjadi lagi di perbatasan Jepang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Almeida, P; Stearns, L (1998). "Political opportunities and local grassroots environmental movement: The case of Minamata". Social Problems. 45 (1): 37–60. doi:10.1525/sp.1998.45.1.03x0156z. 
  2. ^ Kawamura, Hiroki (2018). "The relation between law and technology in Japan: liability for technology-related mass damage in the cases of Minamata disease, asbestos, and the Fukushima Daiichi nuclear disaster". Contemporary Japan. 30 (1): 3–27. doi:10.1080/18692729.2018.1423459. 
  3. ^ "The Wound Left by the Sharp Knife of Industrial Pollution". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-13. Diakses tanggal 10 November 2013. 
  4. ^ Hamilton, Joshua W. "What is ouch ouch or Itai itai disease?". McGraw Hill Education. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 November 2013. Diakses tanggal 10 November 2013. 
  5. ^ "10 Things to know about Minamata Disease". The Minamata Environmental Creation Development Project Steering Committee. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 July 2012. Diakses tanggal 23 October 2013. 
  6. ^ "Minamata Disease The History and Measures". Diakses tanggal 23 October 2013. 
  7. ^ Griesbauer, Laura. "The Minamata Bay Incident". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-13. Diakses tanggal 2022-06-06. 
  8. ^ Pollack, Andrew. "Japan Call Mercury-Poisoned Bay Safe Now". New York Times. Diakses tanggal 6 November 2013. 
  9. ^ "VII. Rediscovery of the Minamata disease in Niigata". Diakses tanggal 23 October 2013. 
  10. ^ "AIR POLLUTION IN YOKKAICHI AREA WITH SPECIAL REGARDS TO THE PROBLEM OF "YOKKAICHI -ASTHMA". Diakses tanggal 24 October 2013. 
  11. ^ "AIR POLLUTION IN YOKKAICHI AREA WITH SPECIAL REGARDS TO THE PROBLEM OF "YOKKAICHI -ASTHMA"". Department of Public Health, School of Medicine, Mie Prefectural University, Torii-cho, Tsu, Mie-Ken. 
  12. ^ Guo, Peng; Yokoyama, Kazuhito; Suenaga, Masami; Kida, Hirotaka (2008). "Mortality and life expectancy of Yokkaichi Asthma patients, Japan: Late effects of air pollution in 1960–70s". Environmental Health. 7: 8. doi:10.1186/1476-069X-7-8. PMC 2311286alt=Dapat diakses gratis. PMID 18302742.