Keamiran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Emirat)

Keamiran atau emirat[1] (Arab: إمارة imarah, jamak Arab: إمارات imarat) adalah sebuah wilayah yang diperintah seorang Amir (pangeran, gubernur, dll.) meski dalam bahasa Arab istilah tersebut dapat merujuk secara umum kepada provinsi apapun dari sebuah negara yang diperintah anggota kelompok pemerintah. Contoh penggunaan dalam arti yang terakhir disebut adalah Uni Emirat Arab, yang merupakan sebuah negara yang terdiri dari tujuh keamiran federal yang masing-masing diperintah seorang amir atau emir.

Sebagai kerajaan[sunting | sunting sumber]

Secara umum, sebuah keamiran didesain sebagai sebuah teritorial politik yang diperintah oleh sebuah bentuk dinasti Arab yang disebut emir. Kebanyakan keamiran termasuk yang sudah menghilang, tergabung dalam suatu negara modern yang lebih besar atau mengganti sebutan penguasanya seperti Malik (kosakata Arab untuk Raja) atau Sultan (penguasa wilayah tatanan islam).

Contoh dari penggunaan hal ini adalah Uni Emirat Arab, sebuah negara federal yang menggabungkan tujuh federasi keamiran, masing-masing diatur oleh emir yang diwariskan kepada keturunannya, ketujuh keamiran ini membentuk lembaga pemilihan untuk memilih Presiden dan Perdana Menteri.

Sebagai provinsi[sunting | sunting sumber]

Selanjutnya, dalam bahasa Arab, istilah ini dapat pula diartikan secara umum setiap provinsi atau negara bagian yang diatur oleh seorang anggota dari dinasti yang berkuasa, khususnya keluarga bangsawan, seperti Governorat di Arab Saudi.

Daftar keamiran merdeka dan berdaulat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]