Emanuel Lasker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Emanuel Lasker
Bundesarchiv Bild 102-00457, Emanuel Lasker.jpg
{{{caption}}}
Informasi pribadi
Nama lahir Emanuel Lasker
Tanggal lahir 24 Desember 1868
Tempat lahir Berlinchen, Prussia (sekarang Barlinek, Polandia)
Tanggal meninggal 11 Januari 1941 (umur 72)
Tempat meninggal New York City, Amerika Serikat
Asal negara Jerman
Rekor bertanding
Juara Dunia 1894–1921

Emanuel Lasker (24 Desember 1868 – 11 Januari 1941) adalah seorang pemain catur, matematikawan, dan filsuf Jerman yang pernah menjadi Juara Catur Dunia selama 27 tahun (dari 1894 sampai 1921). Pada masa terbaiknya Lasker adalah salah satu juara yang paling dominan, dan dia biasanya masih dianggap sebagai salah satu pemain catur terkuat yang pernah ada.

Orang-orang semasanya mengatakan bahwa Lasker menggunakan sebuah pendekatan "psikologis" terhadap permainan, dan bahkan bahwa dia terkadang dengan sengaja memainkan gerakan yang kurang bagus untuk membingungkan lawannya. Tapi analisis terkini mengindikasikan bahwa dia lebih maju dari masanya dan menggunakan penekatan yang lebih fleksibel dibandingkan dengan orang-orang semasanya, sehingga membingungkan mereka. Lasker memahami analisis pembukaan pada zamannya tetapi sering kali tidak setuju dengannya. Dia menerbitkan majalah catur dan lima buku catur, tetapi pemain dan komentator kesulitan untuk belajar dari metodenya.

Lasker memberikan kontribusi kepada perkembangan permainan lain. Dia adalah seorang pemain contract bridge kelas atas[1] dan menulis tentang bridge dan permainan-permainan lain, termasuk Go dan permainan buatannya, Lasca. Bukunya tentang permainan menunjukkan sebuah masalah yang masih dianggap penting dalam analisis matematika permainan kartu. Lasker juga merupakan seorang matematikawan peneliti yang dikenal karena kontribusinya kepada aljabar komutatif, termasuk membuktikan dekomposisi utama ideal dari gelanggang polinomial. Di samping itu, karya filosoisnya dan sebuah drama yang dia tulis bersama tidak mendapat perhatian yang banyak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A detailed examination of Emanuel Lasker’s involvement in bridge is provided by the chapter Nicht nur Schach Emanuel Lasker als Bridgespieler by Robert van de Velde on pages 332-363 of Emanuel Lasker Denker Weltenbürger Schachweltmeister edited by Richard Forster, Stefan Hansen and Michael Negele (Berlin, 2009).

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Prestasi
Didahului oleh:
Wilhelm Steinitz
Juara Catur Dunia
1894–1921
Diteruskan oleh:
José Raúl Capablanca