Elżbieta dari Wrocław

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Elisabeth dari Wrocław)
Lompat ke: navigasi, cari

Elżbieta dari Wrocław (bahasa Polandia: Elżbieta wrocławska) (skt. tahun 1232 – 16 Januari 1265), juga dikenal sebagai Elżbieta dari Polandia, merupakan putri Henryk II Pobożny dan istrinya Anna dari Bohemia [1]. Ia merupakan anggota keluarga Wangsa Piast dan merupakan Istri Adipati Polandia Besar melalui pernikahannya.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Elżbieta merupakan putri ketujuh dari sepuluh bersaudara yang lahir dari orangtuanya. Saudara-saudaranya termasuk: Bolesław II Rogatka, Mieszko dari Lubusz, Henryk III Biały, Konrad I dari Głogów, Władysław dari Salzburg, Gertruda, Adipati Wanita Masovia dan Konstancja dari Wrocław, Adipati Wanita Kuyavia.

Eyang maternal Elżbieta adalah Ottokar I dari Bohemia dan istri keduanya Konstancia dari Hongaria. Konstancia adalah putri Béla III dari Hongaria dan istri pertamanya Anna Châtillon. Eyang paternal Elżbieta adalah Henryk Brodaty dan istrinya yang kemudian menjadi Santa Jadwiga dari Silesia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Elżbieta menghabiskan masa kecilnya di Suaka Santa Jadwiga, Trzebnica di mana ia seharusnya hidup bersama dengan nenek paternalnya Jadwiga, yang membuat pengaruh besar terhadap cucu perempuannya. Tidak jelas apabila terdapat tekanan bagi Elżbieta untuk masuk biara. Elżbieta tetap tinggal di Trzebnica sampai ia diculik oleh saudaranya Bolesław II Rogatka karena keluarganya menginginkannya menikah dengan Przemysł I.

Pernikahan itu atas dasar politik seperti kebanyakan pernikahan kerajaan pada masa itu. Przemysł I ingin mendapatkan beberapa wilayah ayahandanya yang hilang di Silesia. Pernikahan itu membantu kerja sama dengan Kalisz ke dalam Polandia Besar.

Tidak banyak yang diketahui tentang pemerintahan Elżbieta sebagai istri Adipati di wilayah suaminya. Pada tahun 1250 ia mendirikan sebuah biara di Owińska. Beberapa biarawati dibawa kesana dari kampung halamannya di Trzebnica.

Elżbieta dan Przemysł memiliki lima orang anak:

  1. Konstancja (1245/46 - 8 Oktober 1281), menikah pada tahun 1260 dengan Markgraf Konrad I dari Brandenburg-Stendal.
  2. Eufrozyna Przemysłówna (1247/50 - 17/19 Februari 1298), Kepala Biarawati Santa Clara di Trzebnica.
  3. Anna Przemysłówna (1253 - set. 26 Juni 1295), Kepala Biarawati di Owińska.
  4. Eufemia Przemysłówna (1253 - 5 September 1298), kembaran Anna; biarawati di Santa Clara, Wrocław.
  5. Przemysł II (14 Oktober 1257 - 8 Februari 1296).

Suami Elżbieta meninggal pada tanggal 4 Juni 1257 ia meninggalkan Elżbieta Oprawa wdowia [2] yang wilayahnya berada di Modrze. Elżbieta meninggal di wilayahnya pada tanggal 16 Januari 1265.

Cucu perempuan Elżbieta dari putranya adalah Ryksa Elżbieta dari Polandia yang menjadi istri kedua Vaclav II, Raja Bohemia.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]