Elisabet (nama)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elisabet
Pelafalan/[invalid input: 'ɨ']ˈlɪzəbəθ/
Jenis kelaminPerempuan
Asal usul
KataIbrani melalui Yunani
Arti"Allahku adalah sumpah"
"Allahku adalah kelimpahan"
Daerah asalSeluruh dunia
Alternatif
Nama terkaitElisabeth, Isabel, Izabel, Ebbie, Isabella, Isabelle, Lyzbeth, Lisbeth, Eliza, Lisa, Liza, Liz, Lizzie, Els, Elsa, Elisa, Belle, Bella, Betta, Beth, Betty, Bettie, Bethany, Bess, Besse, Betsy, Lily, Lilibeth, Bessie, Elisla, Liesl, Libby, Lilla, Elspeth, Billie, Tizzy, Zabby, Libbie, Effy, Elly, Ellie, Elzbieta.

Elisabet adalah sebuah nama pemberian feminin yang berasal dari kata Yunani Ελισάβετ (Elisabet, pengucapan modern Elisávet), yang merupakan bentuk nama Ibrani Elisheva (אֱלִישֶׁבַע), yang artinya "Allahku adalah sumpah" atau "Allahku adalah kelimpahan".

Peristiwa dalam Alkitab[sunting | sunting sumber]

"Elisabet" tampil dalam Perjanjian Lama sebagai nama istri Aaron ("Elisheva"), dan dalam Perjanjian Baru sebagai nama istri pendeta Zakaria dan ibu Yohanes Pembaptis. Nama tersebut juga menjadi nama beberapa santa dan ratu.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Nama tersebut merupakan satu-satunya nama yang masih masuk daftar sepuluh nama gadis teratas di AS dari 1925 sampai 1972.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank Nuessel (1992). The Study of Names: A Guide to the Principles and Topics. Westport, CT: Greenwood Press. hlm. 10. Diakses tanggal 11 September 2013.