Eleonora dari Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eleonora
Kelahiran(1728-02-28)28 Februari 1728
Istana Kerajaan Turin, Italia
Kematian14 Agustus 1781(1781-08-14) (umur 53)
Puri Moncalieri, Turin
Pemakaman
WangsaWangsa Savoia
Nama lengkap
Eleonora Maria Teresa di Savoia
AyahCarlo Emanuele III dari Sardinia
IbuPolyxena dari Hesse-Rotenburg

Eleonora dari Savoia (Eleonora Maria Teresa; 28 Februari 1728 – 14 Agustus 1781[1]) merupakan seorang putri Savoyard. Ia meninggal tanpa menikah.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Eleonora Maria Teresa di Savoia merupakan anak kedua dan putri sulung Carlo Emanuele III, Raja Sardinia dan istri keduanya yang berkebangsaan Jerman, Polyxena. Ia dilahirkan di Istana Kerajaan Turin, rumah kediaman keluarga kerajaan Savoyard.

Ia dinamakan sama dengan nenek maternalnya, Eleonore dari Löwenstein-Wertheim.

Sepupu maternalnya termasuk Vittorio Amedeo II dari Savoia-Carignano dan adik perempuannya Marie Thérèse Louise dari Savoy, Princesse de Lamballe, yang juga lahir di istana Savoia. Sepupu paternalnya termasuk Fernando VI dari Spanyol, yang adalah raja Spanyol pada saat ia lahir.

Ia dilahirkan kedalam sebuah keluarga yang bahagia, nenek paternalnya Anne Marie d'Orléans meninggal pada bulan Agustus 1728 ketika Eleonora berusia 6 bulan.

Ibunya meninggal pada tahun 1735 ketika Eleonora berusia 6 tahun. Kemudian ia menjadi seorang wanita yang beranking tertinggi di istana Savoyard sampai pernikahan saudaranya, Vittorio Amadeo III dengan Infanta Spanyol María Antonia pada tahun 1750.

Eleonora, dan saudarinya Maria Luisa, dijodohkan dengan Louis, Dauphin Prancis, putra sulung Louis XV dari Prancis yang merupakan sepupu pertama mereka.[2] Pernikahan tersebut tidak pernah terwujud karena negosiasi pernikahan dengan Spanyol yang membuat dauphin itu menikahi Maria Teresa, kakak perempuan María Antonia pada tahun 1744.

Kedua sepupunya, Maria Giuseppina dan Maria Teresa nantinya akan menikah dengan kedua putra Louis, Dauphin dari Prancis pada tahun 1771 dan 1773.

Putri yang tidak pernah menikah itu meninggal di Puri Moncalieri, Turin pada usia 53 tahun. Ia dimakamkan di Basilika Superga, Turin. Kakak iparnya María Antonia Fernanda meninggal di Moncalieri pada tahun 1785.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Gelar[sunting | sunting sumber]

  • 28 Februari 1728 – 14 Agustus 1781 Yang Mulia Putri Eleonora dari Savoia

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ van de Pas, Leo. "Princess Eleonora of Savoy". Genealogics.org. Diakses tanggal 2009-12-01. 
  2. ^ Louis XV's mother Maria Adelaide was her aunt and the oldest sister of Eleonora's father Charles Emmanuel III