Eleonora dari Napoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eleanor dari Napoli
Adipati Ferrara, Modena dan Reggio
EleonoraCornazzano.png
Potret Eleonora d'Aragona, dari naskah "Il modo di regere e di regnare" oleh Antonio Cornazzano.
Lahir22 Juni 1450
Napoli
Wafat11 Oktober 1493
Ferrara
WangsaTrastámara
AyahFerdinando I dari Napoli
IbuIsabella dari Clermont
PasanganSforza Maria Sforza, Adipati Bari
Ercole I d'Este, Adipati Ferrara

Eleanor dari Napoli (Leonora atau Eleonora dari Aragon): (1450 -1493)[1] merupakan seorang permaisuri adipati Ferrara melalui pernikahannya dengan Ercole I d'este. Dia adalah adipati wanita pertama Ferrara, dan ibunda dari banyak tokoh Renaisans terkenal. Dia adalah tokoh politik yang terkenal, dan bertugas sebagai pemangku takhta Ferrara selama suaminya tidak berada di tempat.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Eleonora adalah putri Raja Ferdinando I dari Napoli dan Isabella dari Clermont. Lahir dari kekayaan, dia adalah putri pertama dan anak kedua, lahir dalam keluarga dari enam bersaudara. Tidak banyak yang diketahui dari masa kecilnya atau kehidupan awalnya sebagai putri pertama Napoli, namun ia dianggap sebagai permaisuri pertama Sforza Maria Sforza, adipati Bari.

Adipati Ferrara[sunting | sunting sumber]

Eleanor akan menikah dengan Ercole d'Este (26 Oktober 1431 – 15 Juni 1505) pada bulan Juli 1473, diduga suami keduanya. Dinyatakan bahwa pernikahan ini disambut dengan banyak perayaan. Ercole dikatakan, "...penguasa yang tidak bermoral dan licik."[2] Ia datang untuk menjadi Adipati Ferrara pada tahun 1471, mengambil gelar atas kematian saudara tirinya, Borso, dan akan memerintah sampai kematiannya pada tahun 1503.[3]

Ketika dia melewati Roma pada bulan Juni 1473, dalam perjalanan untuk menikah dengan Ercole I d'Este, adipati Ferrara, dia diterima dengan megah (dia akan menikah sebulan kemudian). Dua keponakan Rodrigo Borgia, yang merupakan kardinal saat itu, berada di sana untuk menyambutnya.[4] Mereka ingin membuat kesan yang baik dan abadi pada Putri Neapolitan. Dia menulis kepada ayahandanya bahwa dia diberi sebuah apartemen mewah, yang menyatakan bahwa bahkan pispo nya terbuat dari perak berlapis emas.[5] Dalam korespondensi dengan ayahandanya, dia berbicara tentang perjamuan yang dibuat untuknya, yang berlangsung selama enam jam, dan itu adalah rangkaian makanan tanpa henti, disertai musik, tarian dan puisi. "Harta karun Gereja, dimanfaatkan sedemikian rupa," tulisnya dengan takjub dalam suratnya.[5] Ini diduga merupakan permainan kekuasaan politik oleh Borgia, dalam upaya mendapatkan bantuan royalti dan mendapatkan lebih banyak kekuasaan politik.

Meskipun suaminya bertemperamen tinggi, Eleanor dikatakan telah menjadi pasangan aktif dan berdedikasi.[6] Ia memerintah sebagai pengganti suaminya saat dia absen. Dia absen pada tahun 1482-1484, saat berperang dengan Republik Venesia. Karena tumbuh di istana Argon di Napoli, dia membawa banyak pengetahuan dan saran politik, dan dikatakan menunjukkan jumlah akal sehat yang ekstrem.[7]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Eleanor meninggal pada tahun 1493, di usianya yang keempat puluh tiga. Sebab kematiannya tidak diketahui, namun selama masa hidupnya ia dapat terkena sejumlah penyakit. Putra sulungnya Alfonso memandang ibundanya sebagai salah satu wanita yang paling ia sayangi, dan ia sangat berduka ketika ibundanya meninggal saat ia berusia tujuh belas tahun. Karena fakta bahwa ibunda dan saudarinya, Beatrice, yang juga sangat dicintainya, meninggal di usia muda, Alfonso memandang pernikahan sebagai tugas yang menyakitkan, melihat pengantin baru Lucrezia dengan sedikit perhatian.[8]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Dengan masuknya ia sebagai tokoh politik, yang memerintah di tempat suaminya, dia sangat berpengaruh bagi banyak orang. Dia adalah inspirasi untuk karya-karya seperti Antonio Cornazzano ini Del modo di regere et di regnare, di mana ia mendedikasikan dirinya kepadanya.[9] Ini bukan satu-satunya buku yang didedikasikan Eleanor padanya. Dia juga pernah memilikinya, Da Ladibus Mulierum (Dalam Pujian Wanita) oleh Bartolomeo Gogio.[10] Dengan semua karya yang dipersembahkan kepadanya, sangat bisa memberi kesan bahwa dia adalah seorang pelindung, seseorang dengan banyak uang dan status tinggi yang akan menugaskan seorang seniman atau penulis untuk sebuah karya. Sering kali karya-karya ini merupakan upaya untuk mendapatkan lebih banyak pilihan politik.

Dia adalah seorang penulis yang fasih dan menunjukkan kehebatan politik saat menulis surat. Melalui ini, kita bisa melihat istana Ferrara memiliki sikap yang lebih positif terhadap wanita, dengan banyak pengaruh berasal dari wanita berpendidikan tinggi.[11] Hal ini dianggap sangat jarang bagi wanita selama periode ini untuk dipuji tinggi karena kecakapan politik mereka, membuatnya sedikit mengalami anomali. Sifatnya yang lebih lembut dan kebutuhan akan percakapan intelektual yang lebih banyak, membawanya ke peraturan politik yang lebih halus, sehingga sulit untuk menemukan banyak keputusannya, bila dibandingkan dengan, misalnya, keputusan Caterina Sforza, yang lebih ketat dan sedikit kurang ajar, yang memerintah Froli demi suaminya juga. Ada hubungan antara kedua wanita tersebut, seperti putri Eleanor, Beatrice, yang menikah dengan keluarga Sforza. Eleanor, bersama dengan anak-anaknya, khususnya putrinya Isabella, dianggap sebagai representasi baru status di antara wanita.[12]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ercole I d'Este dan Eleanor memiliki enam orang anak:

  • Isabella (1474-1539), menikah dengan Francesco II Gonzaga, Markis Mantua, dan menjadi salah satu wanita Renaisans paling terkenal. Gaya pakaiannya membuatnya menjadi ikon mode, dan dia akan segera ditiru oleh banyak wanita Prancis. Ketika kakandanya, Alfonso, menikahi Lucrezia Borgia, Isabella memandangnya sebagai saingan, dan dengan cepat melecehkan semua usaha persahabatannya. Pada tahun 1502 Lucrezia, istri saudaranya, akan memulai perselingkuhan yang intens dan penuh gairah, dikatakan lebih seksual daripada cinta, dengan suami Isabella.[13] Hal ini dinyatakan, dan sangat dianggap, bahwa Isabella adalah model lukisan Leonardo da Vinci yang terkenal, Mona Lisa.[14]
  • Beatrice (1475-1497), yang menikah dengan Ludovico Sforza, Adipati Milan. Dia, bersama saudarinya dinyatakan sebagai salah satu wanita Renaisans paling berpengaruh. Mereka dikenal terutama karena pakaian modis mereka. Dikatakan bahwa selama pernikahannya dengan Ludovico, Leonardo da Vinci mengadakan orkestra di pesta pernikahan.
  • Alfonso (1476-1534), yang menikahi istri keduanya, Lucrezia Borgia. Dia akan menjadi suami terakhirnya, dan memberinya sepuluh orang anak. Pada saat pernikahan inilah Lucrezia sangat mendukung suaminya dan berdiri dalam perannya sebagai Adipati wanita Ferrara, yang memerintah sebagai pengganti Alfonso saat berjuang melawan Julius II.[15] Saat itu ia sedang hamil anak kesepuluh, seorang putri yang lahir prematur, Lucrezia jatuh sakit dan sekarat. Alfonso konon sangat berduka atas kematiannya, sehingga ia pingsan di pemakamannya. Ia menulis bahwa ia merasa sulit untuk tidak menangis, saat ia memikirkan dirinya terpisah dari istri tersayang.[16] Pernikahan Ini dikatakan dengan enggan disepakati oleh ayahandan Alfonso, dengan harapan akan memperbaiki hubungannya dengan Negara Gereja.
  • Ferrante (1477-1540)
  • Ippolito (1479-1520), kardinal, komandan tentara dan pelindung seni. Dididik dengan cepat untuk menjalani kehidupan di Gereja, ia dikatakan telah menjadi abbas pada usia enam tahun. Dia akan sangat diuntungkan dari pernikahan saudaranya dengan Lucrezia Borgia.
  • Sigismondo (1480-1524), hidup di bayang-bayang kedua kakandanya.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. Hibbert, Christopher. The Borgias and Their Enemies: 1431-1519. Orlando: Harcourt, 2008.
  2. "DIOMEDE CARAFA (1406?-1487), De Boni Principis Officiis [De Regentis Et Boni Principis Officiis], Translation from the Italian by BATTISTA GUARINI." Carafa Renaissance Manuscripts Guarini. http://www.textmanuscripts.com/medieval/carafa-boni-guarini-60675.
  3. Marek, George R. The Bed and the Throne: The Life of Isabella D'Este. New York: Harper & Row, 1976
  4. Lewis, Francis-Ames: Isabella and Leonardo. Yale University Press (New Haven) 2012
  5. Franklin, Margaret Ann. Boccaccio's Heroines: Power and Virtue in Renaissance Society. Burlington: Ashgate, 2006.
  6. Bizzarri, Claudia. "Il principe umanista". Medioevo
  7. Commire, Anne, and Deborah Klezmer. Women in World History: A Biographical Encyclopedia. Waterford, Conn.: Yorkin Publ., 1999.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Commire, Anne (1999). Women in World History: A Biographical Encyclopedia. Waterford: Yorkin. 
  2. ^ ""DIOMEDE CARAFA (1406?-1487), De Boni Principis Officiis [De Regentis Et Boni Principis Officiis], Translation from the Italian by BATTISTA GUARINI". 
  3. ^ Bizzarri, Claudia. Il principe umanista. 
  4. ^ Hibbert, Christopher (2009). The Borgias and Their Enemies: 1431 - 1519. Orlando: Houghton Mifflin Harcourt. hlm. 28. ISBN 9780547247816. 
  5. ^ a b Herbert. The Borgias and Their Enemies. hlm. 27. 
  6. ^ ""DIOMEDE CARAFA (1406?-1487), De Boni Principis Officiis [De Regentis Et Boni Principis Officiis], Translation from the Italian by BATTISTA GUARINI". 
  7. ^ ""DIOMEDE CARAFA (1406?-1487), De Boni Principis Officiis [De Regentis Et Boni Principis Officiis], Translation from the Italian by BATTISTA GUARINI". 
  8. ^ Herbert. The Borgias and Their Enemies. hlm. 214. 
  9. ^ ""DIOMEDE CARAFA (1406?-1487), De Boni Principis Officiis [De Regentis Et Boni Principis Officiis], Translation from the Italian by BATTISTA GUARINI". 
  10. ^ The Bed and the Throne. hlm. 8. 
  11. ^ ""DIOMEDE CARAFA (1406?-1487), De Boni Principis Officiis [De Regentis Et Boni Principis Officiis], Translation from the Italian by BATTISTA GUARINI". 
  12. ^ Franklin, Margaret Ann (2006). Boccaccio's Heroines: Power and Virtue in Renaissance Society. hlm. 21. 
  13. ^ Marek, George (1976). The Bed and the Throne: The Life of Isabella d'Este. New York: Harper & Row. hlm. 166–169. 
  14. ^ Lewis, Francis-Ames (2012). Isabella and Leonardo. New Haven: Yale University Press. hlm. 223–240. 
  15. ^ Herbert. The Borgias and Their Enemies. hlm. 300. 
  16. ^ Herbert. The Borgias and Their Enemies. hlm. 210. 
Eleonora dari Napoli
Lahir: 22 Juni 1450 Wafat: 11 Oktober 1493
Gelar penyandang kekuasaan
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Maria dari Aragon
sebagai Markis Ferrara; Nyonya Modena dan Reggio
Permaisuri Ferrara, Modena dan Reggio
3 Juli 1473 – 11 Oktober 1493
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Lucrezia Borgia