El pueblo unido jamás será vencido

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

"¡El pueblo unido, jamás será vencido!" (pengucapan bahasa Spanyol: [el ˈpweβlo uˈniðo xaˈmas seˈɾa βenˈsiðo]; bahasa inggris: "Rakyat bersatu tidak akan pernah dapat dikalahkan") adalah salah satu lagu yang paling terkenal secara internasional dari gerakan Nueva cancion chilena (Musik Chili Baru). Musik dari lagu ini diciptakan oleh Sergio Ortega dan liriknya ditulis oleh Quilapayún. Lagu ini pertama kali diciptakan dan direkam pada bulan juni 1973.[1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lagu itu awalnya dikomposisi sebagai himne untuk pemerintah persatuan populer, yang mencerminkan semangat di balik mobilisasi massa dari masyarakat kelas pekerja yang pada tahun 1970 telah memilih Salvador Allende untuk melakukan transformasi sosialis di Chile. Selama Allende kampanye, kata El pueblo unido jamás será vencido sering menjadi slogan.[3][4] Lagu ini ditafsirkan dan direkam oleh sejumlah kelompok musik tak lama setelah diciptakan dan dimainkan secara terbuka oleh Sergio Ortega dan Quilapayún. Beberapa kelompok ansambel beraliran Musik Chili Baru seperti Vientos del Pueblo, Inti-illimani, sukses membuat rekaman lagu yang mengisi saluran udara dan unjuk rasa politik. Setelah Kudeta Chili 11 September 1973 yang didukung Amerika Serikat[5]  lagu ini menjadi himne perlawanan rakyat Chili terhadap rezim Pinochet, baik di dalam Chili dan di antara komunitas orang eksil Chili dan sekutu politik mereka di luar negeri.

Namun, setelah Kudeta Pinochet September 1973 kelompok musik Inti-Illimani (juga dari Chili) membuat lagu ini terkenal di seluruh dunia.

Selama waktu lagu ini telah digunakan dalam berbagai protes di seluruh dunia, yang sebagian besar tidak memiliki hubungan secara langsung dengan Kudeta Chili atau Amerika Latin. Lirik lagu ini telah disesuaikan atau diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frederic Rzewski: The People United Will Never Be Defeated!". New Albion Records. Diakses tanggal 2007-04-13. 
  2. ^ "LA NUEVA CANCIÓN CHILENA by José Manuel García". Cancioneros.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-05. Diakses tanggal 2009-05-12. 
  3. ^ Corvalán, Luis (2003) El gobierno de Salvador Allende, pp.111-2
  4. ^ Wessel, Günther (2002) Los Allende: con ardiente paciencia por un mundo mejor, pp.102-3
  5. ^ Kornbluh, Peter (2006-12-12). "PINOCHET: A Declassified Documentary Obit". gwu.edu. Diakses tanggal 2007-01-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]