Elżbieta dari Hungaria (1128–1154)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elżbieta dari Hungaria
Permaisuri Adipati Wielkopolska
Periode1138-1154
Informasi pribadi
Kelahiranskt. 1128
Kematian21 Juli 1154
WangsaWangsa Piast
AyahBéla II dari Hungaria
IbuIlona
PasanganMieszko III Stary
AnakOdon dari Poznań
Stefan
Elżbieta, Adipati Bohemia
Wierzchosława Ludmiła, Adipati Lorraine
Judyta, Adipati Sachsen

Elizabeth dari Hungaria (bahasa Hongaria: Erzsébet magyar hercegnő, bahasa Polandia: Elżbieta węgierska; skt. 1128 – 21 Oktober 1154), merupakan seorang putri Hungaria, ia berasal dari Wangsa Árpád dan oleh pernikahannya menjadi Adipati Wielkopolska.

Dia adalah putri sulung Raja Béla II dari Hungaria dan istrinya Ilona, putri Adipati Uroš I dari Rashka, Župan Agung Serbia. Silsilah ini dikonfirmasi di beberapa sumber web yang mengikuti pesan dari penulis sejarah Jan Długosz; Namun, sejarahwan modern yang dipimpin oleh Oswald Balzer membantah teori ini berdasarkan alasan kronologis: jika tanggal pernikahan Elżbieta benar, pastilah dia berumur antara 8 dan 9 tahun, usia yang tampaknya sangat muda untuk mempelai wanita, bahkan menurut standar dari Abad Pertengahan. Balzer berasumsi bahwa Elżbieta adalah putri Pangeran Álmos, Adipati Kroasia (ayahanda Raja Béla II), sebuah usul yang juga didukung oleh sumber-sumber web lebih jauh.[1][2] Kerugian dari hipotesis ini adalah pesan kronik abad pertengahan (misalnya, Chronicon Polono-Silesiacum), yang dengan tegas menetapkan bahwa Elżbieta adalah anak perempuan Raja Hungaria, sebuah gelar yang tidak pernah digunakannya karena dia hanya seorang pangeran. Teori lain dikemukakan oleh Kazimierz Jasiński: menurutnya, Elżbieta adalah putri Raja István II. Meskipun sumber menunjukkan bahwa karena gaya hidupnya yang tidak bermoral, István II tidak memiliki keturunan yang masih hidup, menurut Jasiński pesan ini berasal dari periode kemudian dan tidak pantas dipercaya; Juga, harus diperhitungkan bahwa para penulis kronik kerap mengabaikan kelahiran keturunan perempuan.[3]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada sekitar tahun 1136, Elżbieta menikah dengan Pangeran Mieszko, putra penguasa Polandia, Bolesław III. Pernikahan itu dilakukan sebagai hasil perjanjian yang disimpulkan setahun sebelumnya di Merseburg. Dua tahun kemudian (28 Oktober 1138), Adipati Bolesław III meninggal, menurut wasiatnya, Mieszko mewarisi provinsi Wielkopolska dan menjadi adipati pertamanya, dengan Elżbieta sebagai permaisurinya.

Selama pernikahannya, Elżbieta melahirkan lima orang anak, dua orang putra —Odon dan István— dan tiga orang putri — Elżbieta (Adipati Bohemia dan Markgrafin Lausitz), Wierzchosława Ludmiła (Adipati Lorraine) dan Judyta (Comtesse Anhalt dan Adipati Sachsen).

Elżbieta meninggal pada tahun 1154 berusia dua puluh enam atau dua puluh tujuh. Sembilan belas tahun kemudian, pada tahun 1173, suaminya menjadi Adipati Tinggi dan tuan dari seluruh Polandia.

 Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Genealogical database by Herbert Stoyan[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Courtly Lives - Polish Royalty
  3. ^ Jasiński K., Rodowód pierwszych Piastów, Warsaw-Kraków 1992, pp. 235-240.