Eksobulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Eksobulan atau eksosatelit (bahasa Inggris: exomoon), atau lebih lengkap disebut satelit ekstrasurya, satelit luar surya, bulan ekstrasurya, atau bulan luar surya (bahasa Inggris: extrasolar moon), adalah satelit alami yang mengorbit sebuah eksoplanet atau objek ekstrasurya lainnya.

Hal ini disimpulkan dari studi empiris satelit alami di tata surya bahwa mereka mungkin elemen umum dari sistem planet. Mayoritas planet ekstrasurya terdeteksi adalah gas raksasa. Di Tata Surya, gas raksasa memiliki koleksi besar satelit alami (lihat Satelit Jupiter, Satelit Saturnus, Satelit Uranus dan Satelit Neptunus), oleh karena itu masuk akal untuk mengasumsikan bahwa satelit ekstrasurya sama-sama umum.

Meskipun eksobulan sulit untuk dideteksi dan dikonfirmasi menggunakan teknik saat ini, pengamatan dari misi seperti Kepler telah mengamati sejumlah calon termasuk beberapa yang mungkin habitat kehidupan di luar Bumi.

Pada bulan Desember 2013, calon satelit ekstrasurya planet mengambang bebas diumumkan, namun karena degenerasi dalam pemodelan peristiwa mikrolensa, pengamatan juga dapat dijelaskan sebagai planet Neptunus - massa yang mengorbit bintang katai merah bermassa rendah, yang skenario penulis anggap sebagai lebih mungkin.[1][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]