Eksekutif (disambiguasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eksekutif dapat mengacu pada:

  • Eksekutif (otomotif) adalah kendaraan yang memiliki kelas mewah yang cukup.
  • Kelas perjalanan eksekutif, kelas perjalanan dengan pelayanan tertinggi untuk pesawat, kereta api dan bus
  • Eksekutif adalah salah satu cabang pemerintahan yang memiliki kekuasaan dan bertanggungjawab untuk menerapkan hukum. Figur paling senior dalam sebuah cabang eksekutif disebut kepala pemerintahan. Eksekutif dapat merujuk kepada administrasi, dalam sistem presidensiil, atau sebagai pemerintah, dalam sistem parlementer.
  • Eksekutif Musik adalah orang dalam sebuah label rekaman yang bekerja di manajemen senior, membuat keputusan eksekutif atas karya musik atau seniman label itu.
  • Eksekutif Yuan adalah lembaga eksekutif pemerintahan dari Republik Tiongkok (Taiwan).
  • Operasi Khusus Eksekutif adalah sebuah organisasi Perang Dunia II dari kemiliteran Inggris yang secara resmi dibentuk oleh Perdana Menteri Winston Churchill dan Menteri Ekonomi Peperangan Hugh Dalton pada tanggal 22 Juli 1940 yang mempunyai tugas sebagai satuan pendukung peperangan dengan misi mendorong dan memfasilitasi dalam kegiatan spionase dan sabotase di dalam wilayah musuh dan memberikan pelayanan sebagai inti dari unit pendukung dari operasi militer Inggris dibandingkan dengan keterlibatan secara langsung dalam operasi-operasi militer. Satuan ini dikenal pula sebagai Tentara rahasia Churchill atau bagian peperangan brutal yang kemudian dituduhkan kepada Churchill sebagai penyebab luluh lantaknya Eropa.