Eklendro Senduk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eklendro Youns Yohanes Senduk (dr. Ekles)
LahirEklendro Youns Yohanes Senduk
27 Juni 1986 (umur 37)
Kota Manado, Indonesia
Nama laindr. Ekles
AlmamaterUniversitas Sam Ratulangi, American Academy of Aesthetic Medicine
Pekerjaandokter, penyanyi, pembawa acara televisi, wirausahawan

dr. Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Kes, atau yang juga dikenal secara profesional dengan nama dr. Ekles (lahir 27 Juni 1986) adalah seorang dokter, penyanyi, pembawa acara televisi, dan entertainer di Indonesia. Ia juga dikenal dengan julukan panggung sebagai Celebrity Doctor dan Dokter Sultan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir dengan nama lengkap Eklendro Youns Yohanes Senduk, dr. Ekles mengawali kariernya sebagai dokter di UGD RS Kauditan pada tahun 2006 hingga 2007. Pada tahun 2009 hingga 2015, dr. Ekles menjadi doctor consultant di Miracle Clinic Manado. Sejak tahun 2015 hingga saat ini, ia juga aktif sebagai doctor & aesthetic consultant di Ekle’s Clinic.[1] Kemampuan dr. Ekles juga didukung dengan pelatihan NLP (Neuro Linguistic Program atau pemrograman neurolinguistik) hingga public speaking yang pernah ia ikuti.

dr. Ekles memiliki julukan sebagai doctorpreneur, yaitu seorang dokter sekaligus pebisnis yang telah memiliki sekitar 30 cabang klinik kecantikan bernama Ekle’s Clinic.[2] Ia juga berkolaborasi bersama artis Indonesia, Ashanty dengan memiliki klinik kecantikan Ekles Ash Makassar.[3] Ia pun merupakan pemilik sekaligus pencipta AExpert,[4] sebuah merek produk skincare atau perawatan kulit dari Indonesia. dr. Ekles juga berkolaborasi dengan artis Ussy Sulistiawaty untuk produk minuman fiber DRZLIM. Tak hanya itu, dr. Ekles juga memiliki beberapa lini bisnis lainnya, yaitu kafe Eighteen Coffee bersama artis Cinta Laura hingga beberapa merek pakaian. Berbagai bisnis yang ia miliki membuatnya sering dijuluki sebagai Dokter Sultan.

Selain sebagai dokter ahli kecantikan, dr. Ekles juga dikenal sebagai penyanyi. Pada tahun 2019, dr. Ekles meluncurkan single berjudul Mengapa Harus Bertemu bersama Doadibadai Hollo atau Badai eks Kerispatih.[5] Ia juga merilis sebuah lagu duet bersama Cherly Yuliana Anggraini atau Cherly Juno berjudul Kemenanganku yang juga diciptakan oleh Badai eks Kerispatih pada tahun 2021,[6] serta beberapa lagu religi lainnya.

Saat ini, dr. Ekles juga dikenal sebagai Celebrity Doctor karena aktif sebagai host TV acara kesehatan dengan namanya sendiri, Hidup Sehat bersama dr. Ekles di TvOne. Ia juga kerap diundang sebagai pembicara mengenai kesehatan di radio, televisi lokal, hingga berbagai seminar. dr. Ekles juga memiliki pengalaman sebagai juri dalam pemilihan regional ambassador hingga berbagai kontes atau ajang pemilihan lainnya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clinic, Ekle's (1 Januari 2020). "About - Ekles Clinic". eklesclinic.com. 
  2. ^ Live, Insert (6 Desember 2021). "Kata dr Ekles Disebut Crazy Rich Doctor". insertlive.com. 
  3. ^ 6, Liputan (8 November 2021). "Ekles Ash Clinic, Klinik Kecantikan Kolaborasi dr Ekles dan Ashanty hadir di Makassar". liputan6.com. 
  4. ^ Utara, Lintas (16 Februari 2022). "dr. Ekles Dan Ashanty Luncurkan Produk Skincare AExpert di Manado". lintasutara.com. 
  5. ^ TribunNews, WartaKota (7 Juli 2020). "Dr Ekles: Dokter Kecantikan yang Jago Nyanyi". wartakota.tribunnews.com. 
  6. ^ Bintang, Tabloid (15 Februari 2021). "Duet Cherly Juno - dr. Ekles Bawakan Ulang Lagu Mike Mohede". tabloidbintang.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]