Wihara Ekayana Arama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ekayana Buddhist Centre)
Wihara Ekayana Arama
廣化一乘禅寺
Wihara Ekayana Arama, Jakarta
Agama
AfiliasiBuddhisme
Lokasi
LokasiJl. Mangga II No. 8 RT/RW:008/008, Duri Kepa, Jakarta Barat 11510.
Arsitektur
TipeWihara
Gaya arsitekturTheravada, Mahayana, dan Vajrayana
Dibangun olehBiksu Aryamaitri dan Biksu Dharmavimala
Peletakan batu pertama5 Februari 1995[1]
Situs web
http://ekayana.or.id/

Wihara Ekayana Arama adalah sebuah wihara yang terletak di Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Keistimewaan wihara ini ialah bahwa wihara ini merupakan wihara antar mazhab. Selain dipakai untuk kebaktian aliran Mahayana, wihara ini juga digunakan untuk kebaktian aliran Theravada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ekayana Buddhist Centre (EBC) merupakan salah satu pusat agama Buddha di DKI Jakarta dan resmi berdiri pada tahun 1995.[1]

Ekayana Buddhist Centre didirikan untuk membantu pemutaran roda dharma dengan semangat non-sektarian melalui penyediaan berbagai pelayanan dan program pembinaan spiritual berkelanjutan yang berlandaskan pada esensi pandangan dan praktik yang buddhistik.

Ekayana bisa dibaca sebagai ekâyana, sebuah kata bahasa Sanskerta yang artinya kurang lebih adalah "jalan yang tunggal (yaitu jalan Buddha itu sendiri/Buddhayana)". Hal ini menekankan karakter antar mazhab.

(Mahayana, Theravada, Tantrayana, karena pada dasarnya Ekayana ingin mempersatukan Umat Buddha di Indonesia. Ekayana di bawah naungan SAGIN (Sangha Agung Indonesia).

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Wihara Ekayana merangkap lembaga pendidikan Buddhis serta pelatihan meditasi ( Vipassyana dan Chan (Zen)) yang bernama Ekayana Buddhist Centre. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Agama Buddha Indonesia (Pusdiklat ABI) didirikan pada tahun 2004 dengan persetujuan Sangha Agung Indonesia dan lingkup kerjanya berskala nasional. Pusdiklat ABI memiliki dua divisi yaitu Divisi Kursus dan Divisi Retret.

Wihara Ekayana saat ini memiliki tiga tempat untuk kegiatan retret yaitu Pondok Saddhana Amitayus, Pondok Saddhana Suddhi Bhavana, dan Prasadha Mandala Dharma di Parakan, Kabupaten Temanggung. Dengan terus bertambahnya peminat retret, pada saatnya tempat-tempat retret ini juga memerlukan perluasan kapasitas.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Wihara Ekayana juga memiliki perpustakaan dan pelayanan kursus bahasa Mandarin. Perpustakaan Manjushri menyimpan koleksi buku-buku Dharma baik yang berbahasa Indonesia, Inggris, maupun Mandarin. Perpustakaan ini merupakan sumber referensi bagi para biksu, biksuni umat pria maupuan wanita punya kesempatan untuk mendalami ajaran Buddha.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Sejarah". Ekayana Buddhist Centre. Diakses tanggal 04 April 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]