Efisiensi konversi energi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Efisiensi konversi energi (η) adalah rasio antara keluaran yang berguna dari mesin konversi energi dan masukan, dalam istilah energi. Input, serta output yang berguna dapat berupa bahan kimia, tenaga listrik, pekerjaan mekanis, cahaya (radiasi), atau panas.[1] [2] [3]

Umumnya, efisiensi konversi energi adalah angka tak berdimensi antara 0 dan 1,0, atau 0% hingga 100%. Efisiensi tidak boleh melebihi 100%, misalnya, untuk mesin gerak terus-menerus. Namun, ukuran efektivitas lain yang dapat melebihi 1,0 digunakan untuk pompa panas dan perangkat lain yang memindahkan panas daripada mengubahnya.

Ketika berbicara tentang efisiensi mesin panas dan pembangkit listrik, konvensi harus dinyatakan, yaitu, HHV (alias Nilai Pemanasan Kotor, dll.) Atau LCV (alias Nilai Pemanasan Bersih), dan apakah keluaran kotor (di terminal generator) atau bersih keluaran (di pagar pembangkit listrik) sedang dipertimbangkan. Keduanya terpisah tetapi keduanya harus disebutkan. Kegagalan untuk melakukannya menyebabkan kebingungan yang tak berujung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Energy Glossary, California Energy Commission (Accessed: April 3, 2021)
  2. ^ What is efficiency?, NASA, Cryogenics and Fluids Branch (Accessed: April 3, 2021)
  3. ^ Efficiency, J.M.K.C. Donev et al. (2020). Energy Education - Efficiency (Accessed: April 3, 2021)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]